Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Berhubungan Suami Istri Sesuai Sunnah

Bismillah,


Tips Berhubungan Suami Istri sesuai Sunnah.
Hola sahabat lendyagasshi.


Bagi pengantin baru yang sama-sama baru mengenal kepribadian satu sama lain, tentu awal-awal tahun pernikahan menjadi momen yang sangat berat. Usia 5 tahun pertama pernikahan adalah hal yang penuh kejutan. Tidak hanya menghadapi momen menyenangkan, namun juga sedih, bahagia, surprised sampai kejutan lain yang tidak ditemui saat masih pacaran.

Ujian 5 tahun pernikahan selain masalah komunikasi, biasanya badai yang kerap muncul adalah masalah ekonomi, masalah dengan kebiasaan pasangan yang ternyata menyebalkan hingga masalah terhadap keluarga pasangan yang mungkin bikin lelah, apalagi masih tinggal di rumah orangtua.


Baca juga:
Rumus Manis Rumahtangga Harmonis
Kelola Keuangan Based on Zero Budgeting


Namun, jangan putus asa untuk terus mencari kecocokan terhadap pasangan karena seperti yang dituliskan dalam hadits, tujuan dalam menikah adalah menyempurnakan separuh dari agama.

Jika seseorang telah menikah, berarti ia telah menyempurnakan separuh agama. Maka hendaklah ia bertakwa kepada Allah pada separuh sisanya.”


Yang dimaksud dengan menyempurnakan agama di sini salah satunya adalah dengan menikah, membuat hati menjadi tenang, gak galau-galau lagi dan menghindarkan diri dari perilaku zina. Selain itu, pernikahan juga bertujuan untuk saling mencurahkan kasih sayang dan saling bersedekah memberikan nafkah.

Jika seorang Muslim memberi nafkah kepada keluarganya, dan ia berharap pahala dari itu, maka nafkah tersebut bernilai sedekah.

(HR. Bukhari no. 5351)


Jadi, meski mungkin awal-awal menikah itu stres karena tidak bekerja lagi di ranah publik dan hanya fokus pada mengurus rumah tangga, namun ingatlah bahwa setiap yang kita lakukan ini bisa jadi bernilai ibadah jika diniatkan untuk membahagiakan pasangan.

Kali ini, kita kupas sedikit yuk..mengenai cara berhubungan suami-istri yang baik sesuai sunnah. Semoga bisa dipraktekkan dan mendapat pahala dariNya. Aamiin~

Diri Online Clinic



Berhubungan Suami Istri Sesuai Sunnah

Mengapa apa-apa yang kita lakukan harus sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an dan Al-Hadits?

Salah satu jawabannya adalah karena apabila sesuai tuntunan Al-Qur'an dan Al-Hadits, maka sudah bisa dipastikan jalannya benar, membuat hati nyaman dan yang terpenting adalah semua yang dilakukan pada akhirnya mendapatkan ridlo Allah sehingga mendapat pahala.

Ya, hidup di dunia ini apalagi yang dicari yaa..selain keberkahan dan ketenangan.

Sehingga, bagi yang mempertanyakan mengapa aku memilih menikah dan mengakhiri hidup sendiri, jawabannya semata-mata bukan hanya demi hari tua yang gak sebatang kara, tapi lebih kepada semoga dengan menikah memberikan banyak manfaat.

Termasuk manfaat saling memberikan sedekah terhadap pasangan, yakni dengan berhubungan setelah menikah. Lakukan beberapa hal berikut ini agar penuh keberkahan, in syaa Allah.


Pertama, Mandi, Berwudu dan Sholat 2 Rakaat Terlebih Dahulu

Untuk bertemu dan menyenangkan pasangan, tentu hal ini gak boleh terlewatkan, yakni membuat seluruh badan bersih dan wangi. Tidak perlu berlebihan dan jangan lupa untuk membersihkan area gigi dan mulut sehingga lebih nyaman dalam berkomunikasi.

 

Baca juga:
Rekomendasi Pasta Gigi Halal
Tips Merawat Gigi


Main-main (yang bermanfaat) itu ada tiga: engkau menjinakkan kudamu, engkau menembak panahmu, engkau bermain-main dengan istrimu.

HR. Ishaq bin Ibrahim Al Qurrab dalam Fadhail Ar Ramyi no.13 dari sahabat Abud Darda, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami 5498


Agar mengurangi kecanggungan, maka disunnahkan untuk sholat 2 rakaat sebelum berjima'. Abu Sa’id berkata: para sahabat radhiyallahu ‘anhum memberitahukanku dan mereka berkata:

Jika kamu masuk menemui istrimu maka shalatlah dua raka’at, kemudian mohonlah kepada Allah kebaikan yang dimasukkan kepadamu, berlindunglah kepada Allah dari keburukannya, kemudian setelah itu terserah urusanmu dan istrimu.” 

HR. Ibnu Abu Syuaibah dalam Al Mushannaf

 


Kedua, Niat dan Berdoa

Jangan lupa, sebelum jima' (berhubungan seksual) antara suami dan istri, keduanya hendaknya tidak lupa untuk berdoa terlebih dahulu. Berikut doa sebelum jima', jangan lupa hapalkan dan dibaca setiap sebelum melakukan jima' agar tidak diganggu oleh syaithon dan jika menjadi keturunan, akan jadi keturunan yang sholih sholiha serta dijauhkan dari berbagai penyakit atau kesulitan.


بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا


Artinya:

Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

doa sebelum bersenggama sesuai sunnah



Ketiga, Dilakukan dengan Santai

Sunnahnya melakukan jima' antara suami dan istri adalah didahului dengan cara yang baik, untuk menyenangkan hati pasangan. Perlu sekali ya, yang namanya foreplay dengan penuh kasih sayang sehingga timbul perasaan cinta dan kasih sayang antara keduanya.

 

cara menambah stamina pria

Apabila terjadi kendala performa pada pihak laki-laki atau yang sering disebut dengan impotensi dan ejakulasi dini. Maka hal ini akan bisa mengalami penurunan pada tingkat kekuatan atau kekakuan ereksi.

Salah satu cara menambah stamina pria, maka perlu sekali Obat Kuat Penambah Stamina yang kini sangat direkomendasikan karena Diri (salah satu produsen obat sudah memiliki sertifikasi di Indonesia) memproduksi bahan baku untuk produk racikan Diri yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Food and Drug Administration (FDA). Obat dan produk Diri dipersiapkan di fasilitas kesehatan yang memenuhi standar. 

Sebelum konsumsi obat tersebut, disediakan layanan konsultasi gratis mengenai performa dan kendala yang sedang dialami oleh dokter terpercaya. Cara berkonsultasinya bisa membuka website berikut ini

https://diricare.com/keluhan/performa-pria


Bisa juga mencoba berbagai variasi dalam berjima' terhadap pasangan. Karena dalam Al-Qur'an hal ini disunnahkan agar bisa menghindari kebosanan dalam bercinta. 


نِسَاۤؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ ۖ فَأْتُوْا حَرْثَكُمْ اَنّٰى شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ مُّلٰقُوْهُ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِيْنَ


Artinya:

Istri-Istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dengan cara yang kamu sukai. Dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu.



Keempat, Ditutup dengan Berdoa

Bersyukur dengan rejeki yang dilimpahkan Allah berupa pasangan yang sholih sholiha, sehat jasmani dan rohani serta lemah lembut. Sehingga setelah berjima' jangan buru-buru menyudahi, namun ditutup dengan suami memegang kening istri dengan tangannya seraya membaca doa:

 

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ


Artinya: 

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk kebaikan dirinya dan kebaikan tabiat (sikap atau perilaku) yang dia bawa.

Dan aku berlindung dari kejelekannya (keburukannya) dan kejelekan tabiat (sikap atau perilaku) yang ia bawa.

(HR. Bukhari)



Dan perlu sahabat lendyagasshi pahami, bahwa dalam berhubungan suami-istri ada juga pantangannya.

 

 

Larangan dalam Hubungan Suami-Istri Menurut Islam

Islam adalah agam yang indah dan sangat menghormati wanita. Sehingga ketika turun berbagai kemudahan dan datang pula larangan untuk memuliakan wanita. Diantara larangan dalam berhubungan suami-istri dalam Islam adalah

Berhubungan lewat dubur

Melakukan hubungan suami-istri saat sedang haid

Bersetubuh saat masa nifas

Berhubungan seks pada siang hari bulan Ramadan

Berhubungan intim saat i’tikaf di masjid

Bersetubuh tanpa foreplay

Bergosip tentang ranjang

**Larangan hubungan suami-istri dalam Islam ini diharamkan menyebarkan rahasia pasangan saat di ranjang. Jangan membanggakan atau mempermalukan salah satu pasangan dengan berbicara soal seks kepada orang lain.

 

Nabi Muhammad sholallahu 'alaihi wa salaam bersabda;

Sesungguhnya manusia terburuk di sisi Allah pada Hari Kiamat ialah laki-laki yang bersetubuh dengan istrinya, atau istri bersetubuh dengan suaminya, kemudian ia menyebearkan rahasianya.

(HR. Muslim)


Sesungguhnya, semua yang diperintahkan dan dilarang dalam hidup ini tentunya mengandung hikmah dan pelajaran tersendiri. Tak jarang, setiap larangan ini kalau ditilik dari sisi medis, tentu membawa kebaikan untuk manusia.

Semoga catatan kecil ini bisa membantu pasangan yang baru menikah atau pasangan seperti kami, sudah 12 tahun menikah dan semakin menambah kehangatan dalam rumah tangga.


Salam hangat,



48 comments for "Berhubungan Suami Istri Sesuai Sunnah"

  1. Tumben nulis beginian. Kirain tadi ada drakornya sebagai referensi hi hi hi.. Terima kasih tipsnya. Semoga setiap rumah senantiasa dihiasi cinta penuh berkah. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cubit akuuu, kak Farida..
      Ini lagi mimpi atau engga?? ((hahahha))

      Delete
    2. Kadang yang udah pengantin lama suka lupa hal2 begini. Terima kasih Sudah diingatkan, ya

      Delete
  2. Artikelnya berfaedah sekali Bundaaaa 😂
    InsyaAllah sangat bermanfaat utk pasutri demi melangsungkan generasi anak sholeh / ah

    ReplyDelete
  3. sudah ada hukum yang sesuai dengan agama, jika dijalankan dengan baik tentu memberikan manfaat bagi pasangan dan mempererat hubungan suami istri

    ReplyDelete
  4. Berhubung badan dengan baik dan tanpa menyakiti istri maka keduanya bisa mendapatkan kebahagiaan.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah ya, ada layanan konsultasi penambah stamina ini. Jadi bisa lebih paham ya soal produknya gimana dan bakal sesuai dengan kondisi tubuh yang akan mengkonsumsi penambah stamina.

    ReplyDelete
  6. terima kasih banyak ya mbaaa... jadi lebih mantap dan tenang jika kita juga berbekal dengan pengetahuan yang cukup tentang jima' sesuai dengan sunnah baginda nabi tercinta. Thanks for sharing it mba

    ReplyDelete
  7. Insight sih ini buat daku kedepannya.
    Apalagi memang segala sesuatu harus diawali dengan doa dan ditutup dengan doa juga ya Teh, biar berkah

    ReplyDelete
  8. Uhuuy bermanfaat banget nih artikelnya, baik buat manten anyar maupun manten lawas hehehe :P
    Wah ada obat penambah stamina dari Diri? Aku baru tau brand ini. Klau duah aman gtu jadi tenang konsumsinya ya mbak TFS

    ReplyDelete
  9. Ilmu seperti ini penting dan harus dilaksanakan sebagai umat yang mengimaninya.

    Rata-rata pengantin baru pasti bingung yah mengenai hal seperti ini dan juga reminder buat penganten yang udah lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju ini ilmu penting banget. Jangankan buat pengantin baru, kadang penganten lawas suka lupa kudu berdoa dulu atau gmn.
      Islam memang mengatu segalanya lengkap tinggal manusianya mau belajar apa gak :D

      Delete
  10. Aku baca setiap poin dengan seksama, karena bagaimanapun sekian tahun berumahbtangga belum tentu bener, atau kadang ada yg missed terlupakan. Seneng ya kalo apapun hal yg menyenangkan kita lakukan menjadi sunnah

    ReplyDelete
  11. Betapa indah dan detailnya Islam yaa.. segala hal diatur dan tuntunannya. Termasuk soal berhubungan suami istri begini. Masya Allah.. semoga semakin banyak tahu bagaimana melakukannya yang sesuai sunnah.. agar berkah..

    ReplyDelete
  12. Bahasannya dalam kak, sesuatu yang suami isteri kadang anggap sepele, lalu melupakan syariat hubungan suami isteri

    ReplyDelete
  13. Memang penting banget melakukan segala sesuatu sesuai syariat ya Teh karena semua ada pertanggungjawabannya. Termasuk setiap detik dalam kehidupan kita semuanya harus sesuai dengan titah Nya pastinya.... :D Masya Allah..

    ReplyDelete
  14. masya Allah Islam sudah mengatur sedemikian rupa ibadah jima'
    enggak hanya mendapat kebahagiaan tetapi juga menjadikan berkah bagi suami istri

    ReplyDelete
  15. Semoga keluarga kita semua till jannah ya mbak, insya Allah menambah pahala dan kebaikan yamg bermanfaat juga. Sabar dan belajar kuncinya.

    ReplyDelete
  16. Syariat dalam Islam pastinya utk kebaikan bersama ya

    Thanks utk Artikelnya

    Reminder bgt ini mah

    ReplyDelete
  17. Semua kalau dilakukan sesuai syariat pasti hasilnya akan baik dan bermanfaat bagi keutuhan rumahtangga. Meskipun sudah melewati 5 tahun, masih harus terus memupuk rasa cinta dengan melakukan sunnah2 yang ditulis di atas. Terimakasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  18. Eonni tertumben nih bikin topik berbeda, meskipun keyakinan kita beda aku rasa ajarannya mirip dengan yang ada dlam agama hindu

    ReplyDelete
  19. Sesempurna itu islam mengatur cara kehidupan sepasang suami istri ya mba Lendy yang pastinya bakal sangat bermanfaat untuk umat yang melakukannya

    ReplyDelete
  20. Terima kasih atas informasinya, pengetahuan yang sebelumnya tidak daku ketahui skrg menjadi tau

    ReplyDelete
  21. Tips keluarga sakinah mawaddah warohmah ini ya, Mbak Lend. Biasanya kalau Mbak Lend itu identik sama racun-racun drakor gitu, ini cem ada hembusan angin lain dari Mbak Lend, eaaaaa.

    Samawa juga buat rumah tangga Mbak Lend, aamiin

    ReplyDelete
  22. Mantap kali tulisan ini teh
    Jadi pengingat diri untuk selalu mengutamakan Sunnah dalam membina hubungan suami istri

    ReplyDelete
  23. Waahh, sampe tak baca pelan-pelan lhooo. Biasanya ngulik oppa oppa wkwkwkw. Yah bener deh, semua udah diatur sedemikian rupa sebaik-baiknya dalam Islam pun dalam masalah berhubungan suami istri.

    ReplyDelete
  24. Jujur ini tadi aku kira bakal bahas drakor di ujung. Ternyata emang bahas murni tentang hubungan suami-istri yang baik sesuai sunnah Rasulullah SAW. MasyaAllah jadi teredukasi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Sama, Mbak. Sudah ngira bakalan ke drakor. Padahal kan ada kata sunnah ya. Hihihi.
      Makasih diingetin lagi Mbak. Beberapa memang ada yang kadang dikerjakan, seringnya enggak.

      Delete
  25. wah ini penting banget dibaca buat yang mau nikah biar ibadah suami istrinya lebih berkah dan menghasilkan keturunan yang saleh ya, mbak

    ReplyDelete
  26. Nah kan memang butuh konten ini bagi yang jelang menikah dan sudah menikah agar tidak mendatangi istri dalam kondisi tergesa-gesa (faktor lihat drama) 🤪🤪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener..yang jelang mau menikah perlu nih baca, yang sudah menikah pun demikian. Biar pada tahu bagaimana tuntunan Islam. Dimana segala hal pasti ada tuntunannya, sesuai sunnahnya. Yang tentu saja tuntunan itu dibuat, demi kebaikan kita.

      Delete
  27. Insya Allah ketika dilakukan dengan niatan ibadah, semuanya akan menjadi ladang pahala bagi kita. Mulailah dengan berdoa, akhiri juga dengan doa, bersyukur untuk semua nikmat hidup yang telah kita terima, salah satunya kenikmatan memiliki pasangan yang mencintai kita sepenuh hati.

    ReplyDelete
  28. Jarang-jarang baca postingan beginuan nih kak len. Mungkin terlihat sepele tapi banyak yang enggak tahu bagaimana seharusnya hubungan suami istri dalam islam.

    ReplyDelete
  29. setelah menikah memang rasanya hidup lebih tenang ya, mbak. ditambah lagi jika apa-apa yang kita lakukan untuk keluarga diniatkan ibadah, tambah tenang.

    ReplyDelete
  30. Nah, kadang pengantin lama lupa soal beginian, bahwa berhubungan badan dengan pasangan pun ada tuntunannya. Membaca ini jadi refresh lagi. Makasih sharingnya Kak

    ReplyDelete
  31. Masyaallah keren ya Islam bahkan urusan begini aja ada panduan dan sunnahnya. Penting bgt dipahami sama calpn manyen dan penganten baru biar.pernikahannya samawa selalu. Eh manten lawas juga tetep ya harus nhikutin sunah supaya senantiasa dpt pahala

    ReplyDelete
  32. Aku bacanya sampai lama agar jadi pengingat lagi, meski pengantin lama tetep butuh artikel cakep seperti ini. Nutrisi dalam sebuah perkawinan adalah hubungan sehat antara suami istri di ranjang.

    Tumben nih nulisnya tentang hal serius sebuah hubungan dalam perkawinan. Tapi bermanfaat banget bagi semua pembaca

    ReplyDelete
  33. Berjima memang ada aturannya ya mak. Tapi kalau dilakukan kaarena Allah ya kudu ngikutin yang disunnahkan ehem

    ReplyDelete
  34. Penting banget untuk berhubungan suami istri sesuai Sunnah ya teh
    Biar makin berkah dan mendapatkan pahala

    ReplyDelete
  35. Masya Allah.. memang dalam Islam tuh semua hal diatur secara rinci ya, Kak Lendy. Berjima' pun ada tata caranya sendiri agar beroleh pahala dan berkah.

    ReplyDelete
  36. Reminder untuk saya nih, biar tetap hangat walaupun pengantin lama

    ReplyDelete
  37. Gak cuma pengantin baru aja kan yang boleh menerapkannya, manten lawas pun perlu menerapkan ini biar makin langgeng

    ReplyDelete
  38. Ini sangat penting banget juga loh buat pengatin lama, kali aja ada yang lupakan. Bisa memahami lagi yang sesuai sunnah.

    ReplyDelete
  39. Pernikahan itu hal yang kompleks ya mbak. Awal-awal manis dan tau hanya lapisan luar. Seiring waktu pasti terbuka apa yang menjadi kekurangan pasangan. Tugas bersama adalah menutupi kekurangan tersebut dan mencari solusi atas permasalahan.

    ReplyDelete
  40. aih bermanfaat banget infonya semoga bisa jadi insfirasi untuk menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah

    ReplyDelete
  41. Bagus banget artikelnya say buat mengingatkan kembali sunah berhubungan intim yang sesuai tuntunan Al Qur'an dan hadits ya biar jadi ibadah dan berpahala

    ReplyDelete
  42. Sunnah Islam sudah lengkap mengatur semuanya. Tapi kok ya masih saja ada yang lupa diri ya. Heran.
    Kalau kadang lupa sih gapapa, nanti baca artikel ini lagi.

    ReplyDelete
  43. Sebenarnya semua aspek kehidupan Kita sudah diatur oleh agama ya. Kita tinggal mengikuti apa yang sudah ditentukan semuanya akan baik-baik saja. Tapi di masa sekarang, banyak yang suka terlupa akan adab, aturan yang sudah ada sejak dulu. Perlu ada pengingat lagi seperti tulisa ini

    ReplyDelete