Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Alasan Menjadi Blogger

Bismillah,


27 Oktober - Selamat Hari Blogger Nasional

 

Hola sahabat lendyagasshi.

Senang sekali rasanya memperingati Hari Blogger Nasional yang dirayakan setiap tanggal 27 Oktober. Tahun ini dalam rangka Hari Blogger Nasional, Komunitas pertama yang aku ikuti di dunia blogger, yakni Warung Blogger (WB) mengadakan lomba menulis dengan tema "Kenapa saya menulis?"

Entah harus berapa kali aku mengingat-ingat "Kenapa saya menulis?", tapi satu yang pasti, sejak aku mulai memasuki dunia blogger, rasanya hidupku lebih berwarna. Selain mengenal sahabat blogger yang sangat humble dan baik hati, juga aku jadi banyak belajar dari para senior blogger, mengenai attitude, terutama. 

Jadi, sahabat lendyagasshi siap memasuki dunia blogger?
Yuk, aku ajakin berkelana mengenai apa saja asiknya menjadi blogger.

 

Alasan Menjadi Blogger



Alasan Menjadi Blogger

Aku dari dulu paling suka kata-kata "Kalau sudah cinta, ya..gak perlu alasan". Tapi setelah aku pikir-pikir, gak mungkin juga seseorang melakukan sesuatu hingga menjadi sebuah habit, kalau gak ada alasannya. 

Ini beberapa alasanku kenapa aku menjadi blogger beserta manfaatnya yang sudah aku tuliskan di blogpost berbeda. Mampir juga yaa..

Alasan Terbaik Menulis di Blog


Ajang Belajar Banyak Hal

Ya, pertama kali memulai menulis blog, niche yang aku tawarkan adalah parenting. Karena anak masih kecil-kecil dan lagi rajin-rajinnya menuntut ilmu di dunia pengasuhan. Maka disarankan oleh sahabat blogger, teh Shanty untuk membuat blog aja, Len.. Tulisannya dikumpulin di situ biar kalau ada yang membutuhkan ilmu itu, bisa dibaca orang lain.

Blog pertamaku di wordpress dan sampai sekarang masih ada nih, Family Stories. Mulailah berpetualang di dunia kepenulisan bersama ODOP, One Day One Post. Iya, aku bener-bener nulis setiap hari dengan tema yang so random.

Karena suka Drama Korea, musik dan beberapa hal unik sehari-hari, maka aku menisbatkan diriku adalah lifestyle blogger. Lalu belajar banyak dari sahabat blogger yang sudah duluan femes, Ibu Jerapah (yang kini beliau fokus pada keluarga) dan Uni Shona (yang juga fokus terhadap pendidikan ananda) mengenai optimasi blog dan apa saja yang diperoleh dari menulis.

Baca juga :

Komunitas Ibu Bahagia



Ajang Bertemu dengan Banyak Karakter Blogger

Dari satu komunitas aku memberanikan diri mulai membagikan tulisan blogku ke beranda FB. Lalu sesekali di share oleh sahabat-sahabat komunitas Ibu Profesional Bandung yang juga suka menulis dengan tema parenting.

Setelah itu, mulai berani masuk ke komunitas Blogger BDG dan berkenalan dengan lebih banyak karakter blogger. Oh, iya.. Karena aku bukan orang Bandung, jadi pertama kali ikutan kumpul bareng Blogger Bandung tuh berasa kikuk. Tapi emang dasarnya aku orangnya ember bocor, ya.. SKSD aja gitu yaa..

Hhehe...termasuk ke pengurus Blogger Bandung, Bang Aswi, Bang Ali, Teh Nchie, teh Efi, teh Tian, mba Alaika, Yasintha, Uwien, Bunda Intan, Ambu Maria, teh Nia, kang Raja, teh Ery, teh Nurul, teh Yayuk, teh Sugi dan sahabat blogger Bandung yang mohon maaf kalau terlupa disebut, murni karena belum ketemu lagi, kangen euuii~

Alasan Menjadi Blogger : Bergabung di Komunitas


 

Alasan Menjadi Blogger : Bergabung di Komunitas
Setelah SKSD dapet apa?

Dapet banyak brainstorming yang sampai sekarang menjadi pelajaran banget buatku, terutama dengan teh Nchie (sahabat ngalong), teh Efi (yang selalu kasih insight netral) dan Bang Aswi (yang super wise).

 

 

Bergabung ke Lebih Banyak Komunitas Blogger

Setelah SKSD dan ngobrol banyak dengan para blogger senior, aku pun memberanikan diri datang ke acara offline. Istilahnya ambil job yaa.. hehhee, uda mulai nih, galau. Karena kan kalau dapat job, nulisnya kudu soft selling. Terus biasanya klien suka sama blog yang sudah TLD nih.. gak pake embel-embel blablabla.wordpress.com atau blablabla.blogspot.com.

Akhirnya lendyagasshi resmi punya rumah baru.

 

Jalan berliku memilih nama dan akhirnya mantap pindah ke platform blogspot dari wordpress. Proses migrasi yang ternyata penuh air mata ((lebaaii-in dikit, hahah)) dan keringat bercucuran, akhirnya selesai. Beberapa kali gonta-ganti baju alias template, tentunya. Sampai pada titik saat ini, dengan pencapaian 593 blogpost.

Dalam perjalanannya, alhamdulillah... banyak sekali yang menempa blog lendyagasshi ini. Yang menyenangkan adalah berkenalan dengan lebih banyak komunitas blogger yang super super kece dan ternyata sangat baik hati looo..

 

Berkenalan dengan Warung Blogger (WB)

Iya, pertama kaliii banget tau istilah blogwalking itu yaa.. di WB. MashaAllah, sempat mengalami tuh..zaman-zaman dimana begitu dibuka share link, hanya butuh satu kedipan mata, 15 link sudah terisi penuh dan kita harus berkomentar positif ke setiap blog yang terdaftar.

Amazingly,
Blogku ada feedback!

Semakin semangat menulis lah yaa.. demi ikut BW. Gak peduli tuh..tulisan kaya apa, curcol juga diikutin BW. Dan dari sini, aku mulai mempelajari karakter menulis sahabat blogger. Dari mulai bagaimana menyambungkan niche dan ujung-ujungnya soft selling product sampai ilmu fotografi dan menulis sejarah juga review buku, film, juga drama.

Jadi, setelah BW, aku jadi kenal nih.. kalau disebut kak Susindra, sudah ada 3 branding yang bakalan aku pikirkan, blogger Jepara, ahli sejarah dan sesekali menulis review drama China (dengan sangat detil). Berbeda lagi dengan teh Dian Ravi. Kalau disebut nama teh Dian, aku selalu inget travelling blogger, rok tutu dan content viral (hihi..suka nyobain hal baru sih yaa.. kece banget). 

Lain lagi dengan kak Andhika (yang baru beberapa bulan ini, aku ikut-ikutan manggil kak Ucha). Kalau ada kak Ucha di wag, otomatis suasana wag jadi meriah aja.. Awalnya agak-agak kena culture shock sih.. hiihi~ karena di WB itu vibesnya santai banget. Dan dari sini, aku belajar mengenai berkomunitas yang nyaman tapi tetap menjaga attitude.


Arisan Blogger dari Blogger Perempuan

Masih terkenang sampai kini masih punya utang mengulas blog dari Arisan Blogger Perempuan, duh..maafkan geng Ijoeks. Dan dari sini, aku mulai belajar dengan banyak blogger senior yang rendah hati. Seperti kak Ima, kak Ety, kak Dian Ekawati, Ria Rochma, Elisa Monic, kak Mira, Mutia, Nyak Rotun, kak Rita, Titis, Nyi Penengah, Sintamilia, Asri, kak Mugniar, kak Lidhamaul, Ardiba, Dwi Puspita, kak Tya, kak Ipeh.

Alasan Menjadi Blogger

Dan dari arisan blogger ini, kami menemukan persaudaraan. Gak rutin bikin even, tapi sekalinya bikin, kita kumpul di zoom dan belajar bersama. Terutama yang memiliki skills tajam seperti kak Ety dengan fotografinya, kak Ima dengan konten youtube, Nyi dengan keywordnya dan kak Tya dengan bahasa Inggrisnya. 

Uwaah~
Hidupku kaya yaa..
MashaAllah~ Tabarakallahu.


Mengikuti Komunitas yang ada BW dan IW rutin

Nah, setelah rutin menulis blogpost dengan kualitas blogpost yang paling engga selang-seling 4 : 1 blogpost organik : sponsorpost, aku mulai berani nih.. ikutan grup yang ada BW-BWnya alias blogwalking.

Seringkali aku manaruh link di beberapa putaran, saking addictnya sama membaca blog sahabat blogger. Kenapa suka blogwalking? Kalau dibilang suka, aku yakin jawab, suka banget!

Mungkin karena salah satunya karena aku dulu pinginnya masuk jurusan psikologi yaa.. Yang kerjaannya dengerin orang curhat dan bercerita. Nah, dengan blogwalking, aku dapat banyak insight nih.. selain ceritanya biar bisa ngalir enak kaya blognya kak Echaimutenan gimana... kaya kak Ucig, kak Arinta. Apalagi curhatan penuh kontemplasi seperti blog kak Mira Sahid, Makpuh Indah Juli. Dan soft selling yang nyaman banget kaya blog Bu Dokter, Vicky Laurentina dan teh Nchie.

Atau kepengen jalan-jalan keliling dunia melalui tulisan dan foto yang indah, mainnya ke blog kak Indah Savitri, yang profesi utamanya adalah seorang dubes.

Mantap yaa..

 

 

Komunitas Blogger yang Bisa Diikuti

Warung Blogger (WB), Kumpulan Emak Blogger (KEB), Blogger Perempuan (BP), Blogger Bandung (Blogger BDG), Blogger Plus (Bplus), Blogger Crony, Mom Blogger Community, Blogger Ruang Tunggu (BRT), Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN).




Harapan di Dunia Blogger

Tentu setelah menyenangi dunia blogger, aku punya harapan-harapan, seperti :

Lebih paham mengenai Optimasi Blog

Ternyata menulis saja belum cukup yaa... Kudu ada yang namanya optimasi blog, agar blognya bisa dikunjungi orang. Kalau hanya menulis dan dibiarkan, juga gak apa-apa sih.. Tapi rasanya senang sekali kalau menulis lalu ada yang memberikan feedback positif gitu.. Apalagi datangnya dari unique PV.

Baca juga :

Alasan Blog Tidak Ramai Dikunjungi

 

Dan aku selalu inget pesan dari Makpuh, bahwa blog yang baik adalah yang selalu memberikan feedback positif bagi pembacanya. Klien akan lebih senang dengan blog yang memiliki komunikasi yang baik antara penulis dengan sang pemilik blog. Gak bisa tuh, maunya sendiri. Asal uda nulis, dibiarin aja gitu.. gak di optimasi, baik SEO on page, off page. Meski tetap mau gak mau, suka gak suka, tolak ukurnya tetep DA/ PA yaa..


Lebih Akrab Jalin Hubungan dengan Sesama Blogger

Ya, kaya TVRI gitu loo.. "Menjalin persatuan dan kesatuan". Harapanku, aku gak pengen menyakiti, baik secara lisan maupun tulisan dengan para blogger lainnya. Makanya, aku selalu menghindari konflik dengan menuliskan hal yang sedang viral di media sosial.

Sebisa mungkin, aku hanya menulis apa yang aku suka dan kuasai. Semoga gak bosen yaa.. sama review drama Korea dan Film Korea di blog ini dan lendyagassi.


 


Menjadi Diri Sendiri

Suka mencoba hal baru dan banyak hal yang bisa dipelajari saat menjadi blogger. Blogger kudu pinter cari konten, bikin video, bikin podcast ((kalau klien minta)), maka menjadi blogger berarti siap untuk menyelami dunia baru.

Bukan hanya branding, tapi juga menyuarakan isi hati. Hhehe, intinya... Jangan takut untuk beda dan jangan takut untuk ditiru orang lain. Misalnya blognya di copas. Ya, sekali lagi, semua itu akan dibuktikan dengan satu hal, yakni KONSISTEN.

Kalau konsisten melakukan hal tersebut terus menerus, maka kita akan menemukan "warna" tulisan kita sendiri. Dan kalau di copas tanpa mencantumkan sumber pun, biasanya sahabat blogger yang terbiasa membaca dan mengetahui gaya menulisnya, maka tentu tidak akan asing lagi.


 

Lebih Banyak Job

Hihi~ iya doonk yaa.. Doakan ya..sahabat lendyagasshi. Kata orang, menulis itu untuk bahagia. Tapi yaa, lebih bahagia kalau seperti kata Pak Ridwan Kamil bahwa 

"Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar."

Gimana?
Boleh-boleh aja kita berbeda perspektif yaa.. Yang penting, blognya gak kaya etalase-etalase amat. Mau kaya etalase juga sah-sah aja. Karena aku yakin, setiap blogger bisa memahami "ruang bermain"nya masing-masing.

Harapan terakhirku...


Berani Ikutan Lomba Blog

Huhu, ini tuh semacam kontemplasi juga sih.. karena kemarin abis dengerin kak Jihan, salah satu blogger yang sering menang lomba dan berhasil mengumpulkan penghasilan 30 juta dalam setahun. Coba bayangin, seger banget yaa.. blognya bisa menghasilkan segitu banyak cuan.

Pesan sahabat blogger yang sering ikutan lomba juga "Jangan takut ikutan lomba, karena dari 10 yang kita ikuti, menang 1 aja itu uda bagus banget. Syukur-syukur bisa semuanya menang. Asalkan jangan lupa usaha (riset keyword, kenali juri dan penuhi semua persyaratan lomba, juga jangan jadi DLners) sama jangan lupa berdoa."

Bener-bener...


Harapan lain ya...KONSISTEN menulis dan tidak terlalu banyak memikirkan komentar "pedas" dari pembaca. Karena aku pernah banget ada di kondisi di bawah karena terlalu overthinking memikirkan komen gak nyaman. Tapi begitu dapet komen yang bagus, aku jadi merasa jumawa. Dan ini jelek banget sih.. buatku. Jumawa jadi bikin aku malas menulis dan hanya hidup di angan-angan.

Jadi,
Tetap menulis di keadaan bagaimanapun. Tetap menuangkan pikiran dan jadikan komen negatif sebagai pemicu untuk terus bertumbuh.



Terimakasih, WB.

Yang sudah mengadakan lomba blog menyambut Hari Blogger Nasional. Semoga WB tetap kompak, tetap merangkul kami semua dan tetap memberikan kami semua ruang untuk berkarya.


Sukses selalu untuk Warung Blogger.


With love,





43 comments for "Alasan Menjadi Blogger"

  1. Akupun mendapatkan banyak ilmu dari ngeblog. Banyak teman dan nambah lagi, mengurangi gaptek. Hehehe, salut mbak, terus semangat ngeblog. Aku masih kadang muncul males-malesan gitu. Semoga tetap semangat nulis blog lagi, nih. amin...

    ReplyDelete
  2. Selamat Hari Blogger mbaa! aku pun terjun ke dunia blogger dari ketaksengajaan sebetulnya, eh nyemplung malah seru yaa!!! Betul-betul bisa belajar banyak hal dan dapet banyak insight baru. Momen paling menyenangkan buat ku sejak jadi blogger tuh bisa ikutan famtrip dan jalan-jalan ke beberapa daerah terus selama perjalanan bener2 bisa kenalan dan bounding sama blogger lainnya

    ReplyDelete
  3. Kyaaa ada namaku disebut jadi terharu Eoni. Makasih sudah selalu menjadi saudara terbaik yang dengerin keluh kesah recehku. Terus menulis kita, dan ngedrakor jalan terus hahha

    ReplyDelete
  4. Selamat Hari Blogger Mba Lendy. tetap semangat berkarya dan berbagi kepada orang banyak. Asyik ya jadi blogger itu, banyak keuntungannya. Bisa kenal banyak teman dari manapun. Bisa dapat endorse dan pastinya cuan. Yang lebih penting bisa berbagi dengan orang lain. Nice sharing Mba Lendy.

    ReplyDelete
  5. Selamat Hari Blogger Nasional ya teh
    terus semangat buat tetap blogging
    emang paling hepi adalah hobi yang dibayar

    ReplyDelete
  6. Awalnya aq hanya untuk melampiaskan hobi, tapi setelah terjun lama akhirnya dapat banyak manfaat dari ngeblog seperti yang ditulis diatas

    ReplyDelete
  7. sungkem ternyata udah cukup lama ya jadi blogger n kenal dedengkot blogger bandung banyak beud hihihi, moga terus menginspirasi lewat blog ini ya mbak lendy

    ReplyDelete
  8. Setuju banget kak. Jadi blogger itu seru. Aku bisa belajar banyak hal, bahkan di luar jurusan dan keilmuan yang aku pelajari di bangku pendidikan. Selain itu juga bisa kenal banyak teman dari berbagai kalangan.

    ReplyDelete
  9. Dulu, aku nggak kepikiran sih menjadi blogger akan seasyik ini. Awalnya aku hanya ingin mengumpulkan semua cerita khayalanku saja. Hehehe

    ReplyDelete
  10. Suka nulis, otomatis baca juga. Tentu kalau sudah menjadi hobi, betapapun sibuknya ngeblog akan selalu dilakoni :) Apalagi saat blog walking kita bisa mendapatkan banyak insight dari bloggers yang banyak pengalaman hidup maupun menulisnya yang keren2. Banyak teman, banyak job di mana2 itu seru bangeeed ya mbak :D

    ReplyDelete
  11. masyallah memang luar biasa perjalanan menjadi blogger itu ga disangka2.. apalagi job2nya itu hehehe

    ReplyDelete
  12. Keren banyak job n banyak teman juga selalu menang lomba. Tambah sukses ya mba

    ReplyDelete
  13. Bersyukur ya mbak bisa punya lingkungan yang mendukung passion kita. Perjalanan menjadi blogger itu memang luar biasa sih ya mbak. Btw aku tu pemalu bangte, kira2 bisa nggak ya berbaur dengan teman2 yang sudah jago2 itu?

    ReplyDelete
  14. Selamat hari Blogger, teeh. Aku dulu pengen ngeblog tu karena seneng nulis dan curhat di diary. Sampai akhirnya ketemu film yang nyeritain dia punya blog. Abis itu jadi deh bikin blog yang beneran curhat mulu tulisannya, haha. Segala antri dan masak mie mu ceritain, hihihi.
    Doain yaaa aku bisa sekeren Teh Lendy.
    Blog ku bisa bagus kaya gini, tulisanku juga bisa sebagus ini, kontennya menarik, dan yang jelas bisa konsisten nulis, haha. Ini PR banget ya Allah, huhu.

    ReplyDelete
  15. Aih suka baca tulisannya. Panjang juga perjalanan Teh Lendy ya. Kagum aku tuh. Udah sekian lama ngeblog masih konsisten dan rajin aja. Aku yang blognya masih bau kencur ini aja suka males nulis. postingannya kala2 ada, kala2 tidak.. Haduh. Sungkem deh ama teteh. TOP banget.

    ReplyDelete
  16. Selamat Hari blogger juga mba Lendy. Aku pun sering mampir ke mba Lendy karena review filmnya. Kadang2 kalau ada sahabat di grup yg nanya soal film apa nih yg enaknya kita tonton bareng lalu diulas bareng2 juga? Aku selipin tuhh postingannya mba Len.
    Btw aku pun sama. Selain karena hobi yang dibayar, alasanku ngeblog karena juga ingin belajar banyak hal di luar sana.. alhamdulillah dari ngeblog aku dapat banyaaaak banget ilmu yang ngga kubayangkan

    ReplyDelete
  17. Selamat Hari Bloger Teh Lendy yang selalu 'meracuniku' dengan review drakor terbaru. Haduh, kalau gak main2 ke blog Teteh pastinya aku belum jadi penikmat drakor, haha. Ingat Kak Lendy, ingat drakor dan list BW nomor 25, haha

    ReplyDelete
  18. Awalnya ngeblog cuma pengen belajar nulis aja. Eeh taunya keasikan sampe sekarang masih ngeblog. Banyak ilmu, pengalaman dan relasi setelah ngeblog 4 tahun.. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  19. Wah banyak juga ya mba Lendy alasannya menjadi seorang blogger, aku jadi mikir juga aku alasanya apa ya dulu milih jadi blogger

    ReplyDelete
  20. mari bersama menjadi blogger yang menebar manfaat uni, semoga menjadi amalan kita ya aamiin

    ReplyDelete
  21. Hahaha ya ampun ada ijoek melambai-lambai... hutangku belum lunas euy... yuk ah lunasin hutang cemangadd..cemangadd.... Cemangad ngeblog juga ya....

    ReplyDelete
  22. Kalau aku apa ya...?

    Awalnya sih pengen kerja tapi selalu kebentur sama waktu. Jadilah nulis dan jadi blogger sampe sekarang

    ReplyDelete
  23. Kalau aku senang banget jadi blogger karena selain menambah teman juga jadi bisa nambah wawasan juga. Karena saat kita menulis kita juga harus mencari berbagai macam informasi yang akurat. Selain tiu juga bisa kerjasama dengan berbagai macam brand.

    ReplyDelete
  24. Mari menjadi blogger yang menebar manfaat melalui tulisan. Semoga makin banyak job di blog, makin banyak ketemu saudara baru berkat blog. Kapan-kapan kalau saya ada tugas ke Bandung, kita ketemuannya ya....

    ReplyDelete
  25. Saya juga menemukan keasyikan di dunia blogging. Awalnya sih cuma untuk sekadar curhat, maklum waktu itu anak-anak masih kecil dan saya di rumah saja. Belajar deh nulis di Multiply. Nah sekarang saya bersyukur banget, seperti Mbak Lendy tulis di atas banyak sekali manfaat yang telah saya nikmati dengan jadi blogger. Semoga blogging terus eksis ya mbak

    ReplyDelete
  26. Selamat Hari Bloggers!
    Senaaanggg bisa berkontribusi memberikan konten2 positif di ranah digital.
    Semoga ini tercatat sebagai amal jariyah kita ya sist.

    ReplyDelete
  27. Banyak hal indah yang didapat dari kegiatan blogging ya Len. Alhamdulillah. Semoga lancar terus ngeblognya, semakin banyak hal baik didapat, dan semoga semua tujuan baik dapat tercapai. Aamiin

    ReplyDelete
  28. menyenangkan yaa memang jadi blogger itu, apalagi kalau ikutan komunitas jd punya banyak teman dan tulisan2 mereka jg bisa dijadikan ide.

    ReplyDelete
  29. Benar banget ya perlu jadi diri sendiri dalam mencari ilmu dan syaring soal konten baik ya, mantap deh ceritanya. Jadi blogger emang seru banget!

    ReplyDelete
  30. PR ku sekarang punya blog dengan niche yang lebih spesifik Lend..dan pengen coba adsense hahaha

    ReplyDelete
  31. MasyaAllah mbak, keren banget perjalanannya ngeblog. Kalau saya baru ngeblog serius dan otimasi blog tahun 2016, meskipun bergabung dengan KEB dan Blogger perempuan tahun 2012-an. Namun agak lambat memang saya karena jarang bertemu dengan teman-teman blogger karena saya tinggal di Malaysia. Begitu back for good, tahun 2016 alhamdulillah akhirnya bisa serius ngeblog dan bertemu dengan teman teman blogger di Jakarta.

    ReplyDelete
  32. Semua blogger yang disebutkan itu pernah aku sambangi juga blognya. Ah iya, apa kabar ibu Jerapah, aku lama gak pernah mampir di blog nya.

    Senang ya menjadi blogger, banyak udah keistimewaan yang udah kita terima. Dari belajar ilmu baru, bertemu orang baru, sampai bersahabat dalam komunitas yang saling menginspirasi. Memang kalo kita mencintai hobi dan berupaya melupakan dengan sepenuh hati, bakal menjadi ladang rejeki. Semoga kita selalu diberikan kesehatan, tetap semangat menulis, dan saling support sesama blogger.

    ReplyDelete
  33. Aamiin ... Semoga Makin sukses berkah ngeblognya Mbak Len.
    Tulisanmu sangat berkarakter lho apalagi kalau udah review drakor. Mendalam dan selalu ada pesan moral

    ReplyDelete
  34. iya ya teh
    salah satu manfaat jadi blogger adalah bisa ketemu banyak teman blogger
    duh jadi kangen acara liputan bareng temen blogger nih

    ReplyDelete
  35. Aku tuh sebenarnya awal menulis itu menulis fiksi, eh tersedat ke dunia blogger yang menyenangkan dan penuh warna. Dan blog emang salah satu alasan buat aku tetap menulis karena sekarang aku yg pernah nulis fiksi tapi nulis postingan blog...heheh

    ReplyDelete
  36. Yuhuuuu, namaku disebut-sebut aja, pantesan panas iniii dari kemaren2.
    Alhamdulillah ya Len, menjadi blogger penuh berkah, menjadi orang kuayaaa, yeaay.
    Semoga terus konsisten,dan jadilah blogger yang ada apanya, bukan apa adanya.
    Tetep rendah hati dan ingat pesenku, beri reward dirimu dengan menghargai berapa nilai dirimu yang pantas.
    Happy Blogging, sahabat ngalong!!
    Selamat hari Blogger buat kita semua.

    ReplyDelete
  37. wb itu komunitas blogger sebelum keb selain komunitas blogger daerah saat itu.
    alhamdullillah ya dari blogger jadi kita kenalan dan aku jadi suka drakor *eh gimana

    ReplyDelete
  38. Waaah sama donk ya pas pertama-tama ngeblog dulu juga kenalnya sama warung blogger.. isinya blogger senior semua.

    ReplyDelete
  39. Saya baru gabung di FB grup aja kalau Warung Blogger. Emang nih dedengkotnya bloger ada di sana semua. Dan banyak yang masih eksis sampai sekarang. dari blog juga saya kenalan dunia maya sama teh lendy trus keracunan drakor, kekeke

    ReplyDelete
  40. Komunitas blogger pertama yg saya ikuti Emak emak blogger, 9 tahun lalu. Akh serulah ngeblog itu

    ReplyDelete
  41. Salah satu blog favoritku nih lendyagashi dot com dan kembarannya blog satu lagi. Aku jadi tahu update drakor dan film korea dari sini. meski bukan pengikutnya aku jadi nambah wawasan kan..Sukses terus ngeblognya ya kak...

    ReplyDelete
  42. Aku juga merasakan banyak perubahan dna manfaat setelah terjun menjadi blogger. Terutama ilmu dan pertemanan. Jadi lebih banyak ilmu dan luas pergaulan.

    ReplyDelete
  43. Makasih Uni selalu menyadarkan dan reminder buat diri sendiri juga nih
    semangat menulis kita

    ReplyDelete