Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Let's Be a Part of Kocca Indonesia

Bismillah,

Let's Be a Part of Kocca Indonesia.
Annyeong haseyo, sahabat lendyagasshi.


Senang sekali ketika pada suatu sore mendapat kabar bahwa pengumuman K-Content Supporter 2021
sudah keluar dan namaku masuk di salah satu dari 10 peserta yang menjadi K-Content Supporter dan akan menjalani masa orientasi di hari Rabu, 31 Maret 2021 jam 16.00 WIB.

Sejujurnya, kemarin saat mendaftar sudah nothing to loose gitu.. Karena gak paham scope pekerjaannya dan sebenarnya sangat berharap keterimanya menjadi Sahabat Korea. Sedih juga siih... saat pengumuman Sahabat Korea 2021 yang diumumkan di Bulan Februari, aku gak terpilih. Padahal kesempatannya lebih besar, karena ada 200 Sahabat Korea yang akan menjalankan tugas pada tahun 2021. Berbeda di tahun-tahun sebelumnya yang hanya 75 orang (2019) dan 100 orang (2020).

Kocca Indonesia : K Content Supporter



Bagaimana Awal Mendaftar Kocca Indonesia?

Asal ada pengumuman dari Ila (Sahabat Korea 2020 dan 2021, www.celotehkiky.com) - yang selalu share apapun mengenai Korea Embassy melalui grup baca buku kami yang hanya terdiri dari 5 orang, kami bisa dibilang "dekat" dengan obrolan mengenai seputaran buku, konten, drama Korea dan curcol-curcol ringan.

Setelah mantap daftar, biasanya Ila akan kasih kisi-kisinya pada kami agar terpilih. kebetulan yang saat itu sangat excited adalah kak Molly dan aku. Tapi karena sudah gak terpilih yang lalu, rasanya ada yang salah sama aku. Hehehe...bukan minder, tapi aku harus memperbaiki konten yang ada di IG dan diriku sendiri. Kan kalau liat feed IG ku, kaya belum banyak konten mengenai Korea, jadi pantas saja aku gak kepilih. Gitu~

Jadi, aku mulai mengisi feed dengan ide-ide menulis sederhana sepanjang yang aku tahu. Bukan hanya mengenai reviu drama dan Film Korea, tapi juga beberapa hal ringan yang lucu juga kalau dibahas. Misalnya seputaran wamil, atau Kisah Putri Pyeonggang, yang merupakan salah satu legenda terkenal di Korea yang akhirnya diangkat dalam sebuah drama sageuk.


Finally..

Yes, finally saat pengumuman tiba yang sebenarnya tidak ditentukan pada tanggal berapa akan dikeluarkan, aku melihat akun IG ku ada di salah satu 10 peserta K Content Supporter. Huhuu~~ Terharuu...

Apa itu K-Content Supporter?


Dan setelah pengumuman, langsung deh tuh...dapat email yang mengundang para K-Content Supporter terpilih untuk mengikuti masa orientasi plus dijelaskan mengenai scoope of work-nya. Jadi, apa nih...tugas sebagai K-Content Supporter di Kocca Indonesia?

Sebelumnya, aku jelasin dulu yaa... 

Apa sih Kocca Indonesia itu?


Apa sih Kocca Indonesia?

Kocca singkatan dari Korea Creative Content Agency yang ada di Indonesia. Kocca Indonesia adalah satu-satunya perwakilan agensi dibawah Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Republik Korea yang dibentuk tahun 2009 dan memiliki alamat resmi di Jakarta.

 Kantor Kocca Indonesia : 

APL Office Tower 11th Floor, Suite T3, Jl. S. Parman kav. 28
Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan.
Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia


Jadi, Kocca Indonesia adalah organisasi pemerintah yaa...gengs. Dan baru ada perwakilan di Asia Tenggara ya...di Indonesia ini. Kabarnya, akan hadir Kocca Vietnam dan Thailand.


Apa Tugas K-Content Supporter?

Tugasnya hanya satu. Membuat konten kreatif.

Masalahnya adalah konten kreatif ini luas dan bisa berbagai hal yang diulas. Karena aku baru pertama kali menjadi K-Content Supporter, maka dari masa orientasi kemarin, aku bisa menyimpulkan bahwa menjadi K-Content Supporter harus membuat konten kreatif seputaran Hallyu Wave.

Berbeda dengan Sahabat Korea yang dibawah Kedubes Korea Selatan, tugas mereka mamberikan informasi seputar Korea mengenai budaya, bahasa dan lifestyle di Korea.

Jadi bisa dibilang, K-Content Supporter ini diharapkan bisa memberikan support dan dukungan berupa konten-konten terkini seputar produk Korea, seperti :

Program Televisi (drama, variety show dan dokumenter)
Musik (bukan hanya Kpop, tapi juga berbagai musik Korea lainnya)
Animasi dan Karakter
Komik dan Webtoon
Games
Fashion


Bagaimana Cara Kerja K-Content Supporter?

Posting 1 konten setiap bulan (antara tanggal 1-20)

Tema (sesuai dengan yang aku sebutkan di atas)

Membuat konten minimal 1, jika tidak posting selama 3 bulan berturut-turut, keanggotaan akan dianggap gugur

Tidak boleh rapel postingan

Kocca akan merepost 1-2 postingan terbaik setiap akhir bulan

Akan ada penyesuaian isi konten yang di-repost oleh KOCCA Indonesia
Hak cipta konten dimiliki oleh pembuat Konten, dengan memberikan hak kepada KOCCA Indonesia untuk re-posting


Oh ya, yang unik, Kocca Indonesia hanya menilai konten di feed instagram. Selain IG, tidak dianggap postingan yang akan dinilai oleh tim Kocca. Eh kenapa pakai dinilai?

Iya doonk..
Kan sudah bersedia menjadi ambil bagian dari Kocca, tentu keaktifan dalam postingan akan menjadi salah satu kriteria penilaian dari Kocca Indonesia yang akan dijumlahkan hingga akhir masa kerja, Desember 2021. It's fair, right?

Yang Harus Diperhatikan Saat membuat Konten 

Setiap postingan, wajib pakai hashtag #kcontentsupporter & tag @kocca_indonesia
Menambahkan logo K-Content Supporter di tiap postingan
Desain postingan berkonsep simpel dan minimalis
Harus mencantumkan nama sumber
Konten tidak mengandung SARA dan tidak menggunakan kata-kata kasar
Menjaga nama baik KOCCA 


Dan tentu yang tidak boleh dilakukan adalah plagiat atau mengambil postingan orang lain. Ini akan membawa nama baik juga, gengs.. Jadi ini kudu ati-ati banget. Bila memang mengutip, biasakan untuk menuliskan kutipannya diambil dari sumber mana.

Dan aku beberapa kali mengunggah MV full dari boygroup kesayangan aku doonk, hiiks~
Dan ini juga ternyata bagian dari copyright.


Pasti pada penasaran yaa...buat apa bela-belain bikin konten mengenai Korea. Memangnya dibayar? Memangnya begini dan begitu?

Iya loo...
Aku sejujurnya pernah ditanya begini dengan salah seorang temanku. ❝Kenapa siih...konsisten banget nulis drama Korea?

Jawabannya karena cinta.



Aku dari dulu cinta banget sama yang namanya belajar bahasa, budaya dan sejarah. Sejarah dalam Korea ini sangat menarik karena dibungkus melalui drama sageuk. Pinter dan cerdas sekali, menurutku, plus infiltrasi Kpop ke dunia, kerasa gak..kalau saat ini banyak yang berkiblat ke Korea?

Gak hanya Korea kok, awalnya sebelum Korea booming, aku lebih dulu belajar bahasa, budaya dan sejarah Jepang. Karena terkahgum-kagum dengan kesuksesan orang-orang di negara tersebut. Sekarang beralih ke Korea, salah satu alasan simple ku adalah karena Korea ini nasibnya sama kaya Indonesia. Huhuu~

Pernah menjadi negara yang dijajah dan pernah berkonflik dengan yang menjadi bagian dari negaranya hingga terjadi perang saudara. Sedih yaa..?

Ya, tapi gak sampai 80 tahun, Korea bisa bangkit dan menjadi seperti sekarang. Menjadi negara maju dan jauh dari krisis seperti yang pernah terjadi pada tahun 1998. Tau dari mana niih datanya? Hehehe, dari buku yang berjudul Nunchi. Nanti kapan-kapan aku bahas di blog yaa...


Keuntungan Menjadi K-Content Supporter

Mendapat merchandise saat acara pembukaan dan penutupan program

Keuntungan Menjadi K-Content Supporter Kocca Indonesia



Sertifikat keikutsertaan
Menjadi prioritas undangan acara-acara KOCCA Indonesia
Memperluas networking antar sesama Supporter dan agensi pemerintahan Korea di Indonesia
Memperdalam pengetahuan tentang industri konten Korea Selatan


Seru yaa..
Setelah kami orientasi, lalu kami tetap bisa berhubungan dengan admin Kocca melalui wag yang dibentuk untuk mendekatkan kami, sesama K-Content Supporter Kocca Indonesia juga.

Pokoknya gak ada habisnya keseruan bersama anak Kocca. Rame dan saling menyemangati satu sama lain. Semoga persaudaraan ini terus berlanjut yaah...


Jadi sahabat lendyagasshi tertarik ikut mencoba menjadi bagian dari Korea?
Coba daftar aja, karena kesempatan ada banyak sekali. Mendaftar di Sahabat Korea (di bawah kcc.id atau Korean Cultural Center of the Embassy of the Republic of Korea in Indonesia), K-Content Supporter (di bawah Kocca IndonesiaKementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Republik Korea), Wow Korea Supporters (di bawah kto.idKorea Tourism Organization Jakarta) dan K-Influencer (di bawah kcc.id, tugasnya bebikinan video yang ada kaitannya dengan konten Korea).


Apa aja yang perlu disiapkan agar terpilih?


Salah satunya adalah follower IG, harus di atas 1000

Konten yang berhubungan dengan Korea
Bukan hanya spesifik mengenai drama atau Kpop aja, tapi juga pariwisata, culinary, tempat wisata dan hal-hal yang berbau Korea secara spesifik.

Karena nanti tugasnya memang promote Korea dari kaca mata orang Indonesia. Boleh banget kalau belum pernah ke Korea (kaya aku, hiiks) merujuk pada sebuah artikel dan gambarnya ambil di tempat lain, tapi jangan lupa untuk menuliskan sumbernya yaa.. Agar gak dibilang plagiasi.


Pantengin IG ketiganya : kcc.id, Kocca Indonesia dan kto.id di awal-awal tahun.
Karena pembukaan kesempatan untuk mendaftar menjadi salah satu bagian dari mereka biasanya di awal tahun dan pengumumannya sekitar 1 bulan setelah pendaftaran.

Kudu sabar?
Iya, karena gak tentu juga yang kepilih adalah yang followernya banyak atau feed rapih atau hal-hal yang kita pikirkan. Banyak juga kok...yang kepilih adalah newbie, bahkan IG Feednya aku lihat ada yang quote-quote gitu (IG sahabat K-Content Supporter aku niih... hehhee, mian...)


Are you ready for the next K-Content Supporter 2022?
Let's prepare and be a part of Kocca Indonesia.


화이팅!
Hwaiting!


With love,



74 comments for "Let's Be a Part of Kocca Indonesia"

  1. Wah, seru banget nih mba... Aku baru aja mau ngerapiin blog-ku terinspirasi dari blog mba lendy. Rencananya mulai bulan ini aku juga akan bikin konten yg myerempet Korea (tapi belum nyentuh ke drakor sih, hehe). Bismillah deh, sambil nanti cari desain yang oke untuk feed ig biar cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, aku juga kepengen bisa nulis Korea. Apa deh yang aku suka. Dari drakor sampe kpop. Kayaknya traffic-nya bagus ya kalo tentang Korea 😁

      Delete
  2. wahh teteh selamat ya...
    pas banget sama passion dan branding teteh sbg blogger yg suka nulis all about korea
    sukses ya teteh

    ReplyDelete
  3. Wuih selamat ya Mbak Lendy ... ikut bangga.
    By the way jadi ingat Ila .. sudah lama banget gak BW ke blog Ila ... gak pernah samaan nge-list sama Ila ... eh Ila masih ngeblog kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temanku ada yang ikut ini, gak lolos dia. Ini yang awalnya kepilih 50 besar itu bukan ya? Teman saya kepilih di 50 besar.

      Delete
  4. Congratsss yaaaa :D
    Btw, aku tertarik banget dgn NUNCHI.
    Kapan hari baca blog creameno, dan sekilas dibahas soal Nunchi ini.
    semacam ikigai atau Grit gitu kali yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuyy, daku tunggu bahasan soal Nunchi yaaa
      Mupeng bgt baca di blog enih

      Delete
  5. Wah selamat Lendy, keren banget bisa ikutan. Pantesan sekarang tulisan soal koreanya jadi lebih bermutu.

    ReplyDelete
  6. manteeep nih mba kalau memang bisa ikutan. Kocca Indonesia ya .. looks ike you will definitely enjoy this one

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tugasnya Mbak Lendy ini masih penuh tantangan ya ... dalam artian mengenai feed dan juga kontennya. Eh, blog juga ya?

      Delete
  7. Keren banget Lend.. emang layak sih awakmu Lend bisa ikutan acara ini... Makin melekat lah brandingmu sebagai Korean review..eh apa ya namanya... Korean Conten Creator gt maybe ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mbak
      branding e teh lendy sebagai blogger korea makin melekat ya
      sekali lagi congrasts ya teh

      Delete
    2. Setuju sama Mbak Dian .. Mbak Lendy maklin mantap. nanti bisa nulis buku tuh Mbak Len karena pengetahuannya tentang Korea makin banyak kan.

      Delete
  8. Selamaat ya mba Lendy, enggak sia-sia deh karyamu selama ini ternyata membuahkan hasil yang maksimal

    ReplyDelete
  9. Wow, aku ikutan happy nih mak Lendy memang oke banget mengulas drakor dll dengan rinci. Setia terus sama drakor dan kini penantian menjadi K Content supporter Kocca Indonesia. Merchandise-nya cakep begitu. Maju terus yach mak.... dan terus aktif membuat konten2 berbau Korea, mantap pisan!

    ReplyDelete
  10. well, jadi jawabannya karena cinta ya mba hehehe... kalau sudah cinta memang nothing can stop you. Have fun indeed! I'll do the same that buat Indonesia hehehehe

    ReplyDelete
  11. Cukaeee uniee Lendy..bener ga tuh nulisnya ,haaa. aku dukung deh kamu jadi Kocca Indonesia. Bahas oppa-oppa yang gemesin ya.

    ReplyDelete
  12. Selamat ya, sudah terpilih. Merchandisenya emang unyu banget, sih. Berarti enggak boleh posting skrinsyutan drakor juga, ya?

    ReplyDelete
  13. Selamat udah terpilih, Mbak. Positifnya ikut beginian selain melatih kreativitas dan membangun jejaring, juga bisa belajar banyak hal tentang Korea, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setuju. aku juga jadi belajar dan dapat inisght banyak banget dari blognya Mba Lendy. thanks ya mbaa.. selamat juga udah terpilih

      Delete
  14. Nah, sekarang terjawab keheran si nenek ini. Kenapa sebagian bloger kontennya Drakor-drakoran melulu. Terima kasih ananda Lend.

    ReplyDelete
  15. wah, selamat ya terpilih menjadi k-content supporter 2021..
    semangat membuat konten-konten yang kreatif ya mba :D

    ReplyDelete
  16. Wow, keren banget ya brandingnya Korea ini. Sampai-sampai membuat suporter segala di luar negeri. Apalagi Indonesia dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, sehingga penting untuk dijadikan aset konsumen bagi mereka.

    ReplyDelete
  17. Jadi masa kerjanya setahun ya, untuk th ini sampai Des 2021. Pasti seru, bisa menjalin persahabatan juga dengan sesama anak Kocca. Congratz ya!

    ReplyDelete
  18. merchandisenya bagus dan gemesin banget design-nya, lalu kepake semua tuh ya kayaknya hehhe

    ReplyDelete
  19. Selamat ya mbak, keren nih bisa mempelajari sesuatu dengan detil, profesional dan menghasilkan tentunya. Sesuatu jika dilakukan dengan senang dan serius pasti akan membuahkan hasil yang positif dan menyenangkan ya.

    ReplyDelete
  20. wah, selamat ya mbak, kalau kita mengikuti kontes yang sesuai jiwa dan hobi, plus dikasih benefit pula, sesuatu banget itu ya. jadi tambah mencintai hobi, hehehe

    ReplyDelete
  21. Waaah, selamat Kak Lendy... Pasti bahagia banget, yaa... Aku sih yakin Kak Lendy bisa lah bikin 1 konten tiap bulannya. Keciiiil itu mah, wong biasanya juga rajin banget nulisnya.

    Semangat ya, Kak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan-jangan, karena ini Kak Lendy jadi makin sibuk dan ga sempat BW hari ini, yaa.. Hihi.. Apapun sukses selalu ya, Kak..

      Delete
  22. selamat kak lendy, telah mengikuti kontes yang sesuai jiwa dan hobi, sehingga menang deh ... tentunya bawa benefit dong ....

    ReplyDelete
  23. waaa selama setahun ya ini teeeh hihhi, congrats ya teh, semoga segala sesuatunya bisa dilancarkan ihihi,

    ReplyDelete
  24. congrats ya teh
    pasti senang ya bisa membuat konten dan berkomunitas sesuai dgn passionnya

    ReplyDelete
  25. Baru tahu banget tentang ini teh tadi sempet bingung apa iru Kocca hehe... setelah baca2 mulai terkuak deh jawabannya ....Goodluck semoga berkah....:D

    ReplyDelete
  26. waaa teteh keren sekali :) selamat ya teh tapi emang teteh tuh udah terkenal sebagai salah satu penulis dan pengamat k-drama dan k-pop hehee

    ReplyDelete
  27. Keren! selamat ya teh, semangat bikin konten-kontennya hihi btw merch nya gemoy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi makin semangat juga nih Teh Lendy bikin konten Korea pastinya dengan bergabung di Kocca ini. Periodenya lama juga yaa..sampai Desember euy~

      Delete
  28. Wow selamat ya senang banget akhirnya bisa terpilih, bisa menulis yang sesuai passion itu menyenangkan banget...

    ReplyDelete
  29. Seru banget kyknya ikutan bikin konten soal Korea.
    Aku pernah ada masanya bucin banget ma Korea2an, Eh, aku belakangan jd suka ngedrakor lg wkwkwk
    Banyak pastinya benefitnya kalau ikutan jd Koccaers hehe
    Bisa saling bertukar pikiran tentang hal2 berbau Korea dengan sesma member juga yaa

    ReplyDelete
  30. selamat mba lendy dan semoga lancar menjalankan tugasnya, aku baru tahu loh ternyata ada yah dari korea seperti ini di indonesia, kalau sebaliknya ada juga gak sih mba ?

    ReplyDelete
  31. Wuih keren banget. Lendy sih udah pantas memang bagian dari Korea Indonesia. Udah khatam kayak nya ya segalanya. Kudu belajar nih dari Lendy. 😁

    ReplyDelete
  32. Wuahh seru bener. Mau coba pantengin infonya juga ah, kali aja ada recruitment lagi. Mungkin jalan bertemu Kapten Ri dan Pak Han bisa berawal dari sini. Wkwwkkw

    ReplyDelete
  33. waaaa selamat ya mbak Lendy jadi salah satu member Kocaaaaaa.... you deserve it! lovveeeeee!!!!

    ReplyDelete
  34. oohh aku baru tau nih kalau ada Kocca.. pantas saja mbaa kamu rutin banget ya bikin konten korea. btw strategi ini kok keren banget yaa.. apa pemerintah indonesia juga bikin strategi ini juga buat content creator di luar negeri? huhuhu

    ReplyDelete
  35. selamat buat teh lendy udah terpilih jadi bagian kocca. aku belom sih buat konten tentang wks. nanti kubuat juga ahh :D

    ReplyDelete
  36. Bukti bahwa konsistensi pasti membuahkan hasil ya Mbaa... Kudoakan tetep rajin ulas drakor2 dan suatu saat bisa menjejak ke Korea, bakal ikut happy banget aku baca cerita jalan2 Mba Lendy ke Korea

    ReplyDelete
  37. Korea Selatan memang hebat. Kalau Jepang kan sepertinya sejak dulu udah dikenal sebagai salah satu negara maju. Nah, sekarang Korsel pun menjadi salah satu negara maju. Perkembangannya cukup pesat.

    ReplyDelete
  38. Sukses mba lenchin bersama kocca indonesia'y. Semoga bisa promo2 drakor class juga ya di sana. Hahaha..

    ReplyDelete
  39. Karena aku sudah pasti tidak akan sekonsisten dirimu dalam menulis Korea maka aku doakan dirimu sukses dengan Kocca Indonesia ya

    ReplyDelete
  40. Selamat Mbak Lendy.. Karena cinta memang gak butuh alasan ya mbak,, Sarangheo hahaha :D

    ReplyDelete
  41. Terima kasih atas penjelasannya mengenai Kocca Indonesia,ya. Baru tercerahkan setelah membaca penjelasannya di sini.
    Selamat udah bisa jadi bagian dari Kocca Indoesia, Mbaak..!

    ReplyDelete
  42. Jadi tersalur Kan dong ya lewat kocca Indonesia ini ya teh.. jadi kepingin coba deh suka nonton tapi gak suka review barangkali bisa coba pas baca punya temen2 yg ada disini

    ReplyDelete
  43. Seru banget membahas segala hal berbau Korea ya? Gak cuma drakor.
    Aku tuh kagum sama Korea krn usia negara kita hampir sama tapi mereka bisa melesat gtu, kalau kata Hansol sih krn budaya "Pali Palinya" itu lho. Mereka gak santuy hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan kegantengan cowok cowoknya itu kok bisa beda dari Indonesia ya hahaha
      Bahasnya tetep ke cogan.

      Delete
  44. Selamat mbak, bisa jadi 1 diantara 10 orang lainnya K Content Supporter. Emang pantas lah, karena sering bikin konten yang berbau-bau korea

    ReplyDelete
  45. Keren banget deh pokoknya kak Lendy ini.. btw selamat yaaa udah jadi bagian dari Kocca Indonesia.
    Semoga semakin menginspirasi lewat konten-konten berbau Korea-nya :)

    ReplyDelete
  46. Waaah ini sih buat yang memang cinta banget sama ke-korea-an ya, Mba. Kalau saya mah masih mood-moodan agak susah untuk berkreasi bikin konten hallyu.

    ReplyDelete
  47. Merchandisenya bagus banget mbak lendy. Jd pengen dapat jugaaa hahaha
    Seneng pastinya dapat bingkisan sebnayak itu dan lucu2 pula barangnya
    Tapi info ttg Korea yg kumiliki msh sangat terbatas huhu

    ReplyDelete
  48. Mak lendy super kereeeennnn! Semangat terus mak Lendy, aku juga suka sih baca konten koreanya mak Lendy.. ini namanya mengejar impian dari passion yaaaaa.. super kereeennn <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, kece
      aku nggak sabar membaca konten teh lendy di kocca indonesia

      Delete
  49. Wah seru sekali. Selamat ya mbak lolos kocca. Makin ga sabar menantikan tulisan dan konten2 lainnya tentang perkorea an terbaru, terupdate.

    ReplyDelete
  50. Wiwin | pratiwanggini.net4/10/2021 05:04:00 AM

    Wow.. selamat ya, mbaaa! Turut happy nih saya. Abisnya tiap baca tulisan mba Lendy tentang drakor selalu seru sih. Baca ini juga saya serasa ikutan keseruannya mendaftar Kocca. Sekali lagi, selamat dan sukses ��

    ReplyDelete
  51. Aku suka drakor, tapi cukup kesulitan di ngingetin tulisan nama-namanya. Susah menurutku. Bahkan aktor favoritku saja lupa terus namanya ha ha ha. Inget wajah aja. Kalau untuk nulis kocca gak dulu deh. Tapi bacanya mau heee...

    ReplyDelete
  52. Semoga kesampaian impiannya ke Korea. Nanti cobain pakai hanbok trus futu-futu di istana-istananya. Plus icip-icip mukbang kulinernya 🥰😍

    ReplyDelete
  53. Keren nih Lendy kepilih ya oleh Kocca. Selamat menjalankan tugas yaaa...
    Aku sama sekali ga qualified euy kalo mau daftar, ga pernah nonton dan ngikutin Kokoreaan sih :)) Coba ada pendaftaran Sobat Hollywood, aku langsung daftar paling depan. :D

    ReplyDelete
  54. Masya Allah. baca ini jd pengen jg ikuta KOCCA...

    ReplyDelete
  55. Ga heran deh kalau Mbak Lendi terpilih, secara Istiqomah banget tulisannya tentang Korea. Dan ga monoton cuma review tapi dirimu itu bisa eksplorasi lebih dalam. Baru tahu tentang kocca ini ternyata di bawah pemerintahan yaa

    ReplyDelete
  56. Selama Mbak Lendy. Keren euy bisa kepilih jadi bagian dari Kovca Indonesia. Keren euy. Baru tahu di Indonesia ada program kayak Kocca dan Sahabat Korea. Sangat menarik dan cocok juga dengan minatnya Mbak yang sering post tentang Korea

    ReplyDelete
  57. Wah kubaru tau soal Kocca Indonesia ini. Asik banget bisa terpilih menjadi bagian Kocca Indonesia, jadi pengen ikutan gabung

    ReplyDelete
  58. wah keren banget, mbak. jujur aku kagum banget sama dirimu yang konsisten banget sama konten korea. mana update banget juga reviewnya

    ReplyDelete
  59. Selamat ya mba cantik...
    Semoga semakin banyak kegiatan positif yang sesuai dengan passion tapi juga inspiratif kaya gini..

    Drakoran gak cuma melulu soal nonton film ya,. buktinya bikin kita jadi lebih kreatif

    ReplyDelete
  60. Masya Allah, Teteh keren eui, cocok banget untuk diterima jadi konten kreator yang membahas tentang Korea. #SemangatCiee selalu ya Teh menulis yang bermanfaat 💕

    ReplyDelete
  61. wah selamat ya teh mantab nih bisa kepilih btw merchandisenya lucuuu amat..semangat ya teh

    ReplyDelete
  62. Selamat ya, Mbak. Wah, menarik, nih, programnya Kocca. Sebagai anak drakor baru angkatan corona, aku jadi pengen tau lebih banyak soal Kocca dan program-programnya.

    ReplyDelete
  63. Wah, selamat ya, Mbak Lendy. Udah terpilih jadi K-Content Supporter. Menarik juga ya join Kocca Indonesia ini, merchandisenya lucu hehehe

    ReplyDelete

Berlangganan via Email