Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Joseon Exorcist : Perjuangan Mengusir Roh Jahat Zaman Joseon

Bismillah,

Joseon Exorcist : Perjuangan Mengusir Setan Zaman Joseon.
Annyeong haseyo.


Hola sahabat lendyagasshi.

So happy akhirnya ada drama sageuk lagi yang bisa dipantengin. Dan kali ini aku very excited karena masih ada hubungannya sama drama Moon Lovers doonk.. It means, kita belajar sejarah Korea lagi, yeeay~

Yah, persis kaya nonton drama Mr. Queen kemarin. Kali ini writer-nim yang sama, berkolaborasi dengan sutradara yang menggarap drama The Nokdu Flower, drama yang berjudul Joseon Exorcist ini akan menampilkan banyak scene berdarah-darah yang termasuk genre Historical drama Fantasy. Dengan mengambil setting zaman Joseon, drama ini sangat menarik untuk diikuti.

Skuuy, kita baca sinopsisnya dulu yuuk...

Sinopsis dan review drama Joseon Exorcist

Profil Drama

Judul : Joseon Exorcist
(Joseongumasa / 조선구마사 )d

Sutradara : Shin Kyung Soo
Penulis : Park Kye Ok

   Actors :    

Kam Woo-Sung as Raja Taejong
Park Sung-Hoon as Pangeran Yangnyeong (putra mahkota)
Jang Dong-Yoon as Pangeran Chungnyeong (adik putra mahkota)


Genre : Historical, Drama, Action and Fantasy

Network : SBS
Release Date : March 22 - May 18, 2021

Episode : 16 eps (60+ minutes)


Sinopsis Drama Joseon Exorcist

Raja Taejong (Kam Woo-SungShould We Kiss First, The Wind Blows)  adalah seorang Raja yang gagah berani. Ia memerintah setelah membantu Ayahandanya, Raja Taejo untuk mereformasi habis-habisan masa Goryeo menjadi dinasti Joseon. Revolusi ini tentu mengorbankan banyak hal dan pihak. Lalu, dengan upayanya ini, ia berharap bisa naik takhta.

Dan ya, benar. Akhirnya Lee Bang Won (nama asli Raja Taejong) naik tahta. Salah satu pengorbanan terbesarnya adalah ia harus membunuh adiknya yang kala itu juga sama-sama mengincar tahta untuk menjadi Raja berikutnya setelah sang Ayahanda mangkat. Adiknya yang dibunuh ini bernama Lee Bang Seok), sehingga gak salah kalau Raja Taejong kerap terkena halusinasi mengenai masa-masa kelamnya yang dihantui perasaan bersalah.


Perebutan Tahta Terus Berlangsung

Sinopsis dan Review Drama Joseon Exorcist

Dan ketika Raja Taejong melahirkan anak-anaknya, baik dari istri juga selir, perebutan tahta ini terus berlangsung. Mungkin memang awalnya tidak begitu tampak, namun lama-kelamaan, adik-adiknya pun merasa ada perlakuan khusus sang Ayah terhadap Putra Mahkota dalam hal pembagian tugas.

Putra mahkota Raja Teejong, Pangeran Yangnyeong (Park Sung-Hoon, Psychopath Diary, Memorials) yang ditugaskan menjaga Benteng Hamju, dekat bukit Bakseok, tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Ia malah sibuk mabuk-mabukan, berjudi dan menggoda wanita. Karena kelalaian tugasnya inilah, Istana kediaman Raja Taejong, Changdeok-gung dimasuki mayat hidup, alias zombie (?? - tapi darahnya biru).


Munculnya Mayat Hidup di Changdeok-gung

Mayat hidup ini ternyata adalah seorang penjaga dari Yangju, daerah yang seharusnya dijaga oleh Pangeran Yangnyeong. Merasa kebobolan dan ternyata sang mayat hidup yang kuat banget dan gak bisa mati-mati ini sudah menewaskan banyak korban. Salah satunya yang berhasil digigit sama si mayat hidup ini adalah adik bungsu Pangeran Yangnyeong sendiri.

Ampuunn!

Dan parahnya, Raja Taejong beserta istri, Ratu Wonmyung, gak bisa membunuhnya begitu saja. Yaa..namanya juga anak yaa.. Jadi ditangguhkan dan dibekap dalam ruangan dingin, semacam lemari es, tapi besar. Tujuannya agar virus si mayat hidup tidak menyebar dengan cepat di tubuh Pangeran Kangnyeong, sehingga mengubah si adik menjadi mayat hidup juga.

Sinopsis dan Review Drama Joseon Exorcist

Berbagai cara dilakukan untuk menyelamatkan sang adik agar tidak berubah menjadi mayat hidup. Dari mulai ritual menggunakan dukun istana sampai masuk ke lemari es itu tadi.

Apakah yang dilakukan Raja Taejong jika sang putra bungsu berubah menjadi mayat hidup?


Pertempuran Melawan Roh Jahat

Selagi ribet sama Pangeran Kangnyeong yang udah digigit zombie zaman Joseon, sang Ayah, Raja Taejong dan kakak-kakaknya tidak tinggal diam. Mereka mencari tahu pokok masalahnya dan berusaha menyelesaikan masalah tersebut. Agar tidak membahayakan Royal Family dan rakyat, tentu.

Perjalanan panjang selama 16 episode kemudian...

Jang Dong-Yoon as Pangeran Chungnyeong : Drama Korea Joseon Exorcist
Jang Dong-Yoon as Pangeran Chungnyeong

Bagaimana bisa sampai roh jahat dari barat bisa sampai ke Joseon?

Akankah Raja Taejong, Pangeran Yangnyeong dan Pangeran Chungnyeong berhasil menghalau pengaruh roh jahat yang mewarnai Joseon kala itu?


Fakta Drama Joseon Exorcist

Kemungkinan drama Joseon Exorcist yang tayang setiap hari Senin dan Selasa di SBS akan dikaji ulang untuk penayangan drama Joseon Exorcist. Karena banyak Knetz yang merasa drama ini penuh dengan kontroversial atau distorsi sejarah. Bahkan, petisi KNetz sudah sampai Blue House loo..

Aaah..
Sayang banget kalau drama Joseon Exorcist ini sampai kena banned yaa... Serius.
Bagus banget!


Kesan Pertama Drama Joseon Exorcist

Menarik.
Bukan hanya darah dimana-mana, tapi juga jalan ceritanya yang mengambil latar sejarah. Aku paling girang kalau ada drama sejarah kaya gini. Apalagi ini mengisahkan Raja Taejong, anak dari Taejo Wang Geun yang kalau dalam drama Moon Lovers, Raja Taejong ini adalah Wang Yo, kakaknya Wang So.

Kesan Pertama Drama Joseon Exorcist

Dan dalam drama ini, dikupas silsilah Raja Taejong dan masa-masa perjuangannya untuk membangun Joseon.

Yang aku tahu dari drama Moon Lovers, Raja Taejong ini 18 tahun memerintah Joseon dan endingnya, beliau meninggal karena halusinasi dari orang-orang yang telah dibunuhnya. Tuuh...selaras juga kalau sama drama Joseon Exorcist kaan...?!?!

Pinter banget deeh...uri jagga-nim.


Lesson Learn Drama Joseon Exorcist

Lakukan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.
Uh...iya... Aku jadi kezel sendiri liat Putra Mahkota yang masih aja mengeluh mendapat mandat bertugas menjaga benteng. Padahal, kalau dibandingkan dengan adiknya, tugas Pangeran Yangnyeong ini sudah yang paling masuk akal.

Sedangkan adiknya, Pangeran Chungnyeong (Jang Dong-Yoon, The Tale of Nokdu, Search) malah diminta Ayahnya untuk patroli di sepanjang perbatasan dan memastikan Joseon aman. Wagelaseh banget kan...tugasnya???


Kesan Pertama dan Review Drama Joseon Exorcist : Jang Dong-Yoon as Pangeran Chungnyeong

Sedih waktu Pangeran Chungnyeong mengatakan :

Ya, aku di sini karena aku anak ketiga.
Kakak sulungku adalah Putra Mahkota yang gagah berani dan akan menjadi Raja berikutnya.

Kakak keduaku adalah Tuan Hyo Ryeong, kakak yang murah hati.

Karena itu, aku sebagai putra ketiga Raja, tugasku adalah memastikan Putra Mahkota aman dan naik tahta dengan aman.


Ihiiks~
Huwawaaaa...


Jadi, misi ini kudu berhasil yaa, guys..
Penasaran sama gimana kelanjutan cerita drama Joseon Exorcist. Mantengin setiap hari Senin dan Selasa jam 22.00 -  23.10 KST di SBS.

행복한보고
Happy Watching~


With love,



70 comments for "Joseon Exorcist : Perjuangan Mengusir Roh Jahat Zaman Joseon"

  1. Pangeran Chungnyeong cakep bener yaa, haha. Jalan ceritanya mayan seru dan beda dari yang lain nih serialnya.
    Kalo versi kita semacam ruqyah ya exorcist itu? Aku pernah diruqyah non syar'i. Kaya di tivi gitu kejadiannya, kudu ngakak kalau inget. Besoknya ditegur ustazah tapi, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka diaaa.. Di Tale of Nokdu, dia jadi Nokdu, dan nyamar jadi janda. Jadi janda pun cantik, wkwkwk...

      Delete
  2. Wah wah wah, kenapaaa thn ini banyak banget drakor yg bergelimang darah :D
    Etapiii seruu juga buat yg suka genre seperti ini yak

    ReplyDelete
  3. Wah zombi ya temanya, pastinya belum nonotn aku :-D Si ganteng itu ngelawan zombie kasihan atuh nanti digigit eh apa sih kalau zombi?
    FIlm latar sejarah gini sih kesukaan suamiku banget

    ReplyDelete
  4. Aku kok belum bisa yaa mbak nonton drakor yg ada unsur-unsur fantasi-nya. Emang kurang suka dengan cerita fantasi sih.

    ReplyDelete
  5. Aku baru mau nonton drakor ini tapi tadi pagi dapat kabar kalau drama ini diberhentikan secara permanen huhu sedih banget sih padahal baru 2 episode.

    ReplyDelete
  6. Yah kayaknya belum berani nonton drama ini mba. Hehehe. Soalnya ada adegan mayat hidup itu. Hehehe. Aduh tapi aktornya cakep

    ReplyDelete
  7. ini katanya bakal rame banget ya teh, tapi karena baru 2 episode aku mau memantau dl aja hahaa

    ReplyDelete
  8. aku kurang terlalu suka sih drama yg berdarah2 terus ada hantunya gini. bisa teriak2 aku mahh nontonnya hehe... seremm abis. :(

    ReplyDelete
  9. Aku sama mbak kesukaanya hampir hampir mirip suka nonton drakor yang histrocal tema sejarah kerajaan gt cuman genre nya lebih ke romantic komedi ❤️

    ReplyDelete
  10. Menarik ya .. sampaisampai ada yang pada protes karena merasa ada distorsi sejarah gitu. Pengamat drakor jeli-jeli ya ... ^_^

    ReplyDelete
  11. Temenku paling gak suka nonton film Dinasti gini. Kalau aku suka, dulu yang paling aku suka jang geum, tentang dayang2 yang jago masak jadi tabib kerajaan pertama

    ReplyDelete
  12. Aku kalau nonton Drakor kerajaan gini suka bingung Ama perannya. Perasaan sama semua bentukannya 😂. Suka kebalik nyebut perannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ishh, idem ama diriku wkwkwk
      Aku pilih yg cerita fresh aja lah

      Delete
  13. Keren banget itu quote anak ketiga. Etapi, sayang banget ya kalau sampai kena banned

    ReplyDelete
  14. wah saku tertarik nonton Joseon Exorcist ini, ada zombienya, nungguin Kingdom Season 3 lama, mending notnon ini aja dulu yaah

    ReplyDelete
  15. Baru tadi siang aku liat di instagram kalau drama ini jadinya dicancel ya mbak karena ada isu terkait ketidakakuratan sejarah. kasian ya semua staf dan aktornya.

    ReplyDelete
  16. TerAku rada ngeri kalau kisah horor, hahhahaaa entah kenapa, aku kok ga seberani dulu nontonnya ya. Padahal, ini tuh pemeran Pangeran Chungyeong-nya ganteng pisan, euy!

    Btw, terlepas dari konteks film,
    kalau saeguk aku selalu langsung ngintip ke... wikipedia atau bahkan pinterest. Aku kan pernah ke Kota Terlarang, dan bayanganku dibalik kemegahan kerajaan jaman dulu itu almost all is a sad story!

    Udah pernah baca kisah asli mereka? So... so... sad!

    Kalau China, sebagian aku gali dari Pearl S Buck, pastinya sebagai bule, penulis dan pernah hidup di China dan India, kisah yang disajikan itu terasa dekat. Dan baju wanita tradisional apapun, entah itu Hanbok atau Choson-ot, ternyataaaa bagian dadanya itu terbuka loh! Hiiy.. ga jauh bedalah sama Bali- Jawa - Dayak jaman dahulu!

    ReplyDelete
  17. Belajar sejarah via drama Korea gini seru juga ya Mak. Gak cuma nonton film doang, tapi belajar juga.

    ReplyDelete
  18. Ohhh tp sampe skr msh running ya mba? Aku tunggu tamat dululah :D. Biar tau endingnya hahahaha.

    Menarik sih kalo udh ttg exorcist gini, zombie, hantu dll. Aku paling seneng. Skr ini aku jg sdg marathon drakor ttg exorcist, yg judulnya the guest :D.

    Biasanya aku jrg tertarik kalo bertema Joseon, tp kalo temanya memang favoritku, biasa aku nonton juga :D

    ReplyDelete
  19. Belum nonton Joseon Exorcist. Tapi pas nonton trailernya kayak mirip series Kingdom. Bedanya kalau kingdom, Si Raja melawan para zombie. Udah nonton Kingdom belum, Kak? Udah mau season 3 nih wkwkw

    ReplyDelete
  20. Penasaran gimana nasib pangeran kangnyeong yg sudah digigit mayat hidup. Trs nasib pangeran ganteng si anak ketiga jg gimana mbak Lend. Dudududu penasaraaann.

    ReplyDelete
  21. Katanya 2 episode udah dihentiin ya teh? itu bener apa hoax ya teh? karena nimbulin kontroversi? Penasaran tapi udah takut liat potongan scenenya, padahal penulisnya sama kyk Mr. Queen. Moga ada titik terang dalam masalahnya

    ReplyDelete
  22. Kurang riset atau apa ya...sampai sudah jadi sebuah film ternyata ada kesalahan sejarah... kan sayang banget tuh... hehe...

    ReplyDelete
  23. Wah masih ada kaitan dengan Moon Lovers ya. Artinya saya juga bakal betah nih mantengin Joseon Exorcist. Sebab terpikat erat pada drama yang pertama tadi. Selain saya emang suka banget nonton drama yang berangkat dari sejarah :)

    ReplyDelete
  24. Waaaa aku belum nonton ini ih, udah lama banget nggak nonton drakoor, jadi pengen.mulai.marathon drakor lagi deh aku hehehe

    ReplyDelete
  25. jadi ini settingannya jaman dahulu kala tapi mengusir setan or roh jahat ya mba.. pasti banyak yang suka nontonnya hehehe

    ReplyDelete
  26. Aku baru aja mau nonton drakor ini mbak. Sepertinya seru perpaduan sejarah dan misteri.. Tapi btw katanya dihentikan ya tayangannya karena banyak petisi

    ReplyDelete
  27. Akkkkkkkkkkk Jang Dong Yoon astaga aku suka banget sama dia di School 2017 Mak! Itu nontonnya setelah kelar skripsian sambil nunggu wisuda, jadi nonton marathon nggak berhenti karena pengen ketemu lagi sama dia wkwkwkwk. Kena second lead syndrome sih FIIIXXXX

    ReplyDelete
  28. Wah.. Aku baru tau disini ada mayat idup jugaa. Aku cm tau kmrn sempat viral krn filmnya mai diberhentiin ya? Atau sementara aja. Smg enggak y soalnya aku suka model film begini.

    ReplyDelete
  29. Drama bagus ini, baru tayang episode 1. Tapi sayang Jaseon Exorcist ini dihentikan tayang mbak. Entah kenapa, kabarnya isi cerita melenceng jauh dari sejarah.

    ReplyDelete
  30. Update terbaru dihentikan ya, mba. Semoga masih buat penulis naskah dan pemainnya tetap semangat menciptakan drama Korea terbaik :)

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Baruu saja mau nonton eh dengar dramanya dihentikan, kebayang para pemain dan kru shock banget sudah kerja keras eh malah begini kejadiannya ya..

    ReplyDelete
  33. baca kisah ini ingatnya jadi ke tiga hal yg sering disebut masalah (klasik) : harta-tahta-chef renata...hehehe...

    btw, jd ngerti sinopsis2 drakor itu seringnya dr blog mbak lendy :)

    ReplyDelete
  34. Baru mau nonton eh udah berhenti tayang Sangat disayangkan nih apalagi mau lihat Dong Yoon lebih lama eh gak jadi. Belum habis rasa penasaran di drama Search kemarin sebentar banget main nya

    ReplyDelete
  35. Kalau Islam semacam rukyah ya ini
    Serem sih tapi saya suka latar Josen-nya
    Masih cita-cita bisa foto di area nuansa seperti ini

    ReplyDelete
  36. Kalau di istana gitu, kakak adik bisa saling berebut tahta yaaa

    Sedih banget kalau lihat pasti nih,

    ReplyDelete
  37. Drama yang menantang.
    Apalagi dibalut sejarah.
    Kayaknya bisa masuk lit ku buat nonton Teh.
    Gak papa deh blm tuntas. Justru penasaran apa yg membuat dikaji ulang

    ReplyDelete
  38. Aku suka banget klo ngeliat Park sun Hoon ini pakai baju kerajaan gini.. gagah banget keliatan nya udah ngikutin juga teh.. Dan selalu suka klo dia yg main

    ReplyDelete
  39. sesungguhnya aku bingung dulu kek mana zaman Joseon itu apa ada wabah atau penyakit apa gitu sampai ada ide drakor Joseon Exorcist nyambung ke zombie? Trus sampe ada petisi segala untuk ban drama ini berhubung kisahnya terlalu melenceng.

    ReplyDelete
  40. Lagi rame nih, mba gegara ga sesuai dengan sejarah aslinya. Katanya mau di stop. Temen2 pada ngedumel, gegara mau di stop. Padahal bagus. Saya sih belum nonton. Ga berani. Xixixi

    ReplyDelete
  41. Jalan ceritanya menarik nih drama ini, jadi pengen langsung nonton biar semakin tau detail ceritanya.

    ReplyDelete
  42. Wih kayaknya seru banget nih Joseon Exorcism apalagi ada latar belakang sejarahnya gitu ya Teh. Btw detail ceritanya juga menarik ada mayat hidup segala. Duh jadi pengen nonton.

    ReplyDelete
  43. saya suka banget film-film seperti ini mba Lendy, meskipun kalau nontonnya ga berani sendiri tapi penasaran, asal jangan hantunya aneh aneh aja bentuknya, palingan deg-degan aja lihatnya

    ReplyDelete
  44. Jang Dong Yoooonn! Sad banget aku drama ini nggak jadi lanjut mbaa. Hiks hiks.. Udah keburu terkesima sama doi di episode pertama eh eh eh malah udahan begitu sajaa T.T

    Btw waktu nonton ini episode 1 yah beneran jadi inget film Exorcism versi barat deh. Haha. Mirip banget itu adegan pengusiran roh nya ya, ternyata diseluruh dunia begitu metodenya. Kalo muslim namanya ruqyah lah ya bukan exorcism..

    ReplyDelete
  45. Jadinya ini ga lanjut ya?
    Pada protes karena pembelokan sejarah atau gimana gitu ya?

    ReplyDelete
  46. Aku belum nonton ini udah keburu aja diclosed wkwkwk semoga ada bukaan lagi
    Uni aku penasaran soalnya

    ReplyDelete
  47. Dari dulu kisah kerajaan selalu identik sama perebutan kekuasaan ya. Btw, ini pangerannya ganteng juga ya meskipun aku gak familiar sama wajahnya

    ReplyDelete
  48. Suka deh sama cerita kerajaan masa lalu seperti ini.
    Jadinya bisa belajar sejarah, walopun dibumbui dengan.kisah fiksi.

    ReplyDelete
  49. Daku nonton ini baru dapet 2 episode. sebenarnya baru nonton episode awal aja aku udah ga tahan sama yang berdarah-darah gitu, tapi kalo ga lanjut kok penasaraaan, wkwk. ini kutonton buat ngisi waktu sambil nungguin Penthouse sm Vincenzo si, hihi

    ReplyDelete
  50. Belakangan ini mabok drakor sejarah mam. Dari Mr.Queen lanjut Secret Agent, lanjut Crowned Clowned, akhirnya malah sekarang cari drakor yg ringan. Tapi lagi2 lelah krn sering banget nemu bullying. Ada rekomendasi drakor menghibur?

    ReplyDelete
  51. Topik zombie selalu saja hits ya Mbak Lendy. Dalam sejarah .. disebutkan di atas ada yang meninggal karena halusinasi dari orang2 yang sudah dibunuhnya ... bisa jadi zombie eh atau zombie itu bisa jadi halusinasi ya.

    ReplyDelete
  52. Kenapa drama korea kolosal kayak gini selalu berhasil bikin pemeran cowoknya tambah ganteng?? Hihihi... :D
    Sejujurnya aku belum nonton drama ini, sih...
    Nanti kalau stok tontonanku udah habis, mungkin baru deh nonton ini... hehehe

    ReplyDelete
  53. Kenapa ya Raja di Korea selalu digambarkan hidupnya tak tenang. Banyak yang ngincer dan membodohi kadang dijadikan boneka kasian ya Uni. apalagi yang jadi anak ga melulu bahagia tugasnya berat

    ReplyDelete
  54. Belum pernah nongtong pilem ini. Tapi kalau dilihat dari foto2 dan baca reviewnya, sepertinya eksekusinya total banget. Jadi inget saur sepuh. Eh, beda ya. Wkwkwk

    ReplyDelete
  55. Jarang banget nonton tema hantu atau mistik kayak gini, tapi review ini menarik ya jadi tahu emang kejahatan sering menggunakan ilmu hitam. Serem juga ya

    ReplyDelete
  56. Paling seru kalau nonton film korea yang bertema kerajaan. Apalagi ada hal mistiknya juga. Sama seperti film korea yang ada calon arang, kalau di Indo dukunnya.

    Sepertinya film ini bakal menarik ditonton. Makasih reviewnya.

    ReplyDelete
  57. Baca judulnya ada Exorcist-nya, waduh hantu yah. Tapi kayaknya seremnya ilang liat kegantengan sang Pangeran. Sukaaa nih setting kerajaan gini...

    ReplyDelete
  58. Aaagggghhh gemeeesss!!!! Kecewa banget banget drama ini bubaran, padahal eps 2 udah makin seru... Pangeran Kedua aja belum muncul, huhuhu. Sayang, padahal kangen Dong Yoon.

    Btw, Taejo Wang Geun yang ayahnya Wang Yo kan Raja Goryeo ya? Trus disitu dibilang kan Raja Taejong mendirikan Joseon bersama ayahnya (Taejo), raja terdahulu, yang dimaksud bukannya Raja Taejo of Joseon (Yi Seong-gye) ya?

    ReplyDelete
  59. Duh, pasti mengerikan. Nonton drama sadis, membunuh, mayat hidup menggigit korbannya sampai mati. Takut, ah.

    Reviewnya bagus, ananda Lend. Doa sukses untuk keluarga di rumah.

    ReplyDelete
  60. Plot twistnya menarik nih. Ga nyangka di drakor setting jadul ada zombie, tapi intrik perebutan tahta aja sebenarnya sudah menarik

    ReplyDelete
  61. Aku baru nonton promosinya aja di running man. Terus, aku jadi makin penasaran sama drakor ini

    ReplyDelete
  62. genre yang lagi haening saat ini ya teh
    btw ini yang mengundang kontroversi itu ya teh?
    padahal ceritanya sangat menarik ya teh,

    ReplyDelete
  63. Keren ya karakter Pangeran Chungnyeong, dengan gagah berani dan tabah mendukung dan melakukan tugasnya supaya kakaknya bisa naik tahta dengan aman. Hmmm, nggak kaya pangeran yang abis wawancara sama Oprah #eh. Cerita kerajaan gini memang menarik.

    ReplyDelete
  64. Kesel banget deh kalau lihat putra mahkota yang digadang-gadang malah ga keruan kelakuannya gitu. Menimbulkan banyak masalah di kerajaan yang bikin pusing banyak orang ya.

    ReplyDelete
  65. Wiwin | pratiwanggini.net4/03/2021 10:34:00 PM

    Selalu seru kalo baca review drakor si blog yang satu ini. Top dah!

    ReplyDelete
  66. Saya komen ini setelah Joseon Exorcist resmi tidak ditayangkan lagi, huaaa... Setau saya, K-Netz kritis dan gercep banget kalau soal sejarah mereka. Kalau udah ramai dipetisi dan nyampe Blue House, wassalam deh...

    Konon, karakter Raja Taejong di drama ini menyimpang dengan yang di sejarah. Bagusnya sih pake nama fiksi aja dengan latar sejarah Joseon, gitu. Pelajaran banget buat jagganim-nya (setelah di Mr. Queen juga dia diprotes yaa)

    Hiks, tapi kacian Jang Dong Yoon (aktor lainnya juga plus staff produksi). Yuk, ah cari drama baru lagi, Dek. Yang rom-com juga boleh biar dunia perdrakoran jadi lebih berwarna :)

    ReplyDelete
  67. Drama ini sepertinya menarik. Walau aku uda lama si ga nonton drama berbau kerajaan. Hihi. Mr. Queen juga belum nonton.

    ReplyDelete
  68. Pangeran Chungnyeong nya supertamvan yaa Cinggu... trus statement nya gagah berani pula bertanggung jawab banget, memastikan putra mahkota bisa naik tahta dengan aman. Duh dia yg layak nih jadi kaisarnya hehe

    ReplyDelete

Berlangganan via Email