Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ramadan Day 28 : Tahfiz Camp 5 Bandung Islamic School

Bismillah,


Momen Ramadan terbaik tahun ini adalah saat kaka berhasil mengikuti Tahfiz Camp 5 dari sekolahnya yaitu Bandung Islamic School.

Dengan mantap, kaka yakin mengikuti acara yang diselenggarakan selama 3 hari 2 malam menginap di sekolah barunya.

Sebenarnya, sekolahnya gak baru siih...
Kakak kan sudah kelas 2 SD...tapi, sekolahnya pindah gedung. Karena jumlah siswa baru yang mendaftar makin banyak.

Awal kakak masuk sekolah BISc ini, siswa barunya hanya 20 siswa untuk angkatan kaka. Lalu perlahan, ada siswa pindahan dan saat ini, angkatan Hana, untuk akhwatnya ada sekitar 35 siswa sedangkan ikhwannya 45 siswa.


Oke,
Back to our story..





Bismillah *_Tahfizh Camp 5 Bandung Islamic School_* _عن عثمان بن عفّان رضي الله عنه عنِ النبيِّ صلى الله عليه و سلّم قال : خيركم من تعلّم القرآن و علّمه_ _Dari ‘Utsman radhiyallahu’anhu,  dari Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari no.5027)_ Bandung Islamic School kembali membuka kesempatan bagi teman-teman yang ingin belajar Al Quran dan menghafalnya melalui kegiatan Tahfizh Camp ke-5, yang insyaa Allah akan dilaksanakan pada : Hari : Kamis - Sabtu ,18-20 Ramadhan 1440 H/23 -25 Mei 2019 Tempat : Wisma Balai Perguruan Putri & Kampus Bandung Islamic School, Jl. Van Deventer No. 10 , Bandung Informasi hubungi : 081324239985(Ikhwan) 081213643211(Akhwat) كن كريما مع القرآن Menjadi Mulia Dengan Alquran Jazakumullahu khayran, wa barakallahu fikum - Humas & Dakwah BISc - #bandungislamicschool #bisc #tahfizhcamp #tahfizh #ramadhan #ramadan #mubarak
A post shared by Bandung Islamic School (@bandungislamicschool) on

Acara Tahfiz Camp ini rutin diadakan sekolah kaka saat Ramadan. Seperti zaman kita sekolah dulu, Pesantren Kilat gituu...hanya bedanya, kaka menginap, sehingga terasa lebih intensif dalam berinteraksi dengan Al-Qur'an, Ustadzah, dan teman.


Untuk itinerary acara Tahfiz Camp 5 bisa dilihat di bawah ini..

Tahfiz Camp 5 Bandung




Aku sebenarnya bukan tipe orangtua yang khawatir berlebihan. Apalagi ketika anak sedang menuntut ilmu di sekolah. Aku pasrah dan aku doakan agar ananda mendapat ilmu yang bermanfaat. Walau banyak juga dari teman-teman kaka yang mengingatkanku untuk selalu mengingatkan Ustadzah bahwa anaknya mesti begini dan begitu.

Hihii..
Bagiku, sifat dan karakter Ai sudah menyita banyak perhatian Ustadzah, sehingga...aku gak perlu mengingatkan Ustadzah untuk lebih perhatian khusus ke Ai. Dan lagi, kaka Ai ini orangnya mandiri yang under control. Jadi gak terlalu berani kalau itu kaitannya dengan mencoba hal baru.


Yah,
Untuk masalah ini plus minus siih...

Tapi bagaimanapun Ai Hana bertumbuh, aku yakin...mereka bisa tumbuh seperti fitrah mereka masing-masing.
In syaa Allah...


Istimewanya Tahfiz Camp :


    Interaksi bersama Al-Qur'an lebih intensif    

Memang targetnya menghapal beberapa ayat selama 3 hari tersebut. Namun mengingat usia anak-anak, maka tidak dipaksakan harus menghapal. Namun murojaah beberapa ayat pilihan secara berulang.




    Interaksi dan bekerjasam dengan Ustadzah dan teman    

Banyaknya kegiatan yang dilakukan saat siang hari meskipun sedang shaum, seperti Archery Battle, bermain bola keseimbangan dan banyak kegiatan fun games lain.

Archery Battle

Keseimbangan Bola


    Bangun untuk sholat wajib dan sunnah berjamaah    

Kebiasaan kami sholat tarawih setelah sholat Isya yaa...sekitar jam 19.30. Namun di Tahfiz Camp ini, anak-anak dibiasakan bangun malam. Karena sholat tarawih adalah sholat malam yang dilakukan saat Ramadan, jadi bangun tidur jam 2 malam lalu melaksanakan sholat tarawih berjamaah.


Alhamdulillah,
Meskipun pada menguap mengantuk, namun in syaa Allah anak mendapat kebiasaan baik mengenai tidur di awal waktu agar bisa menghidupkan malam-malam terutama malam bulan Ramadan yang penuh berkah.


Related Post :
Ramadan Change Our Heart



Ketiga kegiatan yang tak terlupakan saat Tahfiz Camp tersebut membuat kaka makin berani dan mandiri. Sesampainya di rumah lagi, aku yang hampir gak pernah pisah sama Ai jadi rinduuu sekali. Dan banyak cerita yang disampaikan kaka bahwa betapa senangnya ia mengikuti acara Tahfiz Camp 5 BISc dan berharap kalau ada acara serupa seperti ini lagi, kaka mau ikut lagi....

MashaAllah...
Barakallahu fiik~


Jazzakumullah khoiron katsiron semua Ustadz dan Ustadzah pembimbing anak-anak saat belajar ilmu maupun adab. Karena bagiku, terasa sekali bedanya ketika anak-anak di tanamkan nilai-nilai sunnah sejak dini.

Mereka mungkin akan terasing, tidak seperti anak-anak lain.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


يَأْتِى عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ الصَّابِرُ فِيهِمْ عَلَى دِينِهِ كَالْقَابِضِ عَلَى الْجَمْرِ

Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.” 
(HR. Tirmidzi no. 2260
Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan)



Namun,
selama itu yang disukai Allah, tak mengapa...
Karena hanya Allah-lah sebaik-baik penolong.


Related post :
Nikmatnya Menggunakan Niqab


Alamat SD Bandung Islamic School :

Jalan Van Deventer no. 10, Bandung



Bagaimana niih..kegiatan sahabat lendyagasshi yang tak terlupakan saat Ramadan 1440 H?
Semoga kegiatan apapun yang dilakukan, bernilai ibadah dan diterima Allah subhanahu wata'ala.
Aamiin.


Happy Fasting Day, 친구...



Salam hangat,




28 comments for "Ramadan Day 28 : Tahfiz Camp 5 Bandung Islamic School "

  1. seru banget acaranya lend..anak2 pasti betah ya. Anakku pas acara rihlah yang bikin aku agak khawatir.. hahha karena belum pernah pergi jauh tanpa emak e.. pake nginep 2 malam pula.. Alhmdulillah tapi semua baik2 aja. .anak jg happy

    ReplyDelete
  2. Masya Allah, kerennya kaka, in syaa Allah nanti setiap acara seperti ini pasti pengen ikut itu 😍
    Ppnakanku ikut jugakah Mbak Len?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya Icha ikut, kak Niar.
      Ummu Icha ini mashaAllah rajinnya luar biasa kalau untuk kepentingan pendidikan ruhiyah anak-anak.
      ((kaguum))

      Delete
  3. MashaAllah kaka, semoga istikomah ya. Hiks, tahun ini anak2 ga ikut sanlat karen pada sakit pas akhir ramadan

    ReplyDelete
  4. Wah, acara yang sangat berfaedah buat anak2, belajar mengaji. Ramadan penuh berkah :)

    ReplyDelete
  5. Masyaallahhh. Semoga mendapat ilmu yg berkah kakak Ai
    Wah, jadi sholat tarawihnya tengah malam ya mbak, *_*
    Beneran jadi kenangan yg berkesan saat ramadhan pastinya ya mbak,

    ReplyDelete
  6. Merinding bak bacanya. Kegiatan tahfiz camp nya keren banget. Untuk anak2 kegiatan seperti ini memang sangat berguna bagi mereka. Dan pasti akan sangat berkesan hingga mereka besar nanti.

    ReplyDelete
  7. Masyaallah hebat banget si kakak udah berani ikut tahfiz camp. Insyaallah berkah

    ReplyDelete
  8. Masya Allah
    Nanti kalau anakku dah besar mau juga dimasukkin ke camp keren kayak gini. Kumpul dengan orang-orang baik dan belajar yang baik-baik

    ReplyDelete
  9. Acaranya keliatan seru, Pantas aja kaka pengen ikutan lagi ya..
    Untuk ikut acara Tahfiz Camp harus dari sekolahnya ya? Atau siswa dari luar sekolah boleh ikutan?

    ReplyDelete
  10. Bermanfaat banget, mungkin juga perlu disebarluaskan lagi untuk kegiatan seperti ini, biar makin banyak orang tua atau anak-anak yang tau, saya yakin masih banyak orang yang ingin ikut tahfiz camp.

    ReplyDelete
  11. Uwiiii kakak Ai Hana kereeeeen
    Aku pun kalau sejak kecil bisa dan mengerti memilih, maka akan memilih program yg mengedepankan ilmu agama sebagai pondasinya

    ReplyDelete
  12. ramadhan sungguh memberikan banyak berkah. Mendekatkan diri kepada Allah untuk lebih banyak berdoa dan belajar agama. Anak anak lebih bisa menguatkan pondasi imannya juga, Mantaaap banget kak

    ReplyDelete
  13. Keren Kaka ikut ramadan tahfidz camp. Mana kegiatannya ga hanya tadabur Al-Qur'an, tapi juga kegiatan fisik berupa kerjasama tim. Tahun depan inshaa Allah lebih semnagat lagi ya kak.

    ReplyDelete
  14. Masyaallah selamat ya kak Ai. Beruntung sekali didukung penuh sama orangtua. Program sekolah ini bagus banget, sekalian latihan kalau anak sekolah pesantren nih

    ReplyDelete
  15. Alhamdulilah seru banget ya teh, apalagi kegiatan tarwihnya pas malam jam 2 jadi bisa membiasakan setelah bulan Ramadan untuk rutin solat malam masyaAlloh kegiatan positif banget ini

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah kakak semangat dan memetik banyak pelajaran penting dari kegiatan bagus ini ya ..

    ReplyDelete
  17. Serunya ada Tahfiz Camp segala. Itu ponakanku ada yang ikut hafalan juz 30 saja aku udah seneng. Tapi gak pakai camp segala dan itu dilaksanain sebelum Ramadan

    ReplyDelete
  18. Acaranya super berfaedah sekali Len, Insya Allah kakak bisa makin soleh yaaaah. Puasa kemaren mah anak2 cuma ikutan pesantren kilat biasa aja tuh Leeen.

    ReplyDelete
  19. Acaranya "bergizi" banget, Mba. Selain itu juga seru yaa, anak-anak jadi betah belajar agamanya 👍

    ReplyDelete
  20. Kalau saya pribadi adalah bahagia karena si Salfa sudah belajar puasa meski ada drama
    Yaa namanya anak kecil kan memang perlu adaptasi
    Sekarang malah kangen mau sahur

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah berkah insyaAllah. Senangnya jika bisa menanamkan ilmu agama kepada anak sejak dini ya mba. Aamiin

    ReplyDelete
  22. Wah asyik banget, peer banget buatku punya anak yg hafidz adik2 ku anak2bya sdh ada yg hafidz 30 juz padahal masih SMA. Duh tp msh bersyukur anak2 ku semangat mempelajari menghafal Al Qur'an nya... Pengen dpt mahkota jg di akhirat nanti. Huhu.. Aamiin Allohumma Aamiin..

    ReplyDelete
  23. Maa syaa Allaah keren sekali si Kaka bisa ikut camp tahfiz ini, tentunya bisa jadi pengalaman yang sangat berkesan dan berharga di bulan Ramadan 1440 H kemarin. Jadi inget waktu kecil saya juga sekali ikut kegiatan seperti pesantren kilat ini,

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah ya ada program tahfiz camp untuk anak anak-anak usia kelas 3 gini. Jadi, kegiatan di bulan Ramadhan menjadi lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  25. Sulungku justru menghabiskan Ramadhan di rumah hehehe... lha sudah bertahun-tahun tinggal di pondok dan pulangnya hanya dua kali setahun. Kebalikan ya kitaaa... Insya Allah anak2 kita mendapat berkah selalu dalam menuntut ilmu agama yaaa..

    ReplyDelete
  26. masyaAllah semoga jadi anak yang sholehah dan bertaqwa ya kakak, bangga banget punya anak yang semangat belajar agama

    ReplyDelete
  27. Kegiatan tahfiz camp-nya keren-keren dan akan jadi pengalaman yang bagus untuk Kak Ai dan teman-temannya. Pantas saja Kak Ai mau ikutan lagi ya

    ReplyDelete