Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Off the Course : Kehidupan Ini Adalah Sebuah Perjalanan

Bismillah,

Drama Festa JTBC : Off the Course (2021)

Annyeong haseyo, chingudeul~
안녕하세요 🙆

Drama Korea selalu saja ada yang baru di setiap minggunya. Karena aku saat ini sedang menonton drama airing di VIU yang berjudul Mouse dan Beyond Evil, aku juga gak lupa mencari inspirasi dari tokoh perempuan dari drama Korea yang menginspirasi. Jadi semakin semangat kalau ada drama Korea yang berkaitan dengan kehidupan wanita.

Seperti baru-baru ini, JTBC kembali menampilkan Drama Festa. Sebuah drama pendek yang hanya memiliki 1 atau 2 episode setiap penayangannya. Tahun 2021 kali ini Drama Festa JTBC menampilkan kisah perjalanan seorang Ibu dan anak yang mencari calon pengantin sang anak yang mendadak hilang di hari H. Apa yang terjadi? Ada misteri apa sebenarnya?

Review Drama Festa JTBC : Off the Course (2021)

Profil Drama

Judul : Off The Course
(Gyeongroreul Yitalhatseubmida / 경로를 이탈하였습니다)

Sutradara : Jang Ji-Yeon
Penulis : Choi Yi-So

      Actors :     

Nam Ji-Hyun as Kang Soo-Ji (anak)
Park Ji-Young as Kyeong-Hye (Ibu)
Kim Bum-Soo as Koo Sung Chan (calon pengantin yang hilang)

Network : JTBC
Release Date : March 15th - 16th, 2021

Episode : 2 eps (60 minutes)


Sinopsis Drama Off the Course (2021)

Kang Soo-Ji (Nam Ji HyunSuspicious Partner, 100 Days My Prince) adalah seorang mahasiswi PhD yang disayang oleh Ibunya. Ia hanya memiliki orangtua tunggal sejak lahir. Lalu pada hari ulang tahun Soo Ji, sang Ibu ingin merayakan bersama anaknya. Tapi karena Soo Ji sudah merasa dewasa (29 tahun) dan ia ingin merayakan hari spesialnya bersama orang yang ia sayangi, bukan Ibunya.

Salahnya, Soo Ji gak berani berkata jujur pada Ibunya sehingga ia mengatakan kebohongan bahwa ia masih di kampus dan sedang penelitian dengan Profesornya. Ia juga berkata pada Ibunya untuk gak perlu repot merayakan ulang tahunnya kali ini.

Tanpa diketahui Soo Ji, sang Ibu sebenarnya sudah berada di apartemennya.

Sinopsis dan review Drama Off the Course (2021)

Batapa Kecewanya..

Ya, betapa kecewanya sang Ibu, Kyeong-Hye (Park Ji-Young, Moon Lovers, Wok of Love) ketika mengetahui bahwa sang putri semata wayangnya pulang bersama pacarnya. Dan parahnya, selama ini ternyata mereka sudah tinggal bersama.

Ketika awalnya mereka masih denial bahwa mereka gak tinggal bersama, sang Ibu masih percaya. Namun bak bangkai yang ditutup-tutupi, akhirnya ketauan juga. Sang pemilik apartemen tempat tinggal Soo ji protes, kalau sampah yang selama ini mereka buang selalu tidak dipilah dengan benar. Dan ini sangat mempersulit keadaannya sebagai pemilik apartemen.

Sinopsis dan review Drama Korea Off the Course : Nam Ji Hyun


Dari sini, Soo Ji dan Sung Chan (pacar Soo Ji) sudah gak bisa brkilah dan pada akhirnya dimarahin abis-abisan. Huuf~


Menikah

Sang Ibu akhirnya mengalah dengan keadaan, karena melihat betapa besar Sung Chan dan Soo Ji. Ibu Kyeong Hye hanya ingin mereka berdua menikah atau keluar dari apartemen dan kehidupan nyaman yang selama ini masih dinikmati Soo Ji atas nama Ibunya.

Soo Ji bersikukuh kalau hubungannya dengan Sung Chan baik-baik saja tanpa pernikahan, jadi untuk apa menikah?

Karena perbedaan visi dan misi inilah hubungan Ibu dan anak ini menjadi dingin. Sampai pada akhirnya Soo Ji dan Sung Chan nekat ingin mandiri dan tidak mengandalkan Ibu Kyeong Hye lagi. Namun.... gak mudah kan, guys...

Apalagi Soo Ji sedari kecil adalah anak semata wayang yang notabene gak pernah hidup susah. Kerjaannya hanya belajar, belajar dan belajar. Pertemuannya dengan Sung Chan menjadi titik balik kehidupan yang selama ini dirancangnya.


Pada Hari Pernikahan

Akhirnya Soo Ji dan Sung Chan menyerah. Mereka memikirkan jalan tengahnya, yakni mereka menikah tetapi syaratnya tidak perlu dirayakan sebesar dan semegah perayaan pernikahan Atta-Aurel, Ikatan Cinta, #eh... gimana? hehhee..

Intinya mereka menikah di gedung, ada beberapa tamu yang diundang dan makan bersama, that's it. Sepertinya Soo Ji ini anaknya menganut kepercayaan no ribet-ribet club. Cool! Ibu, Soo Ji dan Sung Chan sama-sama setuju dan sepakat kalau pernikahannya sederhana aja.

Namun apa yang terjadi guys...??

Saat hari pernikahan tiba, Soo Ji, Ibu dan Sung Chan tampak bahagia menyambut para tamu yang hadir. Namun tak berapa lama, ada sebuah misteri terjadi. Sung Chan mendadak menghilang setelah berpamitan kepada Ibu Kyeong Hye untuk ke toilet.

Semua pada panik doonk...

Nam Ji Hyun gagal menikah dalam drama terbaru JTBC : Off the Course

Ke manakah perginya Sung Chan?
Apakah ia diculik oleh geng mafia Abang Vincenzo?

Atau Sung Chan melarikan diri atas kemauannya sendiri?


Ide Cerita Drama Off the Course

Overall, aku suka sama ide cerita drama Off the Course ini. Karena setelah Ibu dan anak ini terus menerus bersitegang atas masalah yang mereka hadapi, tapi pada akhirnya, kasih Ibu sepanjang masa. Sang Ibu sampai akhir menemani sang anak untuk mencari tahu misteri yang terjadi ini.

Satu demi satu masalah terungkap dan gak hanya masalah Sung Chan yang terungkap, tapi cinta sang Ibu untuk anak dan sang anak untuk Ibu pun juga terungkap melalui sebuah perjalanan panjaaang... **eh, gak panjang-panjang juga siih.. durasi dramanya hanya 60 menit kok.

Ide Cerita Drama Off the Course : Nam Ji Hyun

Ide cerita oke, tapi dampaknya, gak oke. Aku berharap, drama ini di tonton dengan bimbingan orangtua. Karena kalau anak remaja menonton drama ini, apa yang mereka tangkap takutnya langsung ditelan mentah-mentah. Emm, spoiler, ini dramanya mirip film Indonesia yang berjudul 2 garis biru.

Udah tau yaa...gimana garis besarnya?


Lesson Learn Drama Off the Course

Cintai Ibumu, Ibumu, Ibumu.

Ya, gak hanya karena Soo Ji hanya punya orangtua tunggal, terlebih dari itu, Ibu Kyeong Hye adalah sosok Ibu yang sangat mencintai anaknya dengan "cara"nya. Pengasuhan gaya lama yang diterapkan, membuat Soo Ji merasa sesak dan terikat. Sehingga gak heran kalau amanah yang dipercayakan jadi berantakan dan semua impiannya ambyar di tengah jalan.

Namun, tetap.
Cintai Ibumu karena ia yang telah melahirkan dan membesarkanmu dengan segala cinta dan segenap rasa. Nyeess banget siih... waktu scene Ibu dan anak ini berpelukan.


Meskipun seorang Ibu melahirkan seorang anak, bukan berarti Ibu paham isi otak anak.

Ini gambaran ketika apapun yang diputuskan oleh Soo Ji selalu terasa salah di hadapan sang Ibu. Ibu Kyeong Hye yang terlalu mengekang dan langsung memutuskan tanpa bertanya hal tersebut baik untuk Soo Ji atau tidak, membuat Soo Ji merasa seperti anak kecil terus di hadapan sang Ibu. 

Seperti di salah satu scene dalam drama Off the Course, ketika ada biksu kecil yang menceritakan mengenai fasa hidup telur ayam hingga menjadi anak ayam dan ayam dewasa. Sang anak ayam harus melewati masa sulit keluar dari cangkang agar ketika ada kesulitan lain di luar sana, ia mampu melawan dengan tenaga yang dimilikinya ketika akan melepas cangkang.

Ada proses mematuk, proses sayap-sayap yang digerakkan, ternyata sang Ibu ayam membbiarkan hal itu terjadi tanpa membantu anak ayam, agar si anak ayam tumbuh menjadi ayam yang kuat.

"Sesekali membiarkan anak merasakan susahnya hidup, itu perlu."


Hidup bagaikan sebuah perjalanan.

Sepanjang drama Off the Course, hampir 80% drama diisi dengan perjalanan pencarian sang calon pengantin. Dan harus aku akui, sebuah perjalanan memang membutuhkan banyak kerjasama dan komunikasi yang baik. Jadi, seperti dalam hadits Rosululloh juga berkata bahwa "Jika kamu ingin mengenal baik seseorang, maka lakukanlah perjalanan bersamanya."

Dan benar saja, ketika Soo Ji dan sang Ibu melakukan perjalanan, banyak hal yang baru diketahui sang Ibu maupun Soo Ji. Pikiran Ibu dan anak ini menjadi sama-sama terbuka dalam menjalani sebuah hubungan. Dan tentu, menjadi lebih baik lagi untuk ke depannya.

Review dan sinopsis drama korea Off The Course 2021

Terkadang melakukan hal baik saja, tidaklah cukup.

Ya, melakukan hal baik, bekerja keras dan penuh keyakinan juga tetap berdoa. Itu sih kunci dalam hidup yaa.. Tapi bagi Soo Ji yang ketika ia sekolah dengan rajinnya, namun apa yang dicita-citakan belum juga tercapai, ia terus saja mencoba hal-hal baru yang menurutku, so random. Karena gak fokus inilah membuat Soo Ji kesulitan dalam menggapai impian.

Dan ketika masa sulit inilah ia berkenalan dengan Sung Chan, seorang pria tanpa mimpi yang hidup sehari-hari hanya bersenang-senang. Kerja paruh waktu dan hasilnya untuk hidup hari ini. Rumah pun gak punya, dan ia hidup tanpa orangtua, sehingga benar-benar mengubah hidup Soo Ji yang tadinya penuh aturan dan rapih.

Heool~

Memang cinta mampu mengubah segalanya yaah...


Sekali pria kabur, maka ia akan kabur lagi.

Sung Chan yang kabur di hari pernikahannya sudah bisa menjadi ciri bahwa ia bukan lelaki sejati. Eh, kok jadi spoiler yaah...??

Intinya, jika ada masalah...dihadapi. Bukan malah lari dari kenyataan dan mencari pembenaran dengan apa yang diyakini. Karena belum tentu yang kita anggap benar, itu tidak menyakiti orang lain yang kita sayangi.


So,
Buat anak perempuan remaja atau yang beranjak menuju dewasa dan menetapkan pilihan, jangan hanya ia berwajah ganteng yaa.. Coba berbicara lebih dalam lagi mengenai rencana masa depan dan lihat keseharian calon pasangan kita. Karena masa depan membutuhkan kestabilan.

Ngobrolin masalah kestabilan, aku auto inget karakter An Jeong-ha dari drama Record of Youth.

Oke, sekian dulu review drama JTBC terbaru kali ini. Semoga menginspirasi.


즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

with love,



58 comments for "Off the Course : Kehidupan Ini Adalah Sebuah Perjalanan"

  1. Mbak Len kan punya 2 anak cewe, jadi kebayang enggak sih nantinya tuh bakal ada intrik ibu-anak perempuan seperti di cerita ini?

    trus si laki ngapain deh kabur? dasar ... ga bertanggung jawab padahal udah nemplok kemana-mana. Huh!

    ReplyDelete
  2. Wah penasaran nih Lend... Itu si lakik ngapain kabur?apakah dia cuma memanfaatkan si cewek aja karena serba ada?hohoho...

    ReplyDelete
  3. nah..hanya 2 episode ya, sepertinya aku bisa menonton juga nih..hehe.. penasaran dg akhirnya.

    ReplyDelete
  4. Sepertinya menarik. Apalagi aku suka sama kedua pemeran utamanya. Otw mampir viu deh... Lumayan buat temen nyetrika

    ReplyDelete
  5. waaah memang banyak yaaaa pelajaran yang bisa didapat dari drama - drama Korea ini. Pantesan semangat terus nontonnya

    ReplyDelete
  6. Ide Drakor tuh awesome bgt ya!
    review drama ini misalnya, yg berkisah seputar perjuangan Emak dan Anaknya untuk menemukan pengantin pria yg MENDADAK GHOSTING!
    *uhuk*

    Kok, rasanya related banget hahahah

    ReplyDelete
  7. Ceritanya selalu membuat penasaran, jadi pengen download Viu juga, biar bisa tau kelanjutan kisahnya.

    ReplyDelete
  8. ah, kok saya jadi kesel sendiri sama calon mantunya kyeong hee... huhuhu... saya kalau jadi kyeong hee mungkin bakal uber tuh mantu. Anakku di ghosting gitu kan yaaa...xixiixi.. btw ini viu banyak banget ya drma-drama rekomendednya. jadi mo donlot aplikasinya deh.

    ReplyDelete
  9. Karena anak juga manusia. Jadi tetap aja ibu gak bisa menebak dengan pasti jalan pikiran anak. Tetapi, apapun yang terjadi memang ibu akan menjaid tempat anak untuk kembali bila bondingnya erat. Cowok yang kabur mah hempaskan aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mba.. masih banyak cogan dan baik lainnya.. tapi pastinya kesel ga akan pernah hilang. Itu kali yaa saya ga dikasih anak perempuan.. xixixi.. Allah maha tau

      Delete
  10. Ini nih konflik yang terjadi antara mertua dan menantu. Mereka saling tidak mengenal yang penting cinta. Dengan perjalanan ini kita jadi tahu curhat sang anak yang ia pendam atau rasakan.

    Review drama off the course akan membawa pengaruh bagi penonton

    ReplyDelete
  11. Iyaa nih penasaran sama ceritanya,by the way VIU emang recomend sih untuk d tonton karena lengkap dan aku juga sering nonton d VIU untuk drakor dll

    ReplyDelete
  12. Abis baca review filmnya, gemes ma ceritanya, ternyata film korea banyak yg menarik buat ditonton

    ReplyDelete
  13. Wah sepertinya kok menarik ini banyak lesson learn yang bisa diambil apalagi aku punya 2 anak cewek bisa jadi bahan belajar menyikapi hubungan ibu dna anak...

    ReplyDelete
  14. Kalau cuma 1-2 episode gini daku pengeen nonton mak len..
    Sekarang aku jg sudah mulai keracunan nonton korea-korea. Tapi masih film yg sekali abis. Kemaren ikut nonton mouse tapi nggak sabarrrr :D

    ReplyDelete
  15. setuju sekali dibagian melakukan yang terbaik, terus berusaha dan bekerja keras dan diiringi doa yang kuat, itu memang kunci bertahan dalam hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. hubungan ibu sama anak memang gak selamanya mulus ya, kayak aku sama ibuku pasti ada aja bentroknya, kalo deket rasanya sering bersitegang ketika jauh eh saling cari

      Delete
  16. Wah dramanya pendek ya hanya dua episode tapi sepertinya menarik banget ini sinopsisnya..jadi jalan untuk ibu dan anak lebih dekat dan akrab..

    ReplyDelete
  17. Ooh jadi si cowok beneran kabur ya bukan diculik? spoiler minta diperjelas haha
    Penasaran kenapa dia kabur di hari pernikahannya. Kasihan dong si ceweknya, udah sedih, pasti malu juga kan.

    ReplyDelete
  18. Lah cowoknya kabur.? Gak banget..hahhaa
    Tapi saya jadi penasaran deh pengen ikutan nonton. Tapi harus install viu dulu nih..

    ReplyDelete
  19. Huaaaa koo jadi penasaran deh akhir ceritanya gimana? Nggak terlalu suka drakor tapi pas baca ini jadi pengen nonton. Cusss ah

    ReplyDelete
  20. Ah.. Itu kenapa kaburr.. Haha. Jd gemes soalnya punya anak cewek.

    Mba lend kalo review drakor super komplit n sukses ngeracunnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, setuju banget bahwa walaupun si ibu melahirkan anaknya tp blm tentu paham sm cara berpikir anaknya. Heu

      Delete
  21. Menohok banget ini, sesekali membiarkan anak kesusahan untuk belajar hidup itu perlu. Yups, kadang sebagai orang tua kita suka kasihan kalau anaknya kesakitan atau kesusahan. Tapi mereka perlu belajar hidup, sehingga saat kita tidak ada, mereka tetap bisa mandiri, kereen asli.

    ReplyDelete
  22. Kuasa aku nonton ini, tapi belum sampai tamat. 30 menit lagi kayaknya. Menarik banget ini drama pendek ya. Biasanya kalo nikah terys pasangannya nggak hadir, otomatis sakit hati, trauma dan yaudahlah.. Tapi ini beda ya, langsung berangkat nyari aja,ditemani ibunya.

    ReplyDelete
  23. Wuidih, jadi penasaran dengan ending ceritanya. Hubungan personal antara ibu dan anak ini memang menarik diulik ya. Auto nonton ini..

    ReplyDelete
  24. Aku tuh suka ya drama korea ini banyak banget nilai-nilai kehidupan yang bisa dipelajari. duh aku kok jadi kangen Wang So pas kamu bilang Moon Lovers, hahahahaaa

    ReplyDelete
  25. Paling suka kalau film itu punya misi entertaint juga mengedukasi.
    Apalagi kalau menedukasinya itu "soft"
    Tidak mendikte, namun penonton menafsirkan sendiri.


    ReplyDelete
  26. Siap nih ternyata episode cuma sedikit buat Cari idea tambahan kayaknya off the course wajib d tonton ya teh..

    Konflik keluarga terus Cari pasangan samalah kykndi kehidupan nyata

    ReplyDelete
  27. baca sinopsisnya seru banget, gimana tuh ekspresi ketika pengantin pria kabur dan beenr bener membuat ibu dan calon pengantin perempuannya kaget yaa

    ReplyDelete
  28. udah nnton 2 episode doang yaaaa hahaha
    tapi menarik sih ibu anak kompakkkkk
    cuma si laki2 gantung ya kasian padahal pengen balik lagi

    ReplyDelete
  29. wah meski dramanya pendek, ternyata banyak pesan pelajaran yang bisa kita ambil ya teh
    jadi penasaran aku, cus cari dramanya ah

    ReplyDelete
  30. Tentang ibu dan anak perempuan ya, wah pasti seru dan bikin baper, heuheu...

    ReplyDelete
  31. Sepertinya lucu ya dramanya
    Jadi pengen nonton cuma belum nemu ada di VIU
    Makanya sabar kalau di Netflix
    Sabar nunggu bujet berlebih

    ReplyDelete
  32. Ini drakor ya mbk udah mulai toh? Aku suka actingnya.Belumnonton bikin penasaran deh.

    ReplyDelete
  33. Ceritanya kok mengandung bawang ya mbak hihi, tapi penasaran endingnya gimana. Sebagai ibu makjleb banget soal di bagian akhir kadang kita nggak sepenuhnya tau anak padahal 24 jam barengan. Sepertinya aku akan menjadwalkan travelling sesekali bersama mereka

    ReplyDelete
  34. Wah, ada review film lagi. Masukin list, ah. Emang, ya, Drakor ini nggak ada matinya. Selalu ada cerita baru yang menarik ��

    ReplyDelete
  35. ya ampun kasihan amat ya, pengantinnya malah menghilang, trus ketemu lagi gak hihihi.
    kesalahan apapun anaknya seorang ibu pasti tetap sayang kok ya

    ReplyDelete
  36. pengantin hilang tuh rasanya gimanaaa ya mba.. another drama with tons of life's lesson ya mbaa

    ReplyDelete
  37. Jadi Sung Chan kabuur ninggalin Soo Ji gitu??? Hilihh bangeett. Udah bikin ibu dan anak beranteem, udah dibikinin pesta pula. Penasaran bangeet sama endingnya kaaan jadinya.
    Eniwe, ini misalnya aku yang begini, udah diruqyah massal ama keluarga dah. Disangka diguna-guna, xixixi

    ReplyDelete
  38. Cakep bener ini jalan ceritanya. Aku suka. Kayaknya bisa jadi salah satu tontonan aku mba :)

    ReplyDelete
  39. Kok gemees waktu baca si cowok kabur, Manten perempuannya pasti galau banget deh ya? nah kan jadi pengen nonton detailnya, haha. Penting untuk diteruskan ke Anak-anakku yang dua2nya cowok nih, bahwa bertanggung jawab itu adalah satu keharusan, dalam hal apapun.

    ReplyDelete
  40. Makin kepo buat nonton nih, setelah baca review ala lendymut.
    siap2 buat meweeekk kayaknyaaa :D

    ReplyDelete
  41. Kok saya sedih duluan ya membaca review ini ... tapi pelajaran hidupnya banyak ya.
    Serem di bagian yang si anak perempuan bilang bahwa hidup mrek aoke-oke saja tanpa menikah, lalu kenapa harus menikah huhuhu.

    ReplyDelete
  42. Drama Korea itu kalau ambil cerita sering yang unik unik dan jarang banget diangkat sama drama kita di Indo. Mereka pinter banget mengemasnya bikin kita susah move on. Seru sih ini kayanya, aku belum nonton juga.

    ReplyDelete
  43. Bagusnya tuh cowok dikeroyok sama ibu dan anak hehe.. Bikin gemes pasti nih dramanya...

    ReplyDelete
  44. wahh keren dan unik sekali ide ceritanya, mencari mempelai pria yang kabur
    ini mini drama ya teh, asik cuma dua episode, pas buat ngisi waktu nonton nih

    ReplyDelete
  45. Ini bisa jadi pembelajaranku sebagai emak, bagaimana cara agar anak sekali-kali dilepas ga tergantung terus sama orang tua...juga menyiapkan mereka untuk kemandirian di kehidupan kelak
    Banyak pesan moral ya, dan related bener sama pengasuhan saat ini OFF The Course ini. Meski dan ada beberapa spoiler jadi penasaran nonton segera..hm jadi misteri apa yang membuat lari mempelai pria ya

    ReplyDelete
  46. Ini ibunya yang berperan jadi ibunya Wang so bukan ya ?
    Tema cerita nya cukup ringan, tapi cukup bagus. Sibling antara ibu dan anak, uniknya kian erat ketika melakukan perjalanan bersama

    ReplyDelete
  47. Aduuhh....ini si pengantin laki2nya ke manaa? Penasaran kan jadinya, jadi pingin nonton. List drama yang belum ditonton makin banyaaak... Aaaak

    ReplyDelete
  48. Belum nonton akuuh off the course jadi kpingin yau akhirnya jadi nikah gak... Alurnya menarik ya teh.. walaupun masih seputar drama romantic, hubungan Ibu dn anak

    ReplyDelete
  49. Ga nikah baik² aja kok. Jadi buat apa nikah?
    Ih pengen nyubit pake gegep deh jadinya hahaha... Sadis amat ya?
    Ya syukurny mau dinikahin eh alah malah kabur ��

    ReplyDelete
  50. Drama ini ada di Viu atau Iqiyi nggak? 😁 berapa episode totalnya? Banyak amat ya pertanyaanki

    ReplyDelete
  51. Suamiku kemarin ngajakin nonton in UNi, hehehhe. Karena episodennya pendek banget ya.
    Kesaeruan iub dan anak ini, asik udah dapet bocoran

    ReplyDelete
  52. Kok aku kesel banget ya dengan Sung Chan... idih lelaki apaan tuh ga malu lari di hari pernikahannya gitu. Hehehe... malah pembaca yang kesel deh jadinya.
    Terasa mengaduk-aduk ya jalan cerita Off The Course ini.

    ReplyDelete
  53. menarik dramanya mbak, aku paling suka tema drama yang berkaitan sama anak dan ibu, kayaknya sebab aku udah jadi ibu ibu kali jadi sering kali menjadi role model dari drama drama dan bahan bacaan. thanks rekomendasinya

    ReplyDelete
  54. Cerita dramanya menarik banget yah, jadi penasaran saya ingin nonton langsung.

    ReplyDelete
  55. Aku belum nonton drakor ini suka aktingnya, kira2 nonton di mana ini Mbk? pengen juga tahu isi drakornya secara detail deh

    ReplyDelete

Berlangganan via Email