Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Drama Anak Muda Mengejar Mimpi Sepanjang Tahun 2020

Bismillah,

5 Drama Korea Bertemakan Meraih Mimpi - Hola sahabat lendyagasshi yang masih muda...
Eciee...menolak tua niih yee...hihiii~

Engga kok...hanya saat menonton kelima drama ini, akutu berasa inget zaman dulu...gitu. Di saat dunia ini hanya berisi tentang perjuangan, persahabatan dan cinta. Aduuduu~ ngomong apa mamak Aisy ini...

Yah...
karena aku mau ajakin sahabat lendyagasshi nonton drama Korea yang tema besarnya adalah menggapai impian di saat remaja. Meski banyak drama Korea yang menceritakan tentang kehidupan masa remaja yang sempat heiitts di tahun-tahun sebelumnya, seperti Heartstring, Dream High, Reply The Series, Who Are You School?, My Sassy Go Go, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, dan masih banyak lagi...tentunya.

Rekomendasi Drama Korea 2020
Tahun 2020 ada doonk...drama tipe serupa. Dan berikut 5  rekomendasi drama Korea mengenai masa muda yang penuh semangat dalam menggapai impian. Check this out...

Daftar Isi


Itaewon Class

Rekomendasi Drama Korea 2020
Awal tahun 2020 dibuka dengan manis oleh drama Itaewon Class yang dibintangi oleh Park Seo-joon (sebagai Park Sae-Ro-Yi) dan Kim Da-mi (sebagai Jo Yi-Seo). Kisah drama ini luar biasa mencuri perhatian lantaran kisah perjuangan Park Sae-Ro-Yi yang penuh onak di masa muda.

Gimana tidak?

Di masa mudanya, Park Sae-Ro-Yi harus menanggung semua beban hidup. Prinsip hidupnya bolak-balik diuji dengan hadirnya masalah yang silih berganti. Dari mulai ia harus dikeluarkan dari sekolah karena membela temannya yang di bully, Ayahnya dipecat dari perusahaan karena memukul anaknya si bos tempatnya bekerja (anaknya bos ini yang membully teman sekelas Park Sae-Ro-Yi, namun gak ada yang berani membela karena anaknya "Orang ternama"). Kemudian, seolah takdir menggariskan Park Sae-Ro-Yi gak boleh bahagia. Di saat Ayahnya baru memulai bisnis, sang Ayah justru meninggal karena kecelakaan ditabrak mobil.

Dan siapa yang menabrak?
Ya, si anak songong yang bermasalah sama Park Sae-Ro-Yi dari hari pertama sekolahnya.

Episode awal hingga pertengahan, penonton diajak melihat kehidupan Park Sae-Ro-Yi yang penuh perjuangan. Bagaimana di masa muda ia sanggup menghadapi masalah yang bertubi-tubi, hingga akhirnya Park Sae-Ro-Yi malah dipenjara atas tuduhan percobaan pembunuhan si anak bos yang menabrak Ayah Park Sae-Ro-Yi hingga meninggal.

Sedih....banget.
Ngenes liat akting Park Seo-joon di drama ini. Tapi aku sukaaa...daripada drama sebelumnya, wkkwkw~

Drama Itaewon Class mengajarkan kita untuk terus memegang erat prinsip hidup benar yang diajarkan kedua orangtua kita, mematuhi semua norma dalam kehidupan dan balas dendamlah dengan cara menjadi orang yang sukses.

Ketika balas dendam, sah-sah saja kita memikirkan apa yang sudah dilakukan oleh pihak lawan, agar memacu bekerja lebih keras dan lebih keras lagi. Karena yakin, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Perjuangan Park Sae-Ro-Yi membuahkan hasil yang manis. Ia berhasil mendirikan restoran di daerah ramai Korea Selatan, Itaewon dan restoran tersebut diberi nama DanBam.

Bahkan di drama Itaewon Class ini ada pelajaran bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. DanBam berhasil melampaui kesuksesan Jagga, perusahaan tempat Ayah Park Sae-Ro-Yi dulu bekerja.

Kereen yaaah....


Do You Like Brahm?

Rekomendasi Drama Korea 2020
Drama menggapai impian di masa muda berikutnya adalah Do You Like Brahm?

Dibuka dengan judul sebuah pertanyaan begini, gak ada lain, penonton dibuat penasaran untuk mengikuti kisahnya. Saat ini drama  Do You Like Brahm masih memasuki puncak episode, yakni episode 20 dari total jumlah 32 episode.

Drama Do You Like Brahm mengisahkan masa muda dan banyak mimpi juga digambarkan dalam karakter pemainnya yang diperankan oleh Kim Min-Jae (sebagai Park Joon-Young) dan Park Eun-Bin (sebagai Chae Song-A). 

Cerita dibuka dengan kegagalan dari Chae Song-A, ia adalah mahasiswa dari jurusan seni musik biola. Sebelumnya Chae Song-A ini sudah pernah lulus dari universitas yang sama namun dari jurusan bisnis. Pertentangan dari keluarganya terus terjadi, karena menurut Ayah, Ibu dan kakaknya, sekolah lagi untuk jurusan biola yang hanya sekedar hobi, tidaklah penting. Harapan orangtua dimana-mana sama yaa...ketika anak lulus kuliah, harapannya sudah bisa mandiri secara finansial.

Karena keukeuh sama keputusannya ini, Chae Song-A terus berlatih dan di dukung oleh kedua sahabatnya. Sedangkan kehidupan Park Joon-Young yang merupakan seorang pianist ternama namun karena masalah keluarga, ia terpaksa balik ke Korea (tadinya di Amerika, gaess) dan mulai menata kembali hati karirnya. Aku gak boong saat bilang Park Joon-Young mau menata hati, karena kenyataannya ada kisah cinta segitiga yang mewarnai di persahabatan Joon-Young, sebelum ketemu sama Chae Song-A.

Yang aku kecewa dari drama ini adalah terlalu berfokus pada kisah cinta pemeran utamanya. Aku pikir kalau penulis drama Do You Like Brahm lebih bijak, menuliskan lebih banyak perjuangan, maka sepanjang drama musikal ini tentu akan diwarnai oleh alunan musik klasik ala gedung opera. Namun nyatanya, OST Do You Like Brahm diisi oleh penyanyi-penyanyi bergenre ballad.

Tapi,
Ini drama tetap aku rekomendasikan bagi penyuka drama Korea yang mencari genre remaja yang penuh semangat saat menggapai impian.



Record of Youth

Rekomendasi Drama Korea 2020
Drama favorit akuuuu... Record of Youth.

Entah sudah berapa kali aku nulis di blog ini, dari mulai kesan di empat episode pertama hingga OST Record of Youth yang sungguh mewarnai hari-hariku. Perfect!

Drama yang diperankan oleh Park Bo-gum (sebagai Sa Hye-jun) dan Park So-dam (sebagai An Jeong-ha) ini cukup mencuri hati di episode awal. Bagaimana perjuangan seorang remaja yang tidak bisa kuliah karena tidak memiliki biaya. Keluarga Hye-jun tidak bisa dibilang kekurangan, tapi karena biaya kuliah memang tinggi dan Kakak Hye-jun dinilai lebih cerdas, maka kedua orangtuanya hanya menyekolahkan kakaknya Hye-jun. Sedangkan Hye-jun sendiri meniti karir di dunia modelling.

Gimana jatuh bangunnya Hye-jun selama 7 tahun di dunia modelling dan ternyata saat akan merambah ke dunia akting, ia bolak-balik dijegal. Entah sama agency lamanya atau sama orang-orang yang gak suka sama kerendahan hati dan kegigihan Hye-jun. Yaa, aku gak bisa nyalahin siih...kadang orang bisa juga loo...membenci seseorang tanpa alasan. Iya kaan...??

Sedangkan An Jeong-ha adalah seorang gadis mandiri yang bekerja dan berhemat demi bisa memiliki kenyamanan di kemudian hari, sesuai dengan namanya, An Jeong-ha. Di usianya yang bahkan belum 30 tahun (di drama ini usia An Jeong-ha dan Hye-jun digambarkan sepantaran, 26 tahun) sudah memiliki apartemen sendiri. Jeong-ha rajin menabung dan rela gak jajan kopi atau beli makan di luar demi membayar cicilan apartemennya ini.

Keren yaa...

Ujian dan tempaan dihadapi keduanya. Dan karena Hye-jun merasa nyaman dengan Jeong-ha akhirnya mereka saling menguatkan untuk menggapai impian masing-masing. Yang aku suka banget dari drama Record of Youth ini tuh...dialognya cerdas. Meski terlihat cheesy (yaa...namanya juga lagi lovey-dovey) tapi ada beberapa bagian yang justru menggambarkan manisnya percintaan remaja. Mereka masih sering jalan bareng, duduk berdua sambil mendengarkan lagu bersama (yang aku baru tau, era earphone menggunakan kabel sudah gak ada lagi, hihii..), makan bareng (agaknya prinsip Jeong-ha berubah ketika sudah pacaran sama Hye-jun) dan saling berdiskusi dengan tidak saling memengaruhi. Baik Hye-jun maupun Jeong-ha saling mendukung impian masing-masing dengan cara yang baik.

Beneran...
Park Bo-gum di sini tuh...pacar idaman banget, wkwkwk~

Karena saat ini masih airing sampai episode ke 9, maka perjalanan manis mereka masih dibumbui perasaan cemburu, cinta segitiga dan persaingan dengan sahabatnya sendiri. Seruu... Penasaran doonk...sahabat lendyagasshi?

Cuuss main ke Netflix!



Do Do Sol Sol La La Sol

Rekomendasi Drama Korea 2020
Rencananya, drama Do do sol sol la la sol ini akan airing besok, tanggal 7 Oktober 2020 di channel KBS2. Drama sepanjang  16 episode ini akan mengisi slot drama Rabu Kamis jam 21.30 KST.

Siap-siap yaa...sahabat lendyagasshi akan terpesona oleh Lee Jae-wook dan Go Ara.
Ya...pemeran utamanya adalah Go Ara (sebagai Goo Ra-ra) dan Lee Jae-wook (sebagai Sun Woo-joon).

Go Ra-ra adalah seorang pianis dengan kepribadian yang ceria. Ia memiliki impian menekuni dunianya, namun karena suatu hal, ia malah bangkrut dan hidupnya menjadi kacau. Bertemu dengan Sun Woo-joon di sebuah akademi piano La La Land dan pria ini tidak suka mencampuri urusan orang lain, namun berhati lembut. 

Lalu akankah mereka berdua mampu saling mendukung dalam menggapai impian masing-masing?
Kita lihat yaa...sepertinya drama komedi romantis ini asik untuk dipantengin setiap Rabu dan Kamis (lagi-lagi) di Netflix.



Start-Up

Rekomendasi Drama Korea 2020
Drama Start-Up ini rencananya akan tayang di TvN pada tanggal 17 Oktober 2020 ini di slot drama hari Sabtu Minggu, jam 21.00 KST.

Gak asing doonk dengan pemerannya?
Suzy (sebagai Seo Dal-mi) dan Nam Joo-hyuk (sebagai Nam Do-san). Mereka berdua akan berkolaborasi apik di drama berjudul Start-Up.

Start-up adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa perusahaan ini baru dirintis dan biasanya bergerak di bidang teknologi informasi. Poster drama ini sangat menggambarkan dunia anak muda yang memiliki banyak impian di era digital yaa....

Seo Dal-mi adalah seorang wanita yang penuh rencana besar. Walau ia tidak mempunyai modal, karena berasal dari keluarga biasa-biasa aja, tapi mimpinya untuk membangun perusahaan seperti Steve Jobs sangat besar. Ia bekerja paruh waktu dimana pun dan mencari pengalaman serta menabung uang untuk modal. Lalu bertemu dengan temen semasa sekolahnya, Nam Do-san, pendiri Samsan Tech, yang juga seorang yang sangat jenius di bidang Matematika.

Dari sinilah Seo Dal-mi dan Nam Do-san bekerjasama, saling merajut impian mereka sedikit demi sedikit untuk membangun sebuah Start-up impian mereka. Selain kedua karakter ini, tentu ada pemain lainnya yang turut mewarnai perjuangan mereka, Kang Hana dan Kim Seon-ho.

Apakah mereka berhasil membangun perusahaan besar seperti Steve Jobs, impian Seo Dal-mi?
Gak sabar yaa...ingin segera menantikan drama yang akan tayang di Netflix (lagi) ini...



Dari semua drama di atas, pastikan sahabat lendyagasshi menontonnya yaa..
Karena gak hanya dapat energi masa muda yang penuh semangat, tapi juga banyak pelajaran dari perspektif orangtua ketika mendidik anak. Bagaimana seharusnya orangtua mendekatkan diri dengan anak yang sedang merintis impian, bagaimana menguatkan mereka dengan doa dan harapan, tidak meremehkan apalagi memaksa untuk menurut apa yang kata orangtua baik untuk masa depan mereka.

Jya,
sampai jumpa di tulisan review drama Korea lendyagasshi lainnya yaa...
Feel free to write your comment yaa...chingu.


좋은 시간 보내~
Have a good time!

With love,



66 comments for "5 Drama Anak Muda Mengejar Mimpi Sepanjang Tahun 2020"

  1. Klo liat aktor-aktris Korea yang kepikiran skin carenya ^_^

    ReplyDelete
  2. wah ternyata masih banyak yang belum aku tonton nih
    cuma Itaewon Class aja
    makasih referensinya mbak
    habis ini ngelembur deh hehehe

    ReplyDelete
  3. Itaewon class daebaaakkkk
    Kalo Fight for My Way juga OK ya sist?
    Perjuangan bgt dah Park Seo Joon digebukin di drakor ntuh.

    ReplyDelete
  4. Duh belum ada yang aku tonton haha. Lupa kapan terakhir nonton drakor. Kayaknya yang ngehits Itaewon Class ya. Terima kasih rekomnya mbak. Kali aja kapan-kapan aku mau nonton :D

    ReplyDelete
  5. Kayanya ini pas banget buat tontonan para abege dan emak2 di sepanjang tahun pandemi ini. Memenuhi selera kaum rebahan biar gak boring di rumah dengan menyisipkan banyak pesan moral

    ReplyDelete
  6. Mau nonton semuanyaaaa, terutama Itaewon Class itu. Penasaran kisah2 semangat anak muda.

    ReplyDelete
  7. Hiyaaa... Itaewon Class belum ditonton, padahal ada babang tamvan Seo Joon yaa.... bhaique-lah Cinggu, gomawo yo udah ngasih rekomendasi.

    ReplyDelete
  8. Baca ini kaya "anzaaaaaaaay", langsung membara jiwaku buat nonton startup juga eh, anak muda emg vibesnya perjuangan atau membara gini. Aku blm nonton Itaewon Class dan Record of Youth tp emg udah wishlisht lama, pengin segera kelar skripsi buat nnonton semua wishlist iniiiih

    ReplyDelete
  9. no 1 tetep park Seo Joon ya teh hahahaa aku lagi mulai nonton record of youth nih

    ReplyDelete
  10. Aku baru nonton Itaewon Class aja. Yang lain, kayanya sih mau coba Dodosolsollalasol. Malam ini tayangngnya. Tapi ya rencana aja karena aku udah terlanjur nonton drama China

    ReplyDelete
  11. anak muda yang gak patah semangat walaupun udah gagal berulang kali ya, perlu dicontoh ini semangatnya. Wih ada Park Sae Royi, kalem tapi punya mimpi besar.
    Selamat buat Sa Hye-jun menang penghargaan eh itu mah di dramanya ya :-D lupa perasaan penghargaan beneran

    ReplyDelete
  12. Setuju banget, berasa banget semangat anak muda di itaewon class sama record of youth, ga sabar mau nonton drama korea yang lainnya jugaaa.. Hihi. Maaci rekomendasinya yaaaaa.. Gomawoooo

    ReplyDelete
  13. Mbak Lendy suka banget nonton drama ya, terutama drama Korea. Sehari berapa jam, mbak?
    Btw, Saya sulit membuat list seperti ini. Hihihi. Kayaknya kalau nonton masih terpisah-pisah. Palingan ingat pemainnya pernah main di mana

    ReplyDelete
  14. aku suka banget sama itaewon class, jadi pengen ngulang nonton lagi deh hihihi, udah lama nggak nonton drakooor hihihi

    ReplyDelete
  15. Pokoknya kalo soal perdrakoran, Teh Lendy deh jagonya, hehe...

    Saya jadi penasaran sama yang Start Up itu. Pengen nonton aah.

    ReplyDelete
  16. Aku lagi ngikutin Record of Youth nih Mbak. Semalam baru selesai nonton episode teranyar, 10..Duk makin kepincut lihat Prak Bo Gum. Sudah cakepnya kebangetan, actingnya jago pula :)

    ReplyDelete
  17. teh Lendi aku jadi penasaran sama Itaewon Class, ya ampun penasaran sama actingnya Park Sae-Ro-Yi, di gambar dia pakai Koyo Cabe aja tetep cakep yak wkwk.

    ReplyDelete
  18. Perlu banget nih nonton drakor masa muda yang penuh semangat dalam menggapai impian!

    Seriously, aku suka yang Brahms dan Start Up karena related banget dengan anak jaman now yang penuh inovasi ya Len

    ReplyDelete
  19. banyaaak ya mba yang bisa dinikmati dengan inspirasi anak muda seperti ini..aku belum pernah nonton tapi menikmati reviewmu mbaaa

    ReplyDelete
  20. Aku bukan drakor lovers jadi nggak begitu paham hahaha. So far reviewnya bagus, kok :)

    ReplyDelete
  21. Oh my wow! Mbak Lendy ini ga kehabisa kata2 untuk bercrita tentang drama Korea. Sekarang ada lagi hihihihihi. Kayaknya Start Up tuh drakor yang kocak ya. Dari gambarnya aja lucu gitu whwhwhwhw.

    ReplyDelete
  22. Aku agak bersyukur bbrp drakornya blm tayang dan masih airing. Jd belum perlu aku masukin ke waiting list drakorku , yg skr ini udh jumlah k 38 wkwkwkwkk.

    Ntr ulas lagi kalo udh tayang utk yg 2 judul itu ya mba :D. Aku suka kalo temanya perjuangan anak muda gini. Itaewon class kereeeeennnn. Tp butuh lama utk akhirnya nonton drakor itu. Sempet nonton 1 eps, dan stop Krn ga sreg Ama muka si pemeran utama dan cewe itu hahahahahaha. Tp kok ya Krn di bilang bgs banget, akhirnya aku lanjutin stlh bbrp bulan stop. Eh, malah nyandu, dan lama2 itu ceweknya jd cakep juga diliat :D. Unik sih ya mukanya.

    ReplyDelete
  23. nah bener nih nonton drama bergenre remaja biar kita memposisikan diri saat jadi orang tua bagaimana bersikap jika anak kita mengalaminya. Apalagi jika pesan moralnya perjuangan meraih impian , pas buat pembelajaran

    ReplyDelete
  24. Dramanya masih ongoing sma ada yg baru mau tayang ya mba, kayknya bgus2 smua , ak baru nont record of youth jg.

    ReplyDelete
  25. Kalau drama yang ceirtanya banyak anak muda suka berasa segar. Jadi ikutan berasa muda sayanya :D

    ReplyDelete
  26. Seperti biasa, ku belum pernah nonton satu pun dari judul drama Korea di atas. Tapi kapankapan pas lowong, mau ah nonton Itaewon Class.

    ReplyDelete
  27. udahlama banget nggak ngedrakor hihi karena emag blm paham dan baru nntn 2 kdrama, tp penasaran sama itaewonclass kayanya seri banget yahhhh..

    ReplyDelete
  28. Kalo aku malah pengen nonton drama lee dong wook yg gumiho sama yoo in na spy. Hehehe...

    ReplyDelete
  29. kalau lihat drama anak muda gini suka inget jaman aku dulu, kaya terpanggil gitu loh teh, kadang aku suka ikut nangis, bukan cuma karena dramanya aja tapi inget perjuangan dulu, pedihhh gitu rasanya hahaha

    ReplyDelete
  30. Baru nonton Itaewon Class dari sekian drakor ini, Penasaran mau nonton Record of Youth juga mau lihat ketampanan Bo Gum heheh :D

    ReplyDelete
  31. Tim itaewon Class ngacung! Aku sendiri meski udah emak-emak tetep seneng drama yang ceritanya tentang anak muda juga. Nggak tau ya, berasa kembali merasa berjiwa muda gitu kayanya setelah nonton hehehe.

    ReplyDelete
  32. Dramanya menarik banget buat ditonton nih. Sekarang masih ngikutin lie after lie, teh Lendynudah review belum yaa?

    ReplyDelete
  33. Tahun ini jarang ngedrakor. Tapi kalau bisa, rasanya pengen nonton dramanya Park Bo Gum deh. Dramanya dia yang terakhir kutonton nggak sampai habis. Sepertinya yang ini lebih ringan dan menghibur

    ReplyDelete
  34. sudah lama tidak drakor huhuhu.. sejak punya bayi, kalau ada kesempatan dipake buat tidur mbak..tp thanks for the list, semoga bisa segera menyusul nonton ini nantiii hehehehe

    ReplyDelete
  35. Yang familiar baru itaewon class aja, kayaknya paling ngetop diantara yang lain yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw penasaran juga sama record of youth deh, tapi entah kapan nontonnya juga haha takut kebablasan ini

      Delete
  36. Yes, aku lagi ngikutin Brahms dan RoY
    Sambil menunggu Start Up.
    Emang slalu kece ya teh cerita dalam drakor

    ReplyDelete
  37. Dari semua rekomendasi drama korea yang disebutkan,saya masih penasaran dengan Itaewon Class. Anak saya berulang kali minta saya nonton drama itu, hanya belum sempet ajaa hihihi

    ReplyDelete
  38. Lengkap banget aku blom pernah nonton semua tp bole jg nih pesan moralnya pasti bagus. Klo nonton korea gni dr mana biasanya ya?

    ReplyDelete
  39. Emessh semua ini dramanya Eoni, ongoing semua yang lagi aku tonton nih
    seru nonton mereka, jiwa muda berontak waakakak

    ReplyDelete
  40. 3/5 drama hampir semua udah aku nntn semua. Yg on going yg lagi aku nntn ROY. ceritanya bagus banget

    ReplyDelete
  41. Aku paling kepo sama start up, pengen cobain nonton juga aaah, yg main nya suzzy yaaa

    ReplyDelete
  42. Fresh banget rasanya ya kalau melihat yang muda penuh semangat gitu. Tapi aku agak gimana gitu yang ada jegal menjegal usaha tadi. Jahatnya yaaa mematikan semangat anak muda yang berusaha menggapai impian.

    ReplyDelete
  43. wah harus dicatet dan diinget-inget nih rekomendasi drama korea 2020 dari kamu teh.. semoga aku bisa kelar nontonin semuanya hehehhe

    ReplyDelete
  44. Gara-gara sering main ke sini, aku jadi nonton Itaewon Class. Belum sampai tamat sih, dan memang menarik kisahnya.

    Dan bener juga, nggak cuma menikmati kisahnya, tapi jadi pelajaran juga bagiku yang beranjak tua dan punya anak menjelang remaja ini

    ReplyDelete
  45. Sudah nonton Itaewon Class, yang lain sepertinya menarik juga, ya. Baca ulasan Mbak Lendy aku penasaran Start-Up, tapi diriku paling nggak bisa nonton drama on going, wkwkwkwk. jadi musti nunggu selesai dulu :D

    ReplyDelete
  46. Aku kemarin udah lihat Do Do Sol Sol La La Sol. Lucu yaaaa, tapi belum lihat penuh. Nanti deh yaaa

    ReplyDelete
  47. Buat yang mager aja cocok nih nonton drakor Record of Youth atau Itaewon Class supaya nyadar gitu yaa kesuksesan itu enggak datang sendiri tapi perlu dijemput. Banyak tantangan menghadang, harus diatasi. Yaa supaya semangat berkarya~

    ReplyDelete
  48. Kalau Mbak Lendy yang ulas, terlihat deh sisi film/drama sebagai pembelajaran yang bisa kita petik hikmahnya. Mantap ulasannya.

    ReplyDelete
  49. Sedang nonton Brahms, seru...siap-siap mau nonton Bo Gum di Record of Youth, dan nggak sabar menantikan kemunculan Nam Joo Hyuk..asyiiik...

    ReplyDelete
  50. Dari kelima drama korea di atas, saya hanya baru tahu satu, Itaewon Class. Itu pun enggak selesai. Padahal bagus, ada banyak hikmah yang bisa diambil dari drama itu dalam menuju kesuksesan.

    ReplyDelete
  51. Tertarik dengan dramanya Go Ara..judulnya unik. Kayak lagu😀 sepertinya ceria juga kisahnya..bnyk bumbu komedinya

    ReplyDelete
  52. Aku cuma tahu Do You Like Brahm sering muncul iklanya di GEM, cuma blm nonton hehe.
    Ini bagus2 kyknya dramanya menginspirasi yang muda2 maupun yang emak2 utk mengejar cita2 gtu ya?

    ReplyDelete
  53. Aku yang baru nonton Itaewon ama Record of Youth. Tapi paling kuat pesannya tuh yang Itaewon. Juaraa banget

    ReplyDelete
  54. Wah...lumayan juga ya yang tentang anak muda ...gak cuma romantis2an...Dari 5 rekomendasi ini huhuhu ternyata aku belum nonton semua..tulungggg....

    ReplyDelete
  55. ya ampuun baru nyadar sampai sekarang masih belum juga menamatkan Itaewon Class. Kelupaan terus dan memang udah jarang banget menyediakan waktu untuk drakor. Kayaknya harus tamatin deh drama ini sebelum melangkah ke drama lainnya.

    ReplyDelete
  56. I like the song Gaho, OST from Drama Itaewon Class. Good message and make me moving and jumping, i like it so much

    ReplyDelete
  57. Bagus-bagus ya temanya, sangat menarik dan tentunya siapkan cemilan kalau nonton on going nih hahah.... aku pilih mana ya?

    ReplyDelete
  58. Aku mau nonton Itaewon Class aja. Bagussss dan gak ngebosenin. Temen-temenku yang notabene cowok pada nonton drakor ini. Duh, tak kusangka mereka pun tergoda.

    ReplyDelete
  59. Saya juga mengikuti drama itaewon class. tapi saya malah muncul rasa dendam, marah, upset ama si songong bullyer tuh. hahahahaha,

    ReplyDelete
  60. Belum nonton semua drakor yang ada di artikel ini hehehe. Salut sama mb lendy produktif nonton dan mereview drakor

    ReplyDelete
  61. Racuuuunnnnn hahahha......, untung baca tulisan mbak Lendy karena saya maju mundur mau nonton do you like brahms

    Dan sedang penasaran dong dengan Record of youth

    yang lagi saya pantengin sekarang, tale of the nine tailed yang b ikin panas dingin karena lee dong wook jadi siluman rubah :D

    ReplyDelete
  62. Duh, aku kurang update Drakor kekinian. Btw kak, drama Itaewon Class kayaknya bikin saya menangis Bombay deh kalau nonton. Secara tragis banget kisahnya :(

    ReplyDelete
  63. Sepertinya harus nonton nih ..biar berasa muda terus...hihi..tapi nonton film seperti ini memang bikin awet muda

    ReplyDelete
  64. Weewww.. racun drakor banget ini mah.. mana semuanya belum pernah kutonton pula..

    *brb nyari link streaming*

    ReplyDelete
  65. akk! my fav dari list ini adalah itaewon class! si ganteng xD apalagi ada bucin cantik dan cerdas hihi.. banyak pesan juga sih yg bisa diambil dari drama ini

    ReplyDelete

Berlangganan via Email