Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

[Ramadan Day 3] My Dream Blog

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi.
Setelah kemarin dua kali berturut-turut ngobrolin masalah blogging, dari mulai arti nama blog (yang nyambung dengan personal branding) lalu Alasan Mulai Nge-blog (yang aku sambungin sama Alasan Mengapa Blog Tidak Ramai Dikunjungi), hari ini temanya adalah Harapan Untuk Blog.

Harapan untuk blog, tentu bermacam-macam yaa...tergantung tujuan menulis blog itu sendiri. Seperti yang sudah disebutkan, blog itu cerminan penulisnya. Dan penulis blog tentu memiliki value masing-masing yang itu bisa mendatangkan page view (kunjungan) dari pembaca yang memiliki value sama seperti kita.

Jadi,
Jangan pernah khawatir untuk menuliskan sebuah ide, meski terlihat sederhana, pasti akan ada yang mencari informasi mengenai hal tersebut di dunia luar sana. Even hanya menulis curcol loo.. Bisa jadi PVnya tinggi karena menuliskan pengalaman pribadi yang bisa diambil hikmah oleh orang lain.

Bagaimana Membangun Blog yang Baik

Kali ini, aku mau bahas mengenai Impian terbesar menulis blog. Kenapa sih, memilih menulis di blog, bukan jadi penulis buku, misalnya.

Hemm, tentu ini pilihan yaah..

Perjalanan Menulis Blog Itu..

Setiap orang memiliki jalannya masing-masing

Iya, zaman dulu....pertama kali menulis di blog, bisa dibilang, aku menuliskan semua yang aku rasakan dan alami selayaknya menulis diary digital. Setelah parenting, aku nulis. Setiap ada lagu yang aku suka, aku tulis. Habis baca buku, aku tulis.

Semuanyaa..

Kini, sudah tahu arti niche blog, blogku lebih fokus menuliskan review drama Korea dan film Korea. Harapannya tentu menjadi tempat diskusi yang asik kalau ngobrolin drama atau film Korea. Semakin lama, aku merasa ada yang kurang niih..kalau hanya menuliskan review drama atau film Korea, which is drama dan film itu kan gak aku tonton semua juga kaan.. Jadi aku mulai memberanikan diri menuliskan mengenai Korea, sepanjang yang aku tahu.

Hal-hal sederhana seperti sageuk, Kpop, dan seputaran Korea lainnya. Karena aku kini sedang mangambil kelas bahasa Korea, harapannya ke depan, aku gak cuma bisa ngomong "saranghae" sama Oppa-deul... hhehehe...tapi juga bisa baca dan menulis hangeul dengan baik.

Cara Belajar Bahasa Korea


Tetap menulis

Tentu ada kalanya menulis itu aktivitas yang membosankan, aktivitas yang tidak mendatangkan kebahagiaan karena pekerjaan, misalnya. Kan gak jarang juga harus menuliskan sponsor post yang gak sesuai dengan minat kita. Jadi mager dan males ngerjain atau dikerjain tapi mepet deadline sehingga hasilnya seadanya.

Pernah banget mengalami masa-masa itu.

Apalagi yaah, kalau boleh jujur, di kolom komen juga ada yang komentar nyelekit, seperti "Kenapa menulis review drama Korea?" atau "Kerjaannya nonton drama Korea aja yaa..?" atau "Tontonan itu kan mendatangkan mudharat."

Komentar-komentar seperti itu yang sering bikin aku down dan malas menulis. Tapi alhamdulillah, Allah selalu mendatangkan masalah dengan jawabannya. Seringkali saat aku down, mendadak ada sahabat blogger yang wa. Sahabat itu sebut saja blogger panutanku, teh Nchie (nama sebenarnya, ehhehe), kak Rijo, kak Dwi, Kak Risna, kak Litha, teh Nas, Rella dan sahabat drakorclass yang gak bisa aku sebut satu per-satu hadir mewarnai hari-hariku dan memberikanku kekuatan baru.

Aku harus bersyukur dengan kesempatan yang diberikan dan menjadi diri sendiri. Tentu aku sadar betul bahwa bukan pribadi sempurna, sehingga mohon di doakan agar aku bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu yaah...sahabat lendyagasshi.


Saat ini, targetku adalah tetap menulis dan update blog. Maka, aku selalu ikut BPN Challenge (2021) dari tahun ke tahun. Sekaligus menantang diri dan tetap berpikir untuk menuliskan sesuai tema yang diberikan.


Tetap berusaha dan jangan berhenti

Karena menulis di blog ini buatku adalah sebuah perjalanan berbagi pemikiran dan insight juga perasaan yang sedang kualami, meski gak jarang aku membungkusnya dengan tema yang lain, jadi tidak semata-mata membahas isu yang sedang aktual, karena bisa jadi pendapat yang aku tulis tidak benar.

Contoh kasus sederhananya adalah ketika kasus bullying yang menimpa aktor kesayanganku, Jisoo dan batalnya drama Dear M (ini masih pending siih..), yang gak secara langsung menimpa debut akting pertamanya Abang Jaehyun NCT di layar kaca. Aku menuliskannya dalam tema wamil dan Kisah Ondal. Sedih boleh, tapi judgement, jangan.

Karena aku sendiri gak suka kalau ada orang yang menilai diriku (padahal gak kenal dekat). Jadi aku berusaha se-objektif mungkin.


Karena perjalanan masing-masing orang tidaklah sama..

Ada yang berbagi masalah SEO dan bisa langsung menerapkannya di blog, ada yang membutuhkan perjalanan panjang dulu, baru memahami apa itu SEO. Tapi yang jelas, kalau aku pribadi, tidak perlu menjadi orang lain saat menulis. Jadilah diri sendiri yang menyediakan konten yang membuat diri bahagia.

Masalah memenuhi kaidah SEO atau tidak, itu bisa dipelajari perlahan ketika blog mulai bertumbuh dan banyak dipercaya oleh klien untuk mengulas produk atau jasanya. Dari sini, kita akan belajar juga menulis dengan menggunakan keyword, menulis menggunakan alt image, dan perintilan-perintilan dalam menulis blog.

TIPS : Menghargai diri sendiri dengan menerapkan rate card untuk klien, sah-sah aja. Tetapi kalau aku pribadi, menjalin silaturahm ini penting. Untuk orang yang sudah kenal, kalau "dipercaya" membuatkan konten dalam rangka memasarkan produknya, tentu aku akan senang sekali, meski fee yang dibayarkan tidaklah besar atau malah hanya berupa produk.

Karena dari sana, seringkali aku mendapatkan ilmu yang berharga. Setiap berjumpa dengan klien dan menjalankannya bersama sahabat blogger lain, pasti aku banyak belajar dari sana. Sehingga ini yang membuatku semangat untuk terima job dari manapun, tapi tetap menghargai diri sendiri juga yaa.. Jangan lupa.

Terlalu "murah" membuat vendor (orang ketiga yang memberi job) kadang menjadi "memudah"kan. Sehingga kasian juga dengan blogger lainnya. 

Iiih..aku ngomongnya bikin lieur yaah..
Intinya, terima job kalau memang bidang spesifikasinya. Titik. Mencoba hal baru tidak ada salahnya asalkan masih dalam satu lingkup yang sama.

Keep fighting, keep writing.


Bagaimana membangun TRUST dengan pembaca?

Riset
Siapa bilang menulis itu mudah? Aku yakin, semua orang bisa menulis, namun hanya sedikit penulis yang bisa menyampaikan ide pemikirannya kepada pembaca. Untuk itu, perlu banget kita riset mengenai audience (pembaca) blog kita. Seperti blog lendyagasshi yang suka mengulas drama dan film Korea, kalau dilihat traffic audience nya sudah sesuai, yakni remaja usia 18 tahun hingga 35 tahun.

Sehingga kalau menulis pun, sebaiknya tidak menggunakan bahasa yang terlalu formal. Kalau bisa menggunakan bahasa gawl😆 yang mudah dipahami dan para pembaca merasa nyaman, sehingga pesan atau ide yang aku sampaikan pun sampai dengan mudah.


Jangan updte blog hanya karena endorsement
Ini beneran effort banget siih...ketika ada tulisan mengenai sebuah produk, tentu kita akan menyelipkan di antara blogpost kita yang lainnya. Nah, masalahnya adalah saat kita gak aktif menulis di blog. Maka dari satu produk ke produk yang lain seakan tidak ada jeda. Dan ini membuat blog kita bagaikan etalase toko yang mengiklankan semua produk, even dari jenis yang sama.

Misalnya sama-sama ingin menuliskan mengenai sebuah brand skincare. Kalau sudah brand skincare A, lalu update blogpost lagi, kita cerita brand skincare B. Asa aneh gak sih?

Terlihat seperti tidak konsisten dan profesional yaah.. Jadi ada baiknya setiap post di blog diberi jeda beberapa post organik. Agar tetap terjaga dengan baik kepercayaan yang pembaca berikan terhadap info di dalam blog yang kita kelola.


Berikan feedback/engange kepada pembaca
Ini masih PR juga sih..buat blog lendyagasshi. Dimana setiap komentar yang masuk, baik di media sosial maupun di kolom komentar blog mendapatkan feedback dari penulis, agar terbangun engagement antara pembaca dan penulis. 


Iklankan tulisanmu melalui media sosial
Ini juga aku masih so random. Setelah menulis, ingatnya adalah ya udahlah..nanti ikutan share link untuk BW aja. Padahal yang konsisten menulis, bisa jadi setelah menulis langsung share link ke beberapa media sosial, bisa memantik rasa ingin tahu dari pembaca.


Impian Terbesar Blog lendyagasshi

Impian terbesarnya adalah bisa dipercaya menulis sesuatu yang memang menjadi passionku. Seperti baru-baru ini terpilih sebagai Kocca Indonesia. Jadi semakin semangat membuat konten yang membuat blog lendyagasshi grow up together.

Aku suka belajar hal-hal baru dan aku suka berbagi.

Semoga blog lendyagasshi tetap menjadi tempat berbagi yang asik mengenai berbagai hal, terutama Kokoreaan. Kita ghibahin aktor yang ganteng seru, kita berbagi hal-hal unik mengenai kebudayaan dan bahasa Korea.

Gitu yaa..

Semoga gak pernah bosan baca tulisan di blog lendyagasshi dan tetap semangat menulis.


화이팅!


With love,



16 comments for "[Ramadan Day 3] My Dream Blog"

  1. Mbak Lendy kalau menulis review drakor berbeda dengan banyak orang. Apalagi yang ada unsur sejarahnya. Lebih dalam dan bisa membandingkan dengan drakor2 lainnya. Terus selalu ada nilai2 yang bisa dipetik dari tontonan itu jadinya orng jadi lebih bisa memilih drakor mana yang baik untuk ditonton. Tetap semangaaat.

    ReplyDelete
  2. Tetap semangat untuk selalu memberikan informasi dan mengedukasi pembaca melalui blog, Mbak Lendy. Kapan-kapan aku mampir ke sini lagi buat baca tulisan Mbak Lendy seputar budaya Korea kalau ada, ya. Hehe.

    ReplyDelete
  3. Kalau sudah tahu tujuan maka kita tinggal fokus dan rajin menulis. Masa bodo amat sama omongan orang

    ReplyDelete
  4. Dulu tuh aku ogah nonton drakor.
    Jadi berubah pikiran sejak baca blog teh Erry dan ofkorsss blog LendyAgashhi yg imuttt ini :D
    Makin ketagihan dah buat main2 ke blog pinkish ini

    ReplyDelete
  5. Tetap semangat ya mbak. Dunia blog memang penuh dinamika. Kita jadi harus terus belajar . Terima kasih tips-tipsnya

    ReplyDelete
  6. MashaAllah teh.. semangatnya itu lho.. bikin aku termotivasi untuk tetap aktif menulis lho.. seneng banget kalo berkunjung ke blognya teh lendy.. selalu ada aja yang bikin semangat dan tentunya sangat menikmati tulisan teh lendy

    ReplyDelete
  7. Udah lama ga bw dan ke blog mba lendy. Apa kabar mba. Semoga tetep semangat menulis ya mba. :))

    ReplyDelete
  8. bravooo mba.. yang penting semangatnya itu lho. The rest is coming after that. Apalagi kalau memang passionnya di situ

    ReplyDelete
  9. Saya baru nonton drakor terakhir2 ini bukan krn apa itu drakor dan bla, bla, blanya,,, tapi krn menjaga sediktit jarak dengan yg berbau Korea yg sempat membuat hati lelah, wkwkwk.
    Semangat menuliskan drakor mba, aku penonton pemula yg nyari referensi tontonan ke blog teman2 pencinta drakor sperti blog Lendyagasshi ini.

    ReplyDelete
  10. Padahal banyak banget pelajaran yang bisa diambil saat nonton drama korea ya kak. Semangat menulis drakor mbaa! Banyak yh suka drakor termasuk akuu

    ReplyDelete
  11. Salut nih mbak lendy bisa update blog tiaop hari,ikut share link jg dmn2 hehe
    Aku jg skrng targetku gak muluk2 bisa ngisi blog tiap hari aja udah hepi banget :D
    Btw aku kepoh keanggotaan Kocca itu selamanya atau ada periodenya gtu mbak?

    ReplyDelete
  12. bener banget jangan hanya nulis karena endorsment hehe betul banget. Selalu semangat buat update tulisan apa aja di blog. Tapi kalau udah ada tema yang mau ditulis per bulannya itu mudahin banget jelas

    ReplyDelete
  13. Huaa keren bangett, tapi ya kak jujur aja blog kamu tuh salah satu blog favoritku soale kalau cari referensi drakor ya baca blog kamu haha.

    ReplyDelete
  14. keren mba, memang blog itu juga seharusnya kita rawat terus yaa.. siapa tahu bisa menjadi perantara mimpi-mimpi kita. aamiin.. ini reminder juga buatku nih :D

    ReplyDelete
  15. Blognya Lendy sudah melekat banget Korea-nya. Kalo aku nonton drakor sekadar penikmat. Ga sampe mendalami banget sehingga harus belajar bahasa Korea juga hihihi

    ReplyDelete
  16. Sukses wes blog ini soal Korea
    Sudah banyak yang di pejwan kok artikelnya karena yang menulis juga sesama pecinta Korea
    Semoga SEO blognya makin dicihuykan lagi agar merata ke seluruh dunia

    ReplyDelete

Berlangganan via Email