Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Seobok : Sebuah Riset Untuk Masa Depan

Bismillah,


Annyeong haseyo, chingu.
Hola sahabat lendyagasshi.


Kalau sahabat lendyagasshi ditanya mengenai "Lebih memilih mana, kehidupan dalam keabadian atau kehidupan seperti apa adanya?"

Pertanyaan yang sebenarya tidak sulit kita jawab, karena kita paham betul makna kehidupan, pasti ada kematian. Begitu juga sedih, gembira, susah, senang. Dalam dunia ini selalu ada 2 sisi mata uang.

Tapi, dalam film yang akan aku bahas kali ini, dikisahkan seorang manusia pertama yang hidup dalam keabadian. Siapa dia?

**yang pasti bukan Reza Artamevia yaa...



Review dan sinopsis Film Seobok Gong Yoo & Park Bo Gum


Profil Film

Judul : Seobok (서복)

Director : Lee Yong-Joo
Writer : Lee Yong-Joo

  Cast :   

Gong Yoo as Min Ki Hun
Park Bo-Gum as Seo Bok

Genre : Sci-fi, Thriller, Action
Release Date : April 15, 2021
Runtime : 114 minutes

Rating : ⭐⭐⭐/5


Sinopsis Film Seobok

Seobok adalah Spesimen manusia pertama yang dibuat melalui kloning sel induk dan manipulasi genetik. Apakah Seobok bisa disebut manusia? Analoginya adalah apabila tumbuh buah tomat di balik akar kentang? Apakah tanaman tersebut bisa disebut disebut buah tomat?

(Dialog Prof. Shin Hak Seon)

Seobok memiliki gen khusus yang tidak ada pada manusia dan merupakan spesimen baru. Gen Seobok sepenuhnya dimodifikasi dari manipulasi genetik. Namun, ada tujuannya menciptakan Seobok, yakni diperuntukkan untuk sebuah riset masa depan.


Benarkah Seobok hanya sebuah spesimen?
Bisakah ia merasakan berbagai macam jenis emosi seperti layaknya seorang manusia?



Park Bo-Gum as Seo Bok

Park Bo-Gum as Seo Bok : Review Film Seobok


Film berdurasi 114 menit ini menceritakan mengenai kehidupan seorang manusia buatan pertama (hasil kloning) yang diberi nama Seobok. Ia tidak pernah melakukan apapun dalam sepanjang hidupnya, kecuali menjalani tes setiap hari dan minum obat. Seobok tidak butuh makan, minum, bahkan istirahat. Not in a single day!

Seobok yang diperankan oleh Park Bo Gum (Record of Youth) tidak bisa merasakan emosi apapun, pada awalnya. Tapi jangan salah, Seobok memiliki kemampuan luar biasa. Ketika ia merasa terancam, ia bisa mengeluarkan power yang maha dahsyat dan daya menghancurkan (pas scene ini, jadi inget Film X-Men akutu...).

Dan manfaat mengembangkan teknologi dalam penelitian Seobok ini adalah untuk regenerasi dan kemaslahatan hidup manusia juga. Jadi, dengan mengambil sel darah si Seobok ini, kabarnya segala penyakit seperti kanker, bisa disembuhkan.


Jadi, apa yang terjadi dengan Seobok berikutnya?




Gong Yoo as Min Ki Hun

Gong Yoo as Min Ki Hun : Review dan sinopsis Film Seobok


Karena kecanggihan teknologinya ini, maka Seobok menjadi rebutan antara peneliti dan tentara. Bagi para peneliti, Seobok sudah finale dan bisa dimanfaatkan untuk mengobati seorang tua yang memang mendanai penelitian ini.

Namun bagi para tentara, Seobok merupakan ancaman dan bisa menjadi senjata berbahaya. Sehingga daripada manfaatnya, bahaya yang ditimbulkan akan jauh lebih besar. Jadi sama tentara-tentara ini, Seobok mau dimusnahkan.

Dan untuk mengawal itu, Gong Yoo yang berperan sebagai Min Ki Hun adalah mantan agen rahasia yang ditugaskan mengawal Seobok untuk sampai ke tangan tentara dengan baik. Karena sekalinya Seobok marah, seperti yang sudah aku ceritakan sebelumnya, ia bisa merusak segalanya dan malah jadi ambyar.
**kok gini bahasa reviewnya? ehhee~


Seobok awalnya gak suka sama Gong Yoo, lama-lama jadi jatuh hati. Gong Yoo juga gitu, awalnya love-hate relationship sama si Seobok, eh, lama-lama ia sayang juga, layaknya seorang Ayah kepada anak (karakter Gong Yoo kali ini mengingatkanku sama film Train to Busan).


Berhasilkah Gong Yoo mengawal Seobo dengan selamat?



Kesan Menonton Film Seobok

Nonton film Seobok ini sebenarnya lama banget nunggu sub Indonesianya. Tapi ternyata gak cuma lama nunggu subs, tapi juga tayangnya sangat sangat tertunda dari jadwal sebelumnya, December, 2020. Namun lagi-lagi karena pandemi yang belum berakhir, maka film ini baru tayang setelah Park Bo Gum masuk wamil.

Dan film Seobok ini adalah hasil intrepretasi dari sebuah cerita dari China yang berjudul Xu Fu (dan apabila dalam bahasa Korea, pelafalannya menjadi Seobok) mengenai seseorang yang bisa memiliki khasiat menyembuhkan orang lain.

Review dan sinopsis Film Seobok


Menonton film Seobok di awal, bakalan dapat sensasi menyeramkan. Karena dibuka dengan adegan aksi yang sangat menegangkan. Seperti mendadak peneliti dari Amerika yang memahami perkembangan Seobok, mendadak di bom. Lalu sensasi lainnya, namun tidak meninggalkan sisi-sisi dramatisnya.

Seperti, pada akhirnya Seobok bisa mengutarakan apa yang dirasakannya selama ini kepada Gong Yoo dan menangis sejadi-jadinya. Sehingga sisi-sisi dramatis film Seobok pun semakin mendalam ketika melihat akting Park Bo Gum sesenggukan karena hanya ingin menjadi seseorang yang berarti bagi orang-orang yang disayanginya, Ibunya.


Mengharu biru banget siih..
Tapi untuk penyuka plot story yang cepat, jangan berharap banyak pada film Seobok. Sejujurnya, aku menuntaskan dalam 3 kali menonton. Karena per-part filmnya kadang terasa sangat drama sekali. Walau gak bisa dipungkiri, akting Gong Yoo dan Park Bo Gum beradu ciamik di Film Seobok ini.



Lesson Learn Film Seobok


Lagi-lagi...
Menonton film Seobok kita akan disuguhkan betapa gak enaknya hidup dalam keabadian. Meninggal? Pasti takut. Tapi hidup dalam keabadian, lebih menyeramkan lagi, seperti dalam drama Goblin atau drama-drama bertemakan gumiho.

Lesson Learn Film Seobok


Lalu, apakah arti kematian?
Kematian seperti berada dalam keadaan tidur yang dalam, selamanya...
(Seobok, 2021)


Jadi, ending Film Seobok seperti yang sudah diperkirakan bahwa ia merasa bosan dengan kehidupan yang tidak wajar ini. Dimana ia tidak bisa melihat dunia luar dan semua yang ia lakukan hanya keseharian yang menyakitkan. Sehingga lebih memilih untuk menghentikan dengan bantuan Gong Yoo.

Sedih banget.
Karena akhirnya Gong Yoo uda sayang sama Seobok. Jadi saat hanya dia yang bisa mengakhiri hidupnya, hiiks~ memilukan banget.


Sahabat lendyagasshi yang suka film dengan genre sci-fi, bisa banget nonton Seobok. Kalau sekilas melihat plot ceritanya, aku jadi inget salah satu drama Korea yang berjudul Are You Human? yang diperankan oleh Seo Kang Joon.



즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.



With love,



51 comments for "Seobok : Sebuah Riset Untuk Masa Depan"

  1. Hidup dalam keabadian sungguh enggak kebayang. Menarik tema riset untuk masa depan dalam Seobok ini. Pantas kalau bosan dengan kehidupan yang tidak wajar begini

    ReplyDelete
  2. Eh kemarin aku juga nonton drakor yang agak mirip (dalam hal kemajuan teknologi). Bukan kloning memang tapi robot caregiver yang akhirnya bisa punya perasaan seperti manusia. Kalau nggak salah judulnya the Prayer. Mungkin teh lend sudah nonton hehehe

    ReplyDelete
  3. Pernah nonton beberapa film dengan ide serupa. Kalau disuruh memilih, aku akan tetap ingin menjadi apa adanya, karena aku yakin itu yang terbaik.

    ReplyDelete
  4. Kalau genre thriller nya daku suka, walau untuk sci-fi agak kurang. Tapi sih yang penting ada pesan moralnya ya Teh, yang bisa kita tarik dan terapkan

    ReplyDelete
  5. Aku mau suport bogum.bisa dilihat dimana ka filmnya?love bogum

    ReplyDelete
  6. Melihat dan membaca potongan scene-nya ana aku merinding lho mam... Perpaduan Gong Yoo dan Park Bo Gum ini sepertinya tidak boleh dilewatkan ya.

    ReplyDelete
  7. Dari alur ceritanya terlihat sangat lambat dan penuh drama ya...Teh Lendy aja nonton sampai 3 kali...

    Dipikir-pikir Seobok ini mengingatkan kalau riset atau penelitian itu seperti 2 sisi mata uang ya. Ada efek baik seperti untuk mengobati orang tua, tapi juga bisa berbahaya kalau tidak hati-hati, makanya harus dikawal dengan baik

    ReplyDelete
  8. Teh ini film dmn ada di VIU? mau serach ah penasaran deh bagus nih alur ceritanya bis anih buat isi liburan besok

    ReplyDelete
    Replies
    1. filmnya dari interpretasi cerita Cina ya teh, apalagi ceritanya juga akhirnya jadi pada rebutan buat peneliti dan tentara konfliknya pasti seru

      Delete
  9. hahaa tuh kaan mesti drakor tuh adaa aja nah ceritanya. kulihat sebetulnya tema2 dan storytelling kayak gini banyak di hollywood, mba, tapi jadi beda yaa kalau di drakor. entah dari sentuhan storytelling hingga setting cerita

    ReplyDelete
  10. aku suka genre sci-fi mbak, ini nggak serem banget yang di awal kan ya
    kalau ada actionnya emang seru buat ditonton
    list juni kayaknya makin banyak nih

    ReplyDelete
  11. Wah, ini film baru lagi kah, Teh Lendy? Saya kemarin baru namatin nonton Mouse, hehe ... Sekarang lagi nonton Sell Your Haunted House. Suka sih genre Sci Fi. Boleh juga nih ntar ditonton.

    ReplyDelete
  12. wah ini film terbarunya park bo gum ya teh
    seru dan menarik ceritanya
    ada gong yoo pula, fix masukin list buat tontonan akhir pekan ah

    ReplyDelete
  13. Wah ada Park Bo Gum ya yang jadi Seabok, nonton ah hahaha kok gara-gara ada dia.
    Jadi ceritanya berlatar belakang sains gitu ya manipulasi gen manusia. Pas lagi males nonton drakor menidng lari ke film aja dulu

    ReplyDelete
  14. Aku suka kedua aktor ini dan mereka beradu akting pula, semakin bikin penasaran dan pengen nonton..

    ReplyDelete
  15. teh aku masih fokus nih sama serial drama korea Mine, makin seru ceritanya, agak thriller gitu modelan ceritanya sih. tapi seobok ini juga cukup menarik ya buat disimak

    ReplyDelete
  16. Keren banget Mbak bisa nonton film Korea yang gak ada subtitle bahasa Indonesia nya kalau aku jujur bingung banget kalau misalnya nggak ada subtitle bahasa Indonesianya

    ReplyDelete
  17. Aduh, sedih ya endingnya? Huhu... kebayang sih ya kalo hidup dalam keabadian gitu. Malah ditinggal satu per satu sama orang yang dicintai. Sehingga akhirnya sendiri dan bertemu dengan orang baru. Hehehe... malah nyerocos ke mana2 nih aku :D

    ReplyDelete
  18. Duuuh, belon sempet nonton Seobok padahal udah masuksuk waiting list nih, lumayan buat ngobatin rasa kangen ama Bogumy yang lagi wamil nih. Apa lagi main bareng ama Kim Shin ahjusi pulak

    ReplyDelete
  19. pasti seru nih film, baca sinopsisnya aja bikin kepo, lumayan juga buat nabah wawasan selama 114 menit yah. keren juga pemainnya, klop deh

    ReplyDelete
  20. nah kalo scifi gini mah aku suka nih, mana yang main gong yoo sama bo gum hahahhaa, kalo mikir futuristik gitu kdg suka serem ya, apalag skrg dimana2 lg pada ngembanngin AI jg, parno aja jgn2 kaya film terminator yg akhirnya jd out of control

    ReplyDelete
  21. Kalau ini aku ngerti pemain filmnya. Gong Yoo hehehe. Yang main di Train to Busan. Wah pengen nonton filmnya ah

    ReplyDelete
  22. Drama Korea selalu menyuguhkan kisah yang menarik untuk dinikmati. Meski kadang kala harus sad ending, tapi selalu bisa memberikan kesan yang mendalam.

    Oh Seobok, semoga ini menjadi waiting list ku yang bisa ditonton.

    ReplyDelete
  23. Gong Yoo ini kalau di film perannya bapakable deh, mulai dari Silenced, Train To Busan, Kim Ji-Yong dan sekarang Seo Bok. Jadi makin cinta #eh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak trailer film ini muncul penasaran sama adu akting Gong Yoo dan Park Bo Gum. Ini nonton di mana, Mbak Lendy? Ada di Viu tak?

      Delete
  24. Pasti bakalan aku nonton
    Ada Gong Yo dong yang duet sama Park Bo Geum
    Siapa yang tidak akan menontonnya
    Semoga bisa nonton dengan tenang

    ReplyDelete
  25. Baru aja nonton move to heaven gegara racun dr blog mb lendy. Eh, udah pindah aja review yg lain. Tulung jgn racuni terus.. 🤣 mantep banget mb lend maksimal reviewnya.

    ReplyDelete
  26. Oh ini tuh film ya... Dari awal baca paragraf pertama aja, udah kebayang endingnya pasti sedih, hiks...

    ReplyDelete
  27. sempat nonton trailernya kemarin seliweran. jadi makin tertarik nonton setelah baca review mak nih.

    ReplyDelete
  28. pernah nonton mbak, aku kirain filmnya lama eh kayak drakor gitu, endingnya ngambang yaa, terlalu pendek jadi endingnya enggak gereget hihihi

    ReplyDelete
  29. Asyeekk dua aktor keren duet.
    Pantes seliweran mulu nih mbak keduanya bersama di IG.
    Mau ah nyoba nonton filmnya juga kyknya genre ini menarik juga buat ditonton. Walau ngeri2 sedep mbayangin manusia bisa digantikan sama makhluk lain yg sama persis hehe

    ReplyDelete
  30. eh, park bo gum wamil ya...ah, ga ikutin perkembangannya. Kayanya seru nih drakornya. aku suka takut kalau nonton yg laga gini. aku sukanya romance, komedi dll. yang berantem suka takut sih. tapi taxi driver aku ikutin terus...haha.

    ReplyDelete
  31. Baca paragraf awal kayaknya drama ini mengandung unsur fantasi, gak cocok deh sama aku Mbak wkwk.. Goblin aja saya lepas apalagi ini, nonton drama yang keseharian aja macam Vincenzo walaupun kurang greget tapi setidaknya jantung aman haha

    ReplyDelete
  32. jadi seobok ini filmnya lebih ke drama, ya. kupikir film action gitu

    ReplyDelete
  33. Mau nonton jugaaaa. Kebetulan lagi nyari rekomendasi film, Mbak. Soalnya kalau nonton drama kebanyakan episodenya. Hihi.

    ReplyDelete
  34. Ditengarai dari hasil baca baca barusan, bakal ada konflik yang lumayan seru tuh dalam serialnya ini. Bukan hanya untuk hiburan tapi bisa jadi pembelajaran dari tayangannya ini ya

    ReplyDelete
  35. Lendyagasshi selalu hadir dengan drama dan film2 baru. Numpang nyimak aja ya, ananda. Karena semenjak usia kepala 6 si nenek ini jarang mengikuti perkembangan film. Kadang lebih senang mengikuti reviewnya. Selamat pagi.

    ReplyDelete
  36. Park Bo Gum tampil tanpa emosi ya di pilem ini?
    Penasaran sih
    kayaknya bagus ya Teh, walo ya penuh teori filosofi di mari

    ReplyDelete
  37. Cerita filmnya menarik! Ketakutan akan kematian juga sangat natural ada pada diri makhluk hidup. Seobok dapat menggambarkannya dg baik. Juga bahwa menjadi abadi juga tidak semenyenangkan itu juga real adanya.

    ReplyDelete
  38. Wih duet pak bo gum sama gong yoo, sangat menarique ini. Aku belum nonton seperti biasa, baca2 review dulu dari yang terdepan selalu update duluan. Haha..

    ReplyDelete
  39. pasti akan jadi tontonan yg menarik ya
    park bo gum beradu akting dengan gong yoo
    harus nonton nih

    ReplyDelete
  40. wah park bo gum sama yg jadi goblin, seru banget baca spillnya dari teh lendy deh. makin penasaran, sad ending atau happy ending nih.

    ReplyDelete
  41. Wah baru tahu nih ternyata seobok filmnya sekeren ini ya mbak... Apalagi Ada park no geum uh seru banget pasti

    ReplyDelete
  42. Saya selalu suka review filmnya. Lengkap baget

    ReplyDelete
  43. Gong Yo awet muda, Park Bogum bahkan meranin anak SMA aja masih cocok. Sebenernya mereka ini makan apa sih bisa fresh terus penampilannya, hahaha... Duh, maap salfok sama pemeran utamanya 😆

    ReplyDelete
  44. Aku suka genre sci-fic seperti ini. Bisa masuk list nih film. Terimakasih sharing-nya, Mbak ��

    ReplyDelete
  45. Mba Len, minta linknya dooong... btw memang sih hidup abadi itu serem, tapi kalau hidup abadi di dunia kita bisa memilih mau bahagia atau derita. Kalau mati kita ga bisa memilih hidup di abadinya, neraka atau surga.. sudah ditetapkan.. xixixi..

    ReplyDelete
  46. Kalau ada yang canggih seperti Seobok ini, biasanya jadi rebitan sih ya ... seru ya. Idenya, lagi2 luar biasa.

    ReplyDelete
  47. Kalau aku bayangin hidup abadi kok malah ga enak, gimana enggah, udh ga pny temen kl yg seumuran udh meninggal.

    ReplyDelete
  48. Selain genre thriller suka juga dengan sci-fic jadi pengen juga nonton film Seobok ini. Btw hidup dalam keabadian memang menyeramkan juga ya karena kita akan selalu kehilangan orang tercinta dan mungkin akan selalu merasa kesepian walau hidup selamanya

    ReplyDelete
  49. Aku belum nonton yang ini. Sepertinya menarik, ya. Tapi jangan nonton sendiri, ah. Takut halu hiks

    ReplyDelete

Berlangganan via Email