Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Persiapan Puasa Ramadan Bagi Anak Sekolah

Bismillah,


Marhaban yaa Ramadan.

Tak terasa, kita telah memasuki bulan penuh nikmat yakni bulan Ramadan. Dan alhamdulillah, kini pandemi sudah berakhir, namun tetap harus waspada serta menjaga kesehatan saat menjalani aktivitas sehari-hari.


Anak-anak mulai sekolah full-day school lagi.

Dan di bulan Maret 2023 ini, bertepatan dengan bulan Ramadan, anak-anak sedang menjalani PTS atau Penilaian Tengah Semester. Padatnya jadwal tentu tidak menyurutkan niat anak-anak untuk tetap menjalani ibadah shaum dengan sebaik-baiknya.


Persiapan apa yang dilakukan Bunda agar anak siap jalani hari seperti biasa dengan penuh semangat?

Informasi terkait Ramadan dengan internet cepat



Tips Tetap Semangat di Bulan Ramadan Untuk Anak

Kebiasaan di keluarga kami sebelum memasuki Ramadan adalah rutin menjalankan shaum sunnah Senin-Kamis, sehingga ketika jelang Ramadan, biasanya kami sepakat untuk “istirahat” sejenak.

Namun kebiasaan shaum sunnah ini membawa dampak yang baik ketika Ramadan karena badan sudah terbiasa beraktivitas seperti biasa ketika shaum. Sehingga yang menjadi istimewa saat puasa Ramadan biasanya kami melakukan hal-hal berikut ini.


Sahur dengan Makanan Sehat

Untuk menjaga kesehatan dan stamina saat menjalani aktivitas sehari-hari adalah dengan sahur menggunakan menu makanan yang sehat dan lengkap. Karena kini 4 sehat 5 sempurna telah digantikan dengan “Isi Piringku”, maka untuk variasi menu sahur dan berbuka bisa menyesuaikan keinginan anak-anak.

apa itu isi piringku, informasi menggunakan internet provider


Untuk menu sahur, biasanya aku gak masak yang ribet-ribet. Hanya karena sahur ini seperti sarapan, hanya saja waktunya lebih dimajukan, maka aku menambahkan sayur dan buah yang kaya air dan suplemen vitamin atau madu, sehingga tetap segar saat jalani shaum Ramadan sehari full. Untuk lebih jelasnya konsep “Isi Piringku” sahabat bisa lakukan pencarian melalui jaringan internet provider masing-masing, ya.



Minum yang Cukup Ketika Sahur dan Berbuka

Memang saat sahur itu rasanya ingin semuanya dimakan. Dari mulai menu makanan utama sampai cemilan. Tapi yang perlu diingat adalah sahur dan berbuka dengan makan dan minum secukupnya.

Biasanya aku menekankan pada anak-anak agar bangun tidur, minimal minum. Lalu saat makan dan terakhir saat imsak.


Begitupun ketika berbuka puasa. Hal yang pertama dilakukan adalah baca doa berbuka, minum air mineral, makan menu makanan ringan yang manis seperti kurma, sholat dan makan menu makanan utama. Jangan lupa terus minum.

Hingga biasanya saat teraweh di masjid pun kami membawa minuman. Agar tetap konsumsi air mineral setelah seharian berpuasa.



Melakukan Olahraga Ringan

Memang gak mudah untuk tetap semangat beraktivitas saat Ramadan. Karena bawaannya pasti lemes. Kasian banget sih ya..

Menurut Kemenkes RI, langkah awal agar anti-mager saat Ramadan adalah melakukan olahraga ringan di awal Ramadan dan jadikan kebiasaan setiap hari. Boleh dilakukan 30 menit sebelum berbuka seperti kardio ringan atau stretching ala yoga atau pilates selama 10-15 menit.

Bila sudah terbiasa, waktu olahraganya bisa ditambahkan. Namun yang perlu diingat, ini ketika kondisi masih fit. Jangan memaksakan olahraga ketika badan terasa sangat lemas apalagi sampai pusing.

Tips olahraga ringan di rumah, informasi menggunakan IndiHome
source: website kemenkes RI



Istirahat yang Cukup

Bagian yang terpenting ketika puasa Ramadan adalah memberikan hak untuk badan agar beristirahat yang cukup di malam hari. Jangan lupa shalat tarawih seperti kebiasaan masing-masing, yakni dilakukan ba’da shalat Isya atau di sepertiga malam seperti qiyamul lail, semuanya boleh dilakukan sesuai dengan kebiasaan dan kemampuan masing-masing.



Memberikan Hadiah Setelah Puasa Tamat

Agar anak-anak senantiasa ceria, aku sesekali membolehkan anak-anak untuk membeli makanan atau minuman secara online. Pun bisa jadi wacana untuk berbuka puasa bersama di luar rumah.

Bagiku, mengajak mereka untuk merencanakan hal-hal yang mereka senangi ini bisa menjadi hadiah kecil yang bisa menambah semangat shaum anak-anak di bulan Ramadan.


Di Hari Raya, anak-anak biasanya mendapat banyak sekali hadiah berupa uang dari pihak keluarga. Esensinya bukan di jumlah uangnya, melainkan mereka mendapatkan hadiah dan perhatian dari orang-orang dewasa di sekelilingnya.




Internet IndiHome Membantu Memberikan Referensi Mengenai Tips Sehat Selama Ramadan

Informasi terkini tentunya tak lepas dari kemudahan jaringan internet provider yang cepat dan wifi rumah yang lancar. Bersama Telkom Indonesia, aku dan keluarga memanfaatkan momen indah Ramadan untuk senantiasa mencari ilmu baik duniawi ataupun rohani melalui kajian-kajian Ustadz salaf yang ditayangkan di beberapa channel youtube sunnah seperti Indonesia Bertauhid TV, Tarbiyah Sunnah, Khalid Basalamah, Yufid TV, Rumaysho TV dan RodjaTV.

Persiapan jiwa dan raga ini perlu dilakukan agar semakin menikmati indahnya berdekatan dengan Allah dan indahnya Islam dalam mengajarkan banyak hal baik ketika kita beramal untuk bekal di akherat kelak.


Pilihan terbaik kami menggunakan internet provider terbaik tidaklah keliru. Karena bersama IndiHome, jaringan internet selalu lancar dan mendapatkan layanan hiburan terbaik dari Telkom Indonesia.

IndiHome Telkom Indonesia bantu mendapatkan informasi tips puasa Ramadan bagi anak sekolah


Internet provider Telkom menawarkan berbagai jenis paket dengan menghadirkan TV Kabel dan layanan internet. Peningkatan pelayanan terus dilakukan membuat pengguna internet provider masa kini merasakan banyak kemudahan.


Yuk, persiapkan bulan Ramadan yang penuh berkah bersama dengan kemudahannya dalam segala akses digital bersama internet provider terbaik. Semoga puasa Ramadan kali ini memberikan hikmah yang besar untuk kita semua.


vHappy Fasting Day.
Ramadan Mubarak.



Salam hangat,



119 comments for "Persiapan Puasa Ramadan Bagi Anak Sekolah"

  1. Menyajikan menu sehat ini yang aku masih berusaha banget. Padahal itu penting, ya. Untung ada IndiHome yang bantu kasih ide

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen pakai IndiHome juga biar gak putus putus mulu, tapi ke pelosok udah nyampe belum ya ?? BTW aku Salfok Mbak, anaknya mulai diajarin puasa dr berapa tahun ?

    ReplyDelete
  3. Saya juga suka kasih iming-iming ketika anak baru belajar puasa. Biar mereka semangat. Nanti juga dengan bertambahnya usia, mereka uga bakal paham tujuannay berpuasa

    ReplyDelete
  4. Senang banget sekarang ada internet cepat dari IndiHome ya?
    Sehingga dapat banyak tips Ramadan termasuk kala dapat kendala agar anak anak happy menikmati Ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya hidup di era modern emang gini ya bund, kalau mau tahu sesuatu tinggal browsing. Asalkan bisa memilah mana yang betul dan mana yang hoax aja :D

      Delete
  5. Asupan dengan isi piringku ini memang jangan sampai terlupakan ya Teh. Soalnya jangan karena lagi puasa kalap deh lihat banyak makanan berbuka maupun sahur di meja hehe.
    Siip tipsnya, jadi pengingat juga tak hanya untuk anak-anak tapi juga buat yang dewasa

    ReplyDelete
  6. Buat anak sekolah emang agak menantang tapi biasanya kalau udah kumpul sama teman di sekolah bisa saling menyemangati dan membunuh waktu jd gak kerasa ya.
    Tapi tetep emang persiapan fisiknya kudu dijaga supaya kuat puasa, kalau bisa sampai Magrib yaa.

    ReplyDelete
  7. Morning teh Lendy, bagaimana puasanya anak-anak sudah mulai full atau setengah hari? bahagia ya kalau anak bisa full apalagi sudah bisa menahan diri untuk tidak emosi dan selesai puasa anak dapat hadiah, wow happynya

    ReplyDelete
  8. Murid-murid saya di sekolah pada banyak juga yang merasa ngantuk dan kurang bersemangat belajar katanya di hari puasa. Padahal jika tau tips sehatnya ini bisa semangat jalani puasa deh. Menariknya bisa baca banyak referensi sekarang dari internet saja ya,Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak, tips ini bisa jadi kuncinya buat jalani puasa khususnya bagi anak-anak agar lebih semangat lagi ya. Sehingga berbahagia saat sambut Hari Kemenangan

      Delete
  9. Paling berat itu memang menjadikan anak jatuh hati pada puasa. Orang tua juga harus tahu apa saja yang harus dilakukan agar anak merasa enjoy saat puasa, termasuk dengan menonton dan melakukan kegiatan lain dengan menggunakan akses internet

    ReplyDelete
  10. Aahh ternyata kita sama Len. Beberapa minggu sebelum Ramadan datang, dulu saat anak-anak masih kecil, saya mengajak mereka untuk puasa sunnah sebagai latihan. Dan biar mereka semangat, saya dan suami sepakat memberikan hadiah sebagai reward puasa. Terkadang berupa barang yang diinginkan, terkadang juga berupa uang. Alhamdulillah ternyata cara ini tuh jitu banget. Anak-anakku semua bisa puasa penuh sejak kelas 1 SD.

    ReplyDelete
  11. tahun ini kan anakku belajar puasa full jadi aku lebih prepare kegiatan supaya dia ga bosen. Mumpung Ramadan juga maka tema belajar sebagian besar ke agama Dikaitkan dengan sehari-hari.

    Bismillah yaaa bisa full sampai akhir dan dia bahagia menjalaninya. Makasih tipsnya yaaa Mbak Lendy

    ReplyDelete
  12. Punya anak-anak yang sedang bersekolah, apalagi sekolah dasar dan mengajarka puasa pada mereka itu memang butuh effort yang lumayan agar mereka tetap semangat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan ini. Memang sepertinya harus diberi rewards juga, ya sebagai penghargaan atas usaha mereka dalam belajar saum

    ReplyDelete
  13. Bener deh. Adikku juga lagi ujian. Agak susah tuh bangunin buat sholat subuh. Dia punya kebiasaan tidur lagi habis sahur. Nanti habis sholat subuh tidur lagi. Repot lagi banguninnya buat sekolah. kudu nebelin sabar dah. Hehehe

    ReplyDelete
  14. Tahun ini Aluna pertama kali belajar puasa full
    Alhamdulillah sampai sekarang belum bolong
    Aku kasih hiburan nonton streaming saat ngabuburit pakai akses internet dari IndiHome ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dulu ngabuburitnya nonton film Ramadan di TV, Alhamdulillah sekarang ada internet jadi bisa ngasi anak tontonan yang sesuai usia

      Delete
  15. Bener banget, teh. Makan kurma bisa buat ngebooster energi juga. Atau minum susu juga bisa. Yang penting gizinya tercukupi selama puasa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget nih, anak-anak pasti butuh gizi yang tercukupi selama puasa ya,Mba apalagi kan sekolah tuh ada kegiatan juga maka yang dikonsumsi harus seimbang biar gak ngantuk dan mudah capek di sekolahnya.

      Delete
  16. wah hebat nih, sedari kecil anak-anak udah dibiasain puas sunah senin kamis Jadi pas puasa ramadan sedikit banyak mereka udah terbiasa. semoga semangat terus puasanya yaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembiasaan sebelum puasa Ramadhan dgn puasa sunah lainnya memang perlu dilakukan ya kak berarti, agar ketika di bulan Ramadhan lebih mudah melakukannya

      Delete
  17. Ha ha ha kasih hadiah begitu tamat puasa tetap ya jadi agenda ortu. Tapi benar adanya reward apapun bentuknya bikin anak happy lho "nih gue udah bisa puasa" gitu kali ya

    ReplyDelete
  18. Setuju banget mbak, tapi itu benar untuk urusan olahraga masih tahap pembiasaan yang agak sulit tapi tetap semangat olahraga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem kak..
      Daku juga pengen merutinkan olahraga. Tapi masih yang insyaallah konsisten adalah jalan kaki sih olahraga nya

      Delete
  19. Meskipun waktu berbuka dan sahur berbeda, tetap harus memperhatikan kanduhgan nutrisi dan asupan lainnya untuk tubuh, ya mbak. Terlebih saat waktu sahur, karena untuk bahan aktivitas sehari di hari esok

    ReplyDelete
  20. Keren ini mba Lendi, anak2 sudah mulai diajarkan puasa sejak dini. Jadi sudah kuat ya anak2 puasa full di ramadan

    ReplyDelete
  21. Makan sahur buat anak-anak,itu yang terkadang tidak mudah. Diantara mata baru melek,nyawa belum kumpul 100% dan ayub-ayuben (org jawa bilang) ,lgsg disuruh makan sahur,pasti gak mood makannya dan ga semangat,tapi lama lama terbiasa juga hehe

    ReplyDelete
  22. Adekku nih susah bgt kalo diminta makan sayur. Dia bener2 nggak mau sama sekali meski dikiit gtu dicampur makanan lain 👀 sampe bingung mau gmn lagi

    ReplyDelete
  23. Anak kedua saya kelas 1 SD lagi belajar puasa. Kalo pulang sekolah mungkin karena capek haus, eh malah batal puasa. Padahal dia sudah seneng banget kalo puasa datang. Saat puasa tiba, jujurly saya butuh banget internet cepat untuk menonton kajian muslim online. Beruntungnya saya menggunakan IndiHome untuk internet yang lancar dan stabil...

    ReplyDelete
  24. Lihat infografis Isi Piringku jadi galau.. karena PR banget bagi Buibu yang bocilnya nggak begitu suka sayur maupun buah hiks.. jadinya pas sahur didukung sama susu, air putih dan cemilan tambahan aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buat ibuk2 tu PR banget menyiapkan menu sahur dan buka yang tetap memenuhi gizi anak. Kalau di rumah jg gtu mbak pokoknya wajib ada sayur dan lauk supaya anak2 juga terjaga fisiknya.

      Delete
  25. Sejak berlangganan IndiHome, banyak bgt refrensi yang bisa kita dapatkan baik itu seputar kesehatan maupun gaya hidup, sinyalnya juga ok. Keren deh IndiHome

    ReplyDelete
  26. selama anak sekolah ketika puasa memang aku pastiiin banget menu sahur dan buka puasanya cukup untuk membuatnya semangat

    ReplyDelete
  27. Bisa buat bekal ngajarin anakku puasa nanti. Dulu aku kalau diajarin puasa paling ga tahan sama haus. Jadi mager akhirnya wkwkwk

    ReplyDelete
  28. Beruntung ada IndiHome yang menyediakan layanan internet stabil dan lancar. Jadi membantu sekali dalam setiap kegiatan.

    ReplyDelete
  29. Internet bisa digunakan untuk hal2 positif seperti mencari informasi yang mendukung berlangsungnya ibadah puasa dengan lancar ya, juga untuk anak2nya. Semoga ibadahnya lancar ya

    ReplyDelete
  30. Zaman anak-anakku masih bocil, mereka juga belajar berpuasa. Mulai dari puasa beberapa jam, setengah hari hingga sanggup full sampai maghrib. Sekarang mereka sudah gede, malah seringnya full puasa pas lagi ujian-ujian hihihihi. Yang penting bisa optimal juga mengerjakan tugas di rumah karena ada internet cepat IndiHome yang sangat mendukung kegiatan belajar online mereka.

    ReplyDelete
  31. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan untuk Kak Lendy dan keluarga...
    Btw, asli memang Internet IndiHome bantu aktivitas dan ibadah puasa kita jadi makin lancar jaya ya. Apalagi anak-anak juga sudah sekolah seperti biasa

    ReplyDelete
  32. Jaman mpo langganan Indihome plus tv suka nonton TV MUI, TV Darul tauhid. Sekarang mpo hanya beli paket internet aja

    ReplyDelete
  33. Puasa tahun ini kami berjuang dengan Najib. Tahun sebelum2nya puasa setengah hari, kali ini niat full sehari selama 30 hari. Ini juga sebagai syarat uang THR tahun lalu bisa di-acc buat beli HP. Jadi ada hadiahnya, tapi hadiah dari duit dia sendiri, hehe.

    ReplyDelete
  34. Memberi hadiah klu puasa full sy masih nglakuin kak,
    Sepupu semangat banget ada hadiahnya.

    ReplyDelete
  35. challenging banget ya untuk ajak dan belajarin anak-anak berpuasa, insya Allah mereka kuat dan soleh soleha ya mba Lendy. Aku sih yes untuk IndiHome dari sinyal yang satset ga ngelag

    ReplyDelete
  36. Yess memberikan reward kepada anak salah satu wujud sbg orang tua mengapresiasi usaha anak puasa full. Mereka bakal semangat jugaa yaa...

    Makanan bergizi emang penting jugaa

    ReplyDelete
  37. Jadi inget zaman masih sekolah dan puasa, ada ajaa alasan untuk membatalkan hahahaha. Salah satunya badan lemes. Padahal ada banyak tips kesehatan yang kudu dicoba bocah biar tetep kuat puasa meskipun sekolah seharian ya kaleeen. Untung deh sekarang ada IndiHome, cari info gitu tinggal satset, Ibu pun tenang

    ReplyDelete
  38. Internet cepat dan stabil dari IndiHome ini membuat kita bisa mencari berbagai tips puasa ya teh
    Termasuk persiapan puasa untuk anak sekolah

    ReplyDelete
  39. di rumah juga pakai Indihome, alhamdulillah kebantu banget baik untuk kerjaan maupun kegiatan sehari-hari.

    ReplyDelete
  40. Menyiapkan anak untuk memulai berpuasa memang gampang-gampang susah sih menurutku. Karena selain melatih fisik dan mental, puasa juga melatih keimanan.

    ReplyDelete
  41. Referensi untuk aktivitas menarik saat puasa tentunya sekarang bisa dicari di Internet, apalagi kalau menggunakan provider terbaik di Indonesia seperti IndiHome, gak bakalan mati gaya buat bikin anak-anak tetap semangat puasa.

    ReplyDelete
  42. aku tuh suka salut sama anak zaman sekarang, belum pada sekolah aja udah pada hebat bisa puasa banyak. alhamdulillah ya sekarang dengan adanya internet bikin anak juga ada mainan saat menunggu buka

    ReplyDelete
  43. olahraga nih yang agak susah kalau anak-anak. karena bawaannya lemes dan takut haus.

    ReplyDelete
  44. Indihome memang bisa jadi pilihan untuk referensi ramadan ya Mba, apalagi buat anak-anak yang baru belajar puasa dan harus sekolah.

    ReplyDelete
  45. alhamdulillah anakku sejak kelas 3 SD sudah bisa puasa full, meski ya drama drama ada sih, semua proses pembelajaran buat dia, kalo sekarang udah paham jadi dramanya paling bingung mau buka dan sahur apa hehehehe

    ReplyDelete
  46. Aku juga kalau sahur bikin menu yang simpel aja...Memang ya karena anak sekolah puasa Ramadannya biar lancar butuh asupan dan istirahat yang cukup. Tentu diselingi kegiatan lain seperti tambah wawasan lewat tausiah yang bisa kita dapatkan dengan koneksi internet yang cepat

    ReplyDelete
  47. Yang saya lakukan untuk anak selama bulan Ramadan ini adalah rajin mengingatkan untuk minum yang cukup di waktu sahur dan berbuka Mbak. Karena kadang mereka gak sadar bahwa asupan airnya kurang. Cenderung terlena dengan aneka snack dan camilan biasanya hehehe. Tapi Alhamdulillah sudah memasuki puasa hari ke 9, anak-anak masih nyaman dan damai berpuasanya sejauh ini.

    ReplyDelete
  48. dulu 4 sehat 5 sempurna, sekarang isi piringku... yang pasti nilai gizi untuk kebutuhan tubuh harus terpenuhi yaa kak..

    ga perlu mahal yang penting seimbang dan tercukupi. apalagi ramadhan pola makan jadi teratur anak harus mendapat yang terbaik buat menujang ibadah puasanya hihi

    ReplyDelete
  49. jujurly akutu sering clueless kudu masak menu apa lagi yhaaa
    udah magerrr aja gt lho mau masak2 padahal anakku maemnya banyaaakk 😋😆 ahhh untung ada internet cepattt. bs browsing aneka menu yhaa

    ReplyDelete
  50. alhamdulillah puasa anakku belum ada bolongnya. selama puasa ini, menu sahur dan berbuka memang wajib dipikirin agar kandungan gizi dan nutrisi anak terpenuhi

    ReplyDelete
  51. Jadi ingat jaman-jaman sekolah dulu, bapak ibu selalu bikin anak-anaknya semangat puasa. Padahal nggak pernah yang disuruh atau dipaksa gitu, kadang kalau anaknya bangun sahur kesiangan tetep ditemenin makan jam 5 atau 6 pagi, dimasakin lagi sama bapak lauk baru supaya masih anget dan semangat puasanya seharian. haha.

    ReplyDelete
  52. Harus dilatih sejak kecil ya teh belajar berpuasa kita juga sbg orang tua hrs mempersiapkan gizi seimbang, untungnya juga ada internet Indihome yg mwmbantu kira cari informasi ttg apapun yakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mempersiapkan buka puasa dan sahur buat anak tu gak gampang. Kadang aku ya sedih kalau puasa anak2ku keliatan makin kurus wkwk. Tp gpp demi mereka jg biar biasa puasa. Yg penting harus diperhatikan makanannya :D

      Delete
  53. gizi seimbang nih penting

    internet yg mantab jg ga kalah penting.

    supaya ibadah Ramadan lancaarr

    ReplyDelete
  54. Bulan puasa itu bulan penuh berkah. Terus kita juga bisa mensupport anak untuk latihan puasa, dengan cara memberikan menu makanan yang sehat dan bergizi.

    Mencari info tersebut kian mudah karena bisa diakses melalui internet.

    ReplyDelete
  55. Untung aku juga pake IndiHome jadi bisa gampang banget nemuin tips sehat seputar puasa buat anak. Sesekali emang perlu sii dikasi reward biar semangat ya teh. Selain itu juga diperhatikan menu makan sahur dan bukanya biar semangat juga. Cusss googling deh pake internet cepat.

    ReplyDelete
  56. Bulan Ramadan, bulan penuh berkah, waktunya menstimulus fitrah keimanan anak, supaya mereka puasa dengan hati gembira, alhamdulillah anak tengah sudah semangat puasa tapi ya gitu harus sabar banget saat bangunkan sahur, wkwkwk, selain itu dia pengen banget dapat hadiahnya kalau full puasa, semoga lancar sampai nanti

    ReplyDelete
  57. Wah boleh juga nih mba tips puasa Ramadan untuk anak sekolah, yang dewasa pun juga butuh ya, mba. Karena sehat selama menjalankan puasa itu penting. Beruntungnya ada Internet IndiHome sehingga bisa akses Internet cepat untuk hunting tips sehat selama puasa Ramadan.

    ReplyDelete
  58. Benar banget betapa internet membantu banyak kemudahan bagi kita emak-emak

    ReplyDelete
  59. harus dong tetap semangat ya puasa di bulan Ramadan sambil sekolah full day, Isnya Allah anak-anak kuat asalkan kebutuhan nutrisinya juga terpenuhi saat buka puasa dan makan sahur. Anak-anak kalau gak dikasih tau suka kurang minum makanay suka disuruh-suruh terus supaya gak dehidrasi

    ReplyDelete
  60. tetap semangat tapi nih aku belum olahraga beneran lagi euy teh. Kayaknya bener yaa enak pilates atau yoga gitu. Anak2 mager kayak aku teh, malah mereka mah lebih semangat halan2 pagi ya abis subuh. Tipsnya mantap untuk sebulan ramadhan teh, met puasa yaa teh..

    ReplyDelete
  61. Anakku kalau sahur tuh bisa sambil nonton di gadgetnya, ini jadi salah satu cara dia biar semangat sahurnya. Biasany asambil nonton Nusa Rara atau Upin ipin dan suka aku suruh murojaah dari internet juga.

    ReplyDelete
  62. Yang jadi PeEr tuh minta anak makan makanan yang sudah tersedia dalam komposisi lengkap itu loh. Soalnya mereka biasa menghindari sayuran, huhuhu. Ngebujukinnyaa yaampun, aloott deh :'D

    ReplyDelete
  63. Insyaallah selama Ramadhan, anak-anak walau tetap beraktivitas di luar rumah tetap bersemangat dan sehat ya Kak. Orang tuanya bisa mencarikan tips menjaga kesehatan mereka lewat internet, tentu saja dengan didukung koneksi internet yang bagus kayak Indihome

    ReplyDelete
  64. Jaringan internet cepat dan stabil dari IndiHome ini membantu kita melakukan aktivitas online secara positif di bulan Ramadan ini ya teh

    ReplyDelete
  65. makan sehat, minum dan istirahat yang cukup. dan PR banget nih mbak buat aku ngajakin anakku olahraga, padahal meskipun puasa, olahraga ringan juga perlu ya :)

    ReplyDelete
  66. Anakku sudah pengen banget sama mie instan
    Padahal kukasih tahu kalau efeknya bisa cepat lapar
    Namun, dia keukeuh maka akhirnya sahur nanti kucobakan ini

    ReplyDelete
  67. Alhamdulillah Ramadhan sudah masuk hari ke-10 ya dan makin kuat anak-anak belajar puasa, senang sudah menyiapkan anak-anak belajar puasa sejak dini. Kini enggak terlalu banyak drama, apalagi ada internet untuk cari referensi.

    ReplyDelete
  68. Aku sekarang udah gak ngasih hadiah anak kalau mereka puasa Ramadan. Di kasih akses internet full sudah seneng banget mereka. Soal makanan dan minuman, pasti nyediain apa yang mereka suka. Biar semangat gitu deh

    ReplyDelete
  69. Tantangan anak berpuasa itu gak mudah. Terutama pas sahur , paling susa dibangunin.

    ReplyDelete
  70. Masyaallah kebiasaan yang luar biasa ini Mom puasa senin-kamis untuk menyambut bulan Ramadan ya. Stuju sekali kalau internet bisa membantu kita mencari refrerensi nih, gak bisa bayangin betapa pusingnya memikirkan menu sahur dan berbuka hahaha. Etapi orang dulu gak ada internet juga aman-aman aja ya, beda jaman dan situasi kali ya, hehehe

    ReplyDelete
  71. Berolah raga nih yang belum saya lakukan bareng anak. Masak bareng, nyiapin menu buka, nonton bareng pun sering saya lakukan.

    ReplyDelete
  72. Benar jadi semangat kalau ada hadiahnya. Bahasa Orang Betawi uang tanggokan lebaran buat jajan beli mainan.

    ReplyDelete
  73. IndiHome emang bisa diandalkan untuk mencari berbagai referensi ya mbak termasuk tips sehat selama berpuasa.

    ReplyDelete
  74. MasyaAllah, kebiasaan shaum Senin Kamis itu memang baik banget ya, melatih anak untuk terbiasa puasa, jadi pas Ramadan ya jadi enjoy aja menjalaninya malah jadi lebih semangat karena bisa dapat bonus jajan untuk buka puasa ya, pun ketika lebaran bisa dapat hadiah dari para keluarga ;)

    ReplyDelete
  75. iya ni mb anak anak kadang lupa minum air putih, kebanyakan minum es buah dan sirup gitu, tapi alhamdulillah mereka selalu semanga puasanya walau sekolah sudah mulai masuk lagi.

    ReplyDelete
  76. Aku nanti mau coba kasih hadiah ke anak anak setelah puasa selesai
    Sebab, sampai hari ini anak anak masih puasa full magrib

    ReplyDelete
  77. Berpuasa di rumah dengan adanya internet. Karena bisa cari resep, hingga mencari berbagai hiburan

    ReplyDelete
  78. Internet cepat dan stabil dari IndiHome ini membantu kita mencari berbagai tips puasa ya teh
    Termasuk bagaimana tips mempersiapkan puasa untuk anak sekolah

    ReplyDelete
  79. Memang kudu terbiasa shaum sunnah sih ya mbak, biar nggak kaget pas Ramadan, xixi.. Btw, boleh nih tips nya aku ikutin buat keluarga. Tengqyu mbakLend!

    ReplyDelete
  80. Kalo dulu pas kecil suka dikasih tantangan, teh. Disuruh khatam berapa kali, nanti dapet duit. Wekeke. Mayanlah buat jajan lebaran

    ReplyDelete
  81. Memang harus dibiasakan shaum sunnah yah supaya pas Ramadan nggak kaget dan anak menjadi terbiasa. Makasih banyak tipsnya teh LEndy.

    ReplyDelete
  82. Menyiapkan menu yang sehat ini benar-benar tantangan untuk anak karena kalau di rumah neneknya budayanya makan barbar saat sahur. Ujung-ujungnya jadi mageran deh. Padahal di rumah udah dibiasakan sahur makanan yang sehat dan berserat. Alhamdulillah anak-anak terbiasa puasa sunnah jadi mereka nggak kaget pas bulan Ramadan.

    ReplyDelete
  83. Benar juga ya Mba, sahur itu seperti sarapan tapi waktunya dimajukan. Bisa saya tiru ini, saat sahur menambah porsi sayur, buah, dan multivitamin. Jangan lupa juga air putih dan biasanya yang sering terlupa...hehe

    ReplyDelete
  84. Berat ya anak sekarang masih sekolah sambil puasa. Kalo makanan insya Allah sudah tercukupi, tapi olahraganya yang belum. Buka puasa eh kecapean dan tidur.

    ReplyDelete
  85. anak sekolah memang perlu persiapan yang matang apalagi saat sekolah, sungguh campur aduk rasanya yaa hahaa

    ReplyDelete
  86. Alhamdulillah mom kalopun puasa, semangat sekolah masih membara makanya bermanfaat banget nih tips dari Mom Lendy untuk para buibuk

    ReplyDelete
  87. Aku juga pake indigo ka drumah. Eh indihome . Internetan lancar dan rajin browing tips2 selama ramadhan

    ReplyDelete
  88. Semenjak ada internet puasa tambah lancar gimna enggak coba anak2ku saat nunggu buka puasa pasti sambil internetan nonton kajian ustad sambil nunggu memperdalam ilmu agama juga

    ReplyDelete
  89. Tetap semangat anak-anak yang masih harus sekolah sambil puasa. Ujiannya memang berat deh. Semoga lulus semua sampe lebaran ya.

    ReplyDelete
  90. Komposisi menu sehatnya nih yg masih jd PR banget di rumah. Masih berusaha membuat anak2 suka sayur. Jd ya kalau sahur seadanya aja dan yg dia suka. Yg penting dia mau belajar puasa.

    ReplyDelete
  91. Mpo waktu kecil tiap pulang sekolah langsung tidur tahu tahu asar dan main sebentar langsung magrib. Jadi puasanya kuat dan gak kepikiran lapar wkkk

    ReplyDelete
  92. Aku suka kasian kalau lihat puasa begini anak SD sekolah, mana panas dan jauh sekolahnya, tapi bagus ya buat melatih mereka sejak dini

    ReplyDelete
  93. Internet cepat indihome memang membantu banget sih buat browsing-browsing berbagai menu bukaan biar anak tambah semangat puasanya dengan menu masakan yang bervariasi

    ReplyDelete
  94. Tahun ini anak pertamaku puasanya masih setengah hari nggak kuat dia. Hehe. Tapi alhamdulillah anaknya nggak susah dibangunin waktu sahur. Kalau makan masih belum bisa makan sayur sih jadi kusiapin apa yang dia bisa makan aja

    ReplyDelete
  95. Tahun ini anak pertamaku puasanya masih setengah hari ngga kuat dia .



    reply Delete

    ReplyDelete
  96. Sedari kecil anak harus dibiasakan puasa ya Teteh. Supaya ibadahnya khusuk dan membiasakan anak dengan hal baik yekan... Seperti internet dirumah lancar jaya sama halnya puasa juga lancar yekan

    ReplyDelete
  97. Latihan puasa memang harus sejak dini ya mbak. Mungkin saat kelas 1 sd puasanya sampai bedug, eh nanti tau tau kelas 4sd puasanya udah mulai full. Jadi walaaupun puasa, sekolah tetap semangat dan fokus.

    ReplyDelete
  98. Wah cakep banget ya kak IndiHome menyediakan akses ke program-program bermanfaat selama ramadan. Itu kayaknya tips puasa ramadan bisa berlaku untuk orang dewasa juga ya kak

    ReplyDelete
  99. Your blog got me to learn a lot, thanks for sharing.

    ReplyDelete
  100. I got know your article’s content and your article skill both are always good.

    ReplyDelete
  101. Thanks for sharing this article this content is very significant for me I really appreciate you.

    ReplyDelete
  102. Having read this I believed it was really enlightening.

    ReplyDelete
  103. a lot of useful facts that is useful in our life. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you a lot for giving everyone remarkably memorable

      Delete
  104. I am very enjoyed for this blog. Its an informative topic.

    ReplyDelete
  105. I’ll come back often after bookmarking!

    ReplyDelete
  106. Hello there, You have performed an excellent article..Goodjob!

    ReplyDelete
  107. thanks for the content this content help me a lot.

    ReplyDelete
  108. Really nice post. Thank you for posting something like this. Keep it up!

    ReplyDelete
  109. this content is valuable and simple, I’ve learned a lot here.

    ReplyDelete