article,

Ramadan Day 28 : Tahfiz Camp 5 Bandung Islamic School

Sunday, June 02, 2019 lendyagasshi 2 Comments

Bismillah,


Momen Ramadan terbaik tahun ini adalah saat kaka berhasil mengikuti Tahfiz Camp 5 dari sekolahnya yaitu Bandung Islamic School.

Dengan mantap, kaka yakin mengikuti acara yang diselenggarakan selama 3 hari 2 malam menginap di sekolah barunya.

Sebenarnya, sekolahnya gak baru siih...
Kakak kan sudah kelas 2 SD...tapi, sekolahnya pindah gedung. Karena jumlah siswa baru yang mendaftar makin banyak.

Awal kakak masuk sekolah BISc ini, siswa barunya hanya 20 siswa untuk angkatan kaka. Lalu perlahan, ada siswa pindahan dan saat ini, angkatan Hana, untuk akhwatnya ada sekitar 35 siswa sedangkan ikhwannya 45 siswa.


Oke,
Back to our story..





Bismillah *_Tahfizh Camp 5 Bandung Islamic School_* _عن عثمان بن عفّان رضي الله عنه عنِ النبيِّ صلى الله عليه و سلّم قال : خيركم من تعلّم القرآن و علّمه_ _Dari ‘Utsman radhiyallahu’anhu,  dari Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari no.5027)_ Bandung Islamic School kembali membuka kesempatan bagi teman-teman yang ingin belajar Al Quran dan menghafalnya melalui kegiatan Tahfizh Camp ke-5, yang insyaa Allah akan dilaksanakan pada : Hari : Kamis - Sabtu ,18-20 Ramadhan 1440 H/23 -25 Mei 2019 Tempat : Wisma Balai Perguruan Putri & Kampus Bandung Islamic School, Jl. Van Deventer No. 10 , Bandung Informasi hubungi : 081324239985(Ikhwan) 081213643211(Akhwat) كن كريما مع القرآن Menjadi Mulia Dengan Alquran Jazakumullahu khayran, wa barakallahu fikum - Humas & Dakwah BISc - #bandungislamicschool #bisc #tahfizhcamp #tahfizh #ramadhan #ramadan #mubarak
A post shared by Bandung Islamic School (@bandungislamicschool) on

Acara Tahfiz Camp ini rutin diadakan sekolah kaka saat Ramadan. Seperti zaman kita sekolah dulu, Pesantren Kilat gituu...hanya bedanya, kaka menginap, sehingga terasa lebih intensif dalam berinteraksi dengan Al-Qur'an, Ustadzah, dan teman.


Untuk itinerary acara Tahfiz Camp 5 bisa dilihat di bawah ini..

Tahfiz Camp 5 Bandung




Aku sebenarnya bukan tipe orangtua yang khawatir berlebihan. Apalagi ketika anak sedang menuntut ilmu di sekolah. Aku pasrah dan aku doakan agar ananda mendapat ilmu yang bermanfaat. Walau banyak juga dari teman-teman kaka yang mengingatkanku untuk selalu mengingatkan Ustadzah bahwa anaknya mesti begini dan begitu.

Hihii..
Bagiku, sifat dan karakter Ai sudah menyita banyak perhatian Ustadzah, sehingga...aku gak perlu mengingatkan Ustadzah untuk lebih perhatian khusus ke Ai. Dan lagi, kaka Ai ini orangnya mandiri yang under control. Jadi gak terlalu berani kalau itu kaitannya dengan mencoba hal baru.


Yah,
Untuk masalah ini plus minus siih...

Tapi bagaimanapun Ai Hana bertumbuh, aku yakin...mereka bisa tumbuh seperti fitrah mereka masing-masing.
In syaa Allah...


Istimewanya Tahfiz Camp :


    Interaksi bersama Al-Qur'an lebih intensif    

Memang targetnya menghapal beberapa ayat selama 3 hari tersebut. Namun mengingat usia anak-anak, maka tidak dipaksakan harus menghapal. Namun murojaah beberapa ayat pilihan secara berulang.




    Interaksi dan bekerjasam dengan Ustadzah dan teman    

Banyaknya kegiatan yang dilakukan saat siang hari meskipun sedang shaum, seperti Archery Battle, bermain bola keseimbangan dan banyak kegiatan fun games lain.

Archery Battle

Keseimbangan Bola


    Bangun untuk sholat wajib dan sunnah berjamaah    

Kebiasaan kami sholat tarawih setelah sholat Isya yaa...sekitar jam 19.30. Namun di Tahfiz Camp ini, anak-anak dibiasakan bangun malam. Karena sholat tarawih adalah sholat malam yang dilakukan saat Ramadan, jadi bangun tidur jam 2 malam lalu melaksanakan sholat tarawih berjamaah.


Alhamdulillah,
Meskipun pada menguap mengantuk, namun in syaa Allah anak mendapat kebiasaan baik mengenai tidur di awal waktu agar bisa menghidupkan malam-malam terutama malam bulan Ramadan yang penuh berkah.


Related Post :
Ramadan Change Our Heart



Ketiga kegiatan yang tak terlupakan saat Tahfiz Camp tersebut membuat kaka makin berani dan mandiri. Sesampainya di rumah lagi, aku yang hampir gak pernah pisah sama Ai jadi rinduuu sekali. Dan banyak cerita yang disampaikan kaka bahwa betapa senangnya ia mengikuti acara Tahfiz Camp 5 BISc dan berharap kalau ada acara serupa seperti ini lagi, kaka mau ikut lagi....

MashaAllah...
Barakallahu fiik~


Jazzakumullah khoiron katsiron semua Ustadz dan Ustadzah pembimbing anak-anak saat belajar ilmu maupun adab. Karena bagiku, terasa sekali bedanya ketika anak-anak di tanamkan nilai-nilai sunnah sejak dini.

Mereka mungkin akan terasing, tidak seperti anak-anak lain.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


يَأْتِى عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ الصَّابِرُ فِيهِمْ عَلَى دِينِهِ كَالْقَابِضِ عَلَى الْجَمْرِ

Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.” 
(HR. Tirmidzi no. 2260
Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan)



Namun,
selama itu yang disukai Allah, tak mengapa...
Karena hanya Allah-lah sebaik-baik penolong.


Related post :
Nikmatnya Menggunakan Niqab


Alamat SD Bandung Islamic School :

Jalan Van Deventer no. 10, Bandung



Bagaimana niih..kegiatan sahabat lendyagasshi yang tak terlupakan saat Ramadan 1440 H?
Semoga kegiatan apapun yang dilakukan, bernilai ibadah dan diterima Allah subhanahu wata'ala.
Aamiin.


Happy Fasting Day, 친구...



Salam hangat,




You Might Also Like

2 comments:

  1. seru banget acaranya lend..anak2 pasti betah ya. Anakku pas acara rihlah yang bikin aku agak khawatir.. hahha karena belum pernah pergi jauh tanpa emak e.. pake nginep 2 malam pula.. Alhmdulillah tapi semua baik2 aja. .anak jg happy

    ReplyDelete
  2. Masya Allah, kerennya kaka, in syaa Allah nanti setiap acara seperti ini pasti pengen ikut itu 😍
    Ppnakanku ikut jugakah Mbak Len?

    ReplyDelete