Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jalani Profesi Sebagai Blogger

Bismillah,

 

Jalani Profesi Sebagai Blogger.
Hola sahabat lendyagasshi.


Kalau sudah sering berkunjung ke blog lendyagasshi yang isinya beraneka rasa dan beraneka rupa, mungkin sahabat sudah paham kalau aku menekuni dunia blogger sejak 2016. Alasan menjadi blogger bukan demi siapa-siapa sih ya.. tapi demi kesehatan dan kesenanganku sendiri.

Dari yang bikin 1 blog, lalu beranak menjadi 2, 3, dan kini blog yang TLD sudah ada 2 dan non-TLD ada 3 blog. Ditambah lagi beberapa blog yang aku kelola bersama sahabatku, teh Dian sebagai blog recap drama Korea. Semua buat seseruan dan menambah pengalaman di dunia blogger yang penuh warna-warni.

Jadi yang belum tahu apa itu blogger dan apa aja keseruannya setelah menjadi blogger, bisa yuk..baca tulisanku berikut ini.

Mengenal Profesi Blogger



Apa itu Blogger?

Orang yang memiliki dan menulis di sebuah blog dan blogger ini adalah orang yang suka berbagi melalui tulisan dan kemudian diposting ke dalam sebuah blog. Untuk platform menulisnya yang paling banyak digunakan saat ini adalah blogger.com dan wordpress.com.

Kalau ingin tahu apa kelebihan dan kekurangan masing-masing platform, sahabat lendyagasshi bisa baca di artikel "Tidak Bisa Memilih Antara Blogspot atau Wordpess". Semoga membantu, walau tulisannya banyak curhatnya berdasarkan yang aku alami selama ini dari memakai kedua platform tersebut.

Bagaimana sebaiknya sebuah blog, sudah pernah juga aku curahkan di artikel tersebut. 


Bagaimana Menjadi Seorang Blogger?

Aku rasa, setiap orang yang menekuni dunia menulis di blog, pasti sebutannya Blogger. Sedangkan yang menekuni dunia vlog, pasti sebutannya Vlogger. Ya, sesimple itu sih yaa..




Suka Duka Menjadi Blogger

Sukanya banyaaakk banget. Dari mulai yang bikin seneng karena alhamdulillah lendyagasshi sudah bisa menghidupi 2 blog untuk biaya perpanjangan domain dan biaya hosting sampai suka dengan komunitas blogger, tempat aku senantiasa bertumbuh.

Dari mulai komunitas pertamaku, Komunitas Blogger BDG, Warung Blogger, Blogger Perempuan Network, Kumpulan Emak Blogger, IIDN, Bplus, Mom Blogger Community, Blogger Crony, BRT Network, Eco Blogger Squad.

Alhamdulillah~

Semakin banyak bertemu blogger, semakin banyak bahan obrolan yang bisa membuatmu terus melihat ke dalam. Apa yang harus dilakukan, apa yang harus diperbaiki dan lain-lain. 


Kalau dukanya menjadi blogger ada gak yaa..?
Sebentar, aku ingat-ingat dulu.. Emm, mungkin dukanya kalau pas fee pekerjaan yang cair lama banget atau bahkan pernah dibayar dengan "janji-janji" palsu. Sudah ditagih sampai di mention di twitter, malah kitanya yang disalahin karena mencemarkan nama baik.

Huuff banget sih kalo kena PIC yang begini...

Oh duka lainnya menjadi blogger adalah ketika niche blog kita berbeda dari yang lainnya. Itu sangat mengundang komentar yang mungkin bisa jadi tidak nyaman untuk dibaca. Dan belajar dari situ, aku selalu memposisikan diriku sebagai fans dari blogger tersebut. Sehingga gak memberikan komentar yang sekiranya bisa bikin beliau merasa tidak nyaman.


Pengalaman Menarik Selama Jadi Blogger

Selama menjadi blogger, pengalaman yang menarik ketika artikelku diapresiasi oleh orang lain yang memiliki passion yang sama. Misalnya, karena blogku sering bahas drakor, sedikit drama Jepang dan lakorn, beberapa kali sering di mention kalau kontenku dijadikan acuan untuk konten mereka.

Sesederhana itu, bikin aku bahagia banget sih yaa..

Dan kalau ada yang DM buat nanya, "Kak..bahas donk, drama A. Aku suka cara kaka bahas drama Korea." Nah, dari sini aku jadi semangat lagi menuliskan review dan sinopsis drama Korea.

Pengalaman Menarik Selama Jadi Blogger

Dan beberapa kali deket sama blogger yang belum pernah ketemu di dunia nyata, tapi rasa saudara. Perlu aku sebut gak nih.. hehhee, karena kita kalo uda bahas drakor, bisa merembet ke dunia nyata. Kaya drakor tuh sebenernya trigger buat kita me time sekaligus mengetahui banyak hal baru di dunia yang luas ini.

Yah, meski bisa dibilang dramatisasi, wajar aja sih.. judulnya juga Drama Korea, bukan "Oh Mama, Oh Papa."

**hadjuuh~ jadi buka kartu nih.. anak angkatan berapa..

 


Keuntungan Menjadi Blogger

Ada donk.. keuntungan menjadi blogger selain mendapatkan kesehatan jiwa raga, karena semua yang ingin dikeluarkan, bisa tersalurkan dengan baik melalui saluran yang juga merupakan passionnya yakni menulis blog, juga bisa mendapatkan feedback dari pembaca yang bisa jadi masukan juga untuk sang blogger.

Menyalurkan hobi - Yang biasanya bingung mau nulis apa, sebenarnya mungkin bukan sedang gak ada ide yaa.. Tapi gak ada mood buat menulis. Karena yang namanya ide menulis mah ada banyaaakk banget. Meski hanya di rumah aja tuh..ada banyak hal yang bisa ditulis, seperti yang hobi masak, bisa bikin konten mengenai menu-menu masakan, kue dan baking juga hal seputar keuangan yang disambungin dengan kebutuhan belanja.

Kalau kaya aku, meski gak keluar rumah, tapi hobi yang bikin aku bahagia tetap bisa menjadi konten adalah drama Korea atau film yang aku tonton, buku yang aku baca dan apa yang aku kerjakan bersama suami dan anak-anak.

Menjadi yang pertama kali tahu - Kalau dapat job menulis tuh, bisa jadi blogger berkesempatan pertama kali tahu mengenai sebuah isu. Misalnya edukasi masalah kusta, edukasi masalah manajemen kebersihan menstruasi dan lain sebagainya.

Setelah tahu, tugas blogger berikutnya adalah memberikan informasi yang benar terkait masalah-masalah tersebut. Sehingga masyarakat memiliki akses informasi yang tepat, menjadi tenang dan tahu apa yang harus dilakukan.

Selain menjadi pertama yang tahu, bisa jadi juga menjadi yang pertama mencoba sebuah produk. Seperti launching produk skincare POND’S Bright Beauty Triple Glow Serum.


Keuntungan lain, tentu mendapat banyak teman sesama blogger yang bisa saling memberikan dukungan dan insight dengan ajang saling BW, saling berbagi link di sosial media dan saling memberikan komentar, tentunya komentar yang positif yaa..

Meningkatkan skills menulis dan membaca - Menjadi blogger memang gak sekedar menulis, tapi membaca. Kalau hanya menulis dan gak mau membaca, pastilah gaya menulisnya monoton. Menjadi blogger, banyak membaca blog sahabat blogger lain dan mengamati apa yang bisa diambil sisi positifnya untuk ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

**asalkan bukan copas yaa.. mempelajari gaya bertutur yang mudah dipahami, ini wajib. Agar pembaca betah dan merasakan membutuhkan informasi dari blog yang ia kunjungi.

 

Mendapat kenalan baru - Menjadi blogger seperti membuka dunia baru buatku, karena seperti yang pernah aku ceritakan, pengalaman mendapat sahabat baru dan saling berdiskusi lalu berlanjut kerjasama beberapa project happy-happy.

 

Mendapatkan penghasilan - Sudah bukan rahasia lagi yaa.. Merawat blog karena hobi menulis dan membuat konten kreatif akan membawa blog kita ke pembaca atau calon klien yang mempercayakan produknya untuk diulas di blog kita. Kuncinya satu, blognya kudu rajin dirawat. Agar klien percaya bahwa kita menulis dengan jujur dari sudut pandang dan pengalaman yang kita alami.

Setelah bekerjasama, tentu akan ada fee yang diperoleh. Besar kecilnya fee, bisa menyesuaikan brand yang diajak bekerjasa. Dan yang penting adalah jalin kerjasama secara berkesinambungan dan membuat blog kita terasa sebagai "rumah" yang nyaman bagi sang penulis dan bagi pengunjung.

 

Bagaimana sahabat lendyagasshi..?
Sudah terbayang keseruan menjadi blogger?

Berniat menjadi blogger atau baru memasuki dunia blogger?
Jangan khawatir... 

Yuk,
Jalani profesi ini dengan penuh cinta dan bahagia, sehingga pembaca ikut merasakan vibes yang sama.


 Selamat menulis untuk mengukir keabadian dan kesenangan.

Happy Ramadan 1443 H.

 

#BPN Ramadan 2022
#day18

 

With love,


Post a Comment for "Jalani Profesi Sebagai Blogger"