Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Dibawa

Bismillah,

 

7 Oleh-Oleh Lezat Khas Malang yang Wajib Dibawa Sepulang Liburan.
Hola sahabat lendyagasshi.


Kalau sahabat lendyagasshi sedang berjalan-jalan keliling Jawa dan kebetulan mampir ke Malang, maka jangan lupa untuk mencoba beberapa kuliner khas Malang yang khas. Seperti yang kita ketahui bahwa kekayaan Indonesia mencakup seluruh wisata, budaya sampai keanekaragaman masakan khas setiap kota di Indonesia yang wajib dicoba.

Malang.

Apa sih yang sahabat lendyagasshi ingat tentanf Kota Apel ini?
Pastilah teringat akan hawanya yang sejuk dan panoramanya yang indah pasti bikin sahabat selalu tak sabar ingin kembali ke Malang. 

Jika ingin liburan ke Malang naik kereta, sekarang sahabat bisa memesan tiket secara mudah melalui Traveloka. Sebagai salah satu Online Travel Agent (OTA) terkemuka di tanah air, Traveloka senantiasa siap memfasilitasi liburanmu agar semakin lancar dan menyenangkan. 

Baca juga:
Menjajal Tol Trans Jawa, Jakarta - Surabaya
5 Tempat Wisata Khas Jakarta

 

Sistem Traveloka akan membantumu menemukan jadwal kereta api terbaik sesuai bujet saat kamu mau liburan ke Malang. Tak perlu repot membeli tiket di stasiun karena proses booking dan pembayaran bisa dilakukan melalui website atau aplikasi Traveloka.

Nah, kalau sahabat berhasil mewujudkan rencana liburan ke Malang dalam waktu dekat, jangan lupa membawa pulang beberapa oleh-oleh lezat ini sebagai buah tangan yang istimewa.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Malang

 

7 Oleh-Oleh Khas Malang

Keripik Buah

Membahas soal oleh-oleh khas Malang tentu belum lengkap tanpa menyebut keripik buah. Malang memang dikenal sebagai daerah penghasil buah berkualitas sehingga banyak produk olahan buah yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh, salah satunya yaitu keripik. Varian keripik paling populer dari Malang adalah apel serta aneka jenis buah lainnya seperti nangka, salak, mangga, buah naga, dan nanas. Selain lezat, keripik buah khas Malang sangat cocok dijadikan buah tangan karena tahan lama.

Keripik buah khas Malang
source : website About Malang
 

Strudel Malang

Apakah kamu familiar dengan strudel khas Malang?

Strudel adalah olahan kue asal Austria yang terdiri dari kulit pastry dengan bahan isian berupa buah-buahan. Kombinasi pastry renyah dengan sensasi buah yang segar membuat cita rasa strudel jadi berbeda dibandingkan jenis kue lainnya. Sekarang, strudel dengan isian apel menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang yang nikmat dan tak boleh dilewatkan. Selain apel, kini varian rasa strudel Malang juga sangat bervariasi, antara lain cokelat pisang, coklat keju, dan strawberry.

Baca juga:
Rekomendasi Oleh-oleh Khas Medan

Oleh-oleh Khas Malang Strudel
Malang Strudel rasa pisang cokelat


Sari Apel

Sebagai daerah yang populer dengan komoditas berupa apel, tentu saja Malang punya banyak oleh-oleh menarik yang terbuat dari apel. Salah satunya yaitu sari apel. Produk sari apel khas Malang terbuat dari apel murni yang kualitasnya terjaga. 

Setelah disortir, apel akan dicuci bersih dan dipisahkan dari bijinya kemudian digiling dan diperas agar menghasilkan sari apel. Bahkan, sari apel khas Malang kini diproduksi dengan kemasan modern sehingga mudah dibawa, higienis, dan tahan lama.

Oleh-oleh Khas Malang Sari Apel Malang
Minuman segar Sari Apel Malang


Ledre Pisang

Ledre adalah camilan yang terbuat dari campuran pisang, tepung ketan, parutan kelapa muda, air, gula, dan garam. Jika dilihat sekilas, ledre pisang memang mirip dengan kue semprong. Teksturnya renyah dan aromanya khas pisang sehingga disukai banyak orang. Pengemasan yang apik dan modern membuat ledre pisang cocok dijadikan oleh-oleh sepulang berlibur dari Malang.

Oleh-oleh Khas Malang Ledre Pisang
source : shopee (gabrielandrewicaxono)
 

Sst..ini camilan terenak sih, kalau versi aku. Soalnya kulit rasa pisang yang disebut ledre ini aseli gak bikin eneg sekaligus ada taburan sedikit gula di dalam setiap gulungannya, menambah rasa krenyeess krenyeess kalau dimakan.

Jadi saranku, jangan pernah beli sedikit.
Kalau untuk oleh-oleh dan teman perjalanan, ledre pisang oleh-oleh khas Malang wajib beli lebih banyak.


Keripik Kentang Malang

Rasa keripik kentang khas Malang sangat berbeda dengan keripik kentang biasa yang kerap dijual di minimarket atau supermarket. Kentang Malang menghasilkan keripik berwarna putih dengan tekstur lebih padat tetapi tetap renyah. Penambahan bumbu pada keripik kentang khas Malang membuat rasanya makin gurih dan bikin ketagihan. Tak mengherankan jika keripik kentang Malang selalu laris manis diburu para wisatawan.

Oleh-oleh Khas Malang Keripik Kentang
source: website fimela


Aneka Olahan Ubi Ungu (Telo)

Malang juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ubi ungu berkualitas di Pulau Jawa. Persediaan ubi ungu yang melimpah sepanjang tahun membuat masyarakat lokal berinisiatif mengolahnya menjadi aneka camilan lezat, mulai dari keripik, pia, hingga brownies kukus. Aneka olahan ubi ungu tersebut bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau sehingga tak perlu khawatir pengeluaran saat berlibur jadi boros karena membeli oleh-oleh yang satu ini.

Oleh-oleh khas Malang Aneka Olahan Ubi Ungu
source: tiketdotcom

 


Pia Cap Mangkok

Bukan hanya Yogyakarta yang terkenal dengan oleh-oleh berupa bakpia. Malang juga punya oleh-oleh serupa yang bernama Pia Cap Mangkok. Makanan yang satu ini sangat digemari karena cita rasanya lezat. Pia Cap Mangkok terbuat dari adonan kulit renyah yang dikombinasikan dengan aneka bahan isian. Awalnya, pia ini hanya menggunakan isian berupa kacang hijau. Namun, kini pilihan rasanya lebih beragam, yaitu coklat, keju, tangkwe, durian, dan green tea.

Oleh-oleh khas Malang Pia Cap Mangkok
Source : indozone




Jadi, oleh-oleh mana nih yang paling menarik perhatian sahabat lendyagasshi?

Jangan lupa siapkan bujet khusus untuk membeli oleh-oleh agar orang-orang terdekat bisa mendapat buah tangan istimewa setelah sahabat pulang liburan, ya.

Kuy, kita menikmati liburan ke Malang.


Selamat Berlibur.

 

With love,



22 comments for "7 Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Dibawa"

  1. waaaa....ledre pisang, pernah dan setuju, lezat pisannnn
    bisa ngunyah ledre pisang bertoples-toples tanpa kerasa
    hihihi suka atau rakus?
    saya baru tau nih ternyata banyak banget oleh2 malang
    Mau solo traveling ke sana ah

    ReplyDelete
  2. Setiap baca artikel tentang kota Malang, saya kok selalu jadi kangen dengan kota tempat saya menuntut ilmu ini. Teringat betapa nyamannya kota ini di tahun 80-an, periode dimana saya bisa menikmati udara yang bersih, air yang jernih dan masih minim kendaraan.

    Beberapa kali balik kesana, satu camilan yang menjadi favorit saya tuh adalah keripik kentang. Ada satu produsen keripik kentang yang berlokasi di Batu. UKM rumahan, tidak memiliki offline store, tapi selalu padat dengan kunjungan konsumen dan pesanan-pesanan dalam quantity yang besar.

    Tuh kaaaann jadi pengen ke Malang hahahaha.

    ReplyDelete
  3. Strudel khas Malang tuh emang udah terkenal dimana-mana ya mbak. Gak salah jadi oleh-oleh favorit soalnya rasanya emang enak banget. kami dulu pernah dikasih teman kantor suami yang eang asli Malang.

    ReplyDelete
  4. Memang gak bisa dilewatkan nih buat dijadikan buah tangan.
    Apalagi srudel, ledre, ubi nya enak-enak kelihatannya. Pankapan ke Malang, ini jadi rekomen buat daku

    ReplyDelete
  5. Saya jarang banget beli oleh-oleh kalau ke Malang sih, tapi kalau pas ingat saya lebih suka beli keripik sih, atau apel hijau karena di sana lebih segar.

    Emang di Malang surganya keripik dan apel :D

    ReplyDelete
  6. Pia cap mangkok belum pernah cobaa akutuu..
    Malang selalu ngangeni termasuk karena oleh-oleh khasnya. Hampir tiap mudik selalu ke kota ini. Rencana libur sekolah kemarin pun mau ke Malang tapi karena anakku sakit jadi pending dulu. Smoga Desember nanti. Noted, list oleh-olehnya, ntar nyariiii

    ReplyDelete
  7. duh saya kok ngiler dengan olahan ubi ungu-nya yaa, warnanya menggoda banget dan kayaknya lezat

    ReplyDelete
  8. Ledre tuh bukannya dari Bojonegoro ya? Tapi, memang dibeberapa toko oleh-oleh di Malang, ledre pisang banyak ditemukan juga

    ReplyDelete
  9. Tahun 2016 ke Malang saya belum nemu ledre pisang ya kayaknya. Tapi saya justru udh pernah jadi reseller keripik buah khas malang...

    Wktu itu beli di toko oleh oleh malang memang banyak banget pilihannya. Macam kerupuk dan keripik mpe binguung milihnya.

    Yg pasti harus dibawa ya buah apelnya. kecil2 hijau dan rasanya rada asem segerr...



    ReplyDelete
  10. Malang strudel, favoritku banget sejak dulu
    Itu kombinasi coklat dan pisangnya enaaak banget
    Ou, sama aneka kripik buah. Semua enak klo kripik buah dari Malang
    Beda rasanya dengan kripik buah dari daerah lain

    ReplyDelete
  11. Wah recommended banget ini mah.. Biasanya Mentok jedok cukup sama apel-apelan sama kripik-keripik..

    ReplyDelete
  12. Bener banget nih, sebagai salah satu orang Malang, kalau lagi ke luar kota biasanya aku juga beli Pia Mangkok kak. Kalau boleh nambahkan biasanya juga bisa beli Keripik Tempe, ini juga khas Malang

    ReplyDelete
  13. Wah semua oleh-oleh Malang itu rekomen semua lho kak Len, apalagi keripik buah sama keripik tempe. Main dong ke Malang kak Len, hehehe. Oh ya btw Pia cap Mangkok ini beneran enak lho, apalagi banyak variasi rasanya. Cocok buat suguhan tamu juga.

    ReplyDelete
  14. Liburan lebih seru pulangnya beli oleh2.. Tpi diantara 7 makanan, sy lebih tertarik ke pia cap mangkok dan ledre pisang.

    ReplyDelete
  15. Ya Allah pengen semua wkwkwk.. sekarang makin beragam ya olahan khas daerah tuh buat oleh-oleh jadi makin menguras kantong kalau liburan wkwkwk.. tapi makin happy :) karena hati senang perut kenyang meski kantong bolong hihi

    ReplyDelete
  16. Yaang aku sukaa tuh kripik apel, enaak gak krispi banget tapi agak mlempem manis sepet. Kripik apel.emang unik yaa ....
    Aaah jadi kangen Malang akuu kak lendy (gusti yeni)

    ReplyDelete
  17. Wah habis dari Malang ya...asik memang oleh2nya aneka rupa ya dan enak-enak. Klu ke Malang kabri ya sapa tahu bisa kopdar hehe

    ReplyDelete
  18. Aku tinggal di Malang tp baru pernah makan strudel sama keripik buah doang. Penasaran sama pia cap mangkok sih, legend ya.

    ReplyDelete
  19. Banyak ya pilihan oleh-oleh kulinernya. Aku paling penasaran yang ledre pisang nih. Gimana ya rasanya? Hmm

    ReplyDelete
  20. Aku penasaran sama pia mangkok. Kata orang enak. Tapi aku lom nyoba. Padahal aku arek Malang loh. Hiks

    ReplyDelete
  21. Wew, endul banget tuh oleh2 berbahan telo (ubi jalarnya). Nanti kalo pas ke Malang bisa coba beli oleh2 ini tuk dibawa ke Lampung. Btw, kalo di Lampung olahan dari telo atau pisang biasanya dibuat keripik pisang dengan berbagai rasa (rasa rumput laut, sambal balado, cokelat, melon, dll).

    ReplyDelete
  22. Ternyata oleh-oleh malang banyak juga ya, Mbak.
    Saya baru tahu, soalnya belum pernah ke malang. Malah dulu tahunya hanya apel malang hehehe.
    Semoga nih, segera bisa ke Malang, soalnya hampir ke sana, tapi stop di Surabaya hehehe.

    ReplyDelete