Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Istilah-Istilah Anak Kpopers

Bismillah,

Istilah-Istilah Anak Kpopers - Annyeong haseyo.
Hola sahabat lendyagasshi.


Siapa di sini yang suka banget dengerin musik?
Ehehe...beberapa tahun terakhir ini, musik K-Pop sudah mewarnai hari-hariku banget, gengs. Aku ngikutin Kpop mulai generasinya Super Junior deeh... 

Dan perjalanan panjang hingga kini masuk generasinya temen-temen sekelasku, Neo Culture Technology atau NCT.

Istilah-Istilah Kpop

Tapi selalu ada istilah anak Kpop yang harus sahabat lendyagasshi pahami. Supaya ngobrolnya nyambung gitu. Ready yaa... hana, dul, set!


Istilah-Istilah Kpop

Idol

Idol adalah istilah untuk para member boygroup/ girlgroup. Biasanya idol ini dituntut memiliki skills yang lebih, tidak hanya menari dan menyanyi di atas panggung, Tapi bisa main alat musik, membawakan acara (MC), composed music, menciptakan lagu sampai masuk ke dunia akting.

Seperti drama yang akan tayang bulan Februari ini, Dear M, yang dibintangi oleh uri bias wrecker, Jeong Jaehyun oppa. Atau Rowoon yang main di drama She Would Never Know, Minhyun di drama Live On, atau drama debut aktingnya Yohan di A Love So Beautiful.

Idol Jago akting Hwang Minhyun : Istilah Kpopers

Jadi, kapan kita ngobrolin idol yang ternyata jago akting?


Bias

Seringkali orang nanya,"Eh...bias kamu siapa?"
Jangan bingung kalau ditanyain bias. Karena bias artinya adalah member atau personil dari boygroup yang kamu suka banget. Bisa juga aktor Kdrama favorit. 

Jadin, bias lendyagasshi siapa?
Banyaaakk...kalau di NCT, aku nge-biasin Jeno dan temen-temenku di NCT Dream. Mereka manis-manis banget. Kalau di EXO, aku suka Suho, uri best leader-nim.


Istilah dalam Kpop : Bias Suho EXO


**Ultimate Bias

Bias yang paling paling disukai. Jadi satu aja yaa... Kalau masih serombongan, itu bukan ultimate bias namanya, hehhee...

**Bias Wrecker

Idola selain ultimate bias. Jadi kalau liat NCT Dream niih...aku suka banget fokus ke Jeno doank. Lainnya tetap jadi bias aku kok... Nah bias selain Jeno, istilahnya Bias Wrecker. Bagiku, bias wreckerku malah Jaehyun, hihii...soalnya dia anak sholehnya NCT. Di saat semuanya cekakak-cekikik, uri Jaehyun anteng wee... Tapi kalo uda di panggung, termasuk dalam visual line doonk.. Uwwh~


Fandom

Sekumpulan fans yang bersatu untuk mendukung idol mereka. Misal fandom NCT namanya NCTzen, EXO nama fandomnya EXO-L, Super Junior dengan ELF, BTS dengan ARMY dan masih banyak lagi. Uniknya, fandom ini yang memberi nama mereka sendiri loo.. Lalu di legalkan oleh boygroup saat manggung. Para boygroup terbiasa menyebut nama fandom mereka, ini yang membuat fans makin cinta sama idol mereka.

Bahkan Chenye EXO sampai membuat tatto yang bertuliskan L Lendy, eh... EXO-L yang berarti Love.


Fancam

Fancam adalah istilah ketika para fans yang merekam idol mereka saat manggung atau saat bertemu langsung. Biasanya sering banget niih...beredar di youtube. Uniknya, memang kualitas video dari fancam ini gak bagus, kadang... tapi bisa merekam moment alami dari para idol.

Misal, wajah lelah, wajah cemberut atau bahkan adegan lucu yang menggemashkan, hihi... 

Kaya pernah niih..saking lelahnya Baekhyun EXO saat manggung. Pas uda dibukain minum sama KAI, eeh...yang disedot malah mic yang dipegang di tangan kanannya. Hahhaa...kan kocak yaa.. tingkah-tingkah polos mereka ini. Bikin gemeessh gituu...


Fanboy/ Fangirl

Fanboy adalah sebutan untuk para fans laki-laki. Bisa ngefans ke boygroup juga atau girlgroup. Dan fangirl, sebutan untuk fans ciwi-ciwi...seperti aku gini, hehehe... 

Tapi jangan salah loo...para fanboy ini banyak juga di dunia per-Kpop-an. Ada salah satu channel podcast yang aku sering denger, mereka adalah 4 cowo yang hobi banget nggosipin girlgroup kesukaan mereka. Kaya Gugudan, TWICE, Blackpink, Red Velvet, dll.

Seru aja sih...kalau dari kacamata laki. Berasa dapet insight yang berbeda.


Fanwar

Namanya juga WAR yaa.. Fanwar ini adalah sebutan ketika para fandom berantem dan saling menjelekkan idol pihak lain. Jelek banget siih... Dan aku pernah mengalaminya. Padahal masih sama-sama dalam naungan satu management loo.. SM Management.

Waktu itu ceritanya pas Super Junior nyanyiin lagu baru mereka, Lo Siento. Original versionnya, Super Junior nyanyi feat. Leslie Grace, salah seorang penyanyi dari Amerika Latin. Tapi kan Leslie gak bisa ikut terus kemanapun Suju manggung kaan.. Jadi banyak kali, Suju feat. sama Kard. 

Nah, ada satu kali manggung, bukan sama Leslie bukan sama Kard, tapi sama Irene RV. Parah banget tuh... pas dance ada satu koreo yang Leeteuk ngebantu Irene untuk turun dari atas, tapi sambil megang pinggangnya gitu. Eeh, sama Reve (sebutan fans Red Velvet) malah dituduh Leeteuk melakukan "hal lebih". Tentu para ELF gak suka doonk... Orang koreonya memang gitu kok... Dari sama Leslie, Kard, dan siapapun yang diajak collabs.

Aku ikutan KZL banget waktu itu... 


Fan Sign

Ini adalah sebuah acara yang digelar oleh boygroup/ girlgroup saat beres manggung. Biasanya mereka menyapa beberapa fans yang beruntung untuk hadir dan bertemu langsung dengan mereka. Fan sign adalah memberikan greeting dan tanda tangan eksklusif untuk para fans setia mereka. Dan fans juga bisa banget kasih sesuatu untuk idol mereka. 

Di sini kesempatan para fans untuk menyampaikan sesuatu kepada bias atau idol mereka.

Fansign NCT : Istilah Kpop
Fansign Jeno dan Jaehyun (NCT)


Seonbae

Seonbae yang artinya orang yang lebih tua (dari segi usia) atau bila pada sebuah boygroup, seonbae juga bisa berarti senior yang lebih dulu debut. 

Oh ya, 
Baru-baru ini aku baca mengenai buku Nunchi, yaitu sebuah seni dalam membaca situasi. Dan bagi orang Korea, Nunchi ini termasuk kemampuan seseorang dalam menempatkan diri. Jadi, gak boleh banget kalau dia lebih tua, tapi sahabat panggil nama. Paling aman memang memanggil semua orang dengan sebutan "Seonbae" siih... kalau belum kenal. 

Dan jangan lupa, untuk senantiasa menyebutkan nama lengkap sama marganya. Ini tanda penghormatan seseorang.


Hoobae

Kalau hoobae uda pada bisa nebak doonk... Kebalikan dari seonbae. Hoobae artinya adalah adik atau junior. Bisa jadi orangnya lebih tua, tapi dari segi jabatan atau pengalaman, ia lebih muda. Jadi panggilannya tetap hoobae. Hanya kalau sama orang yang lebih tua ya...ngomongnya juga mesti sopan, gak boleh banmal.

Persis banget dibahas di drama Kkondae Intern yang diperankan oleh Park Hae-jin.


Leader
Adalah sebutan untuk pemimpin dalam sebuah boygroup/ girlgroup. Selama ini, yang dipilih menjadi leader berdasarkan usia. Jadi udah ketauan yaa.. Yang jadi leader, itulah yang paling tua, hehehe..

Dan hari ini, tanggal 2 Februari 2021, Uri EXO's leader-nim, Kim Jung Myeon atau nama panggungnya adalah Suho, dinobatkan menjadi Best Leader berdasarkan polling netizen se-dunia yang diadakan King Choice. Disusul oleh RM, leader BTS dan Jungwon, leader Enhypen.


Maknae

Adalah sebutan anggota termuda dalam sebuah boygroup/ girlgroup. Ya, muda dari segi usia juga paling akhir bergabung di grup. Hayoo....maknae kesayanganmu siapa, sahabat lendyagasshi?

Aku?
Kyuhyun Suju, Sehun EXO dan cencu Jisung NCT.
**hehhee..semua aja, leen...

Maknae Super Junior Kyuhyun : Isitlah Kpoper

Asiknya jadi maknae, mereka ini paling disayang sama kakak-kakaknya. Meski maknae nya lucknut kaya Kyu atau Sehun. Hihii....tapi liat deeh.. Siwon sama Yesung sayang bangeett... Dan merasa Kyu ini imut selalu. Meski usia mereka bisa dibilang uda jauh dari imut, hehhee...

Gak asiknya jadi maknae, yaa...mereka gak bisa ngomong seenaknya dengan seonbae mereka. Meski sudah akrab bingit, mereka tetap mengutamakan kesopanan. Sampai sekarang, dengerin Kyu manggil kakak-kakaknya yaa... "hyeong".


Rookie

Adalah sebutan untuk boygroup/ girlgroup pendatang baru. Mereka gak dibilang rookie lagi kalau sudah ada generasi baru yang menggantikan.

Seperti saat ini, Rookie Kpop 2021 : Aespa dari SM, Enhypen dari BigHit, P1Harmony yang kemarin sempat aku bahas peluncuran cinematographynya yang kece banget, Treasure, BAE173, GHOST9, Meaningful Stone, DUOXINI, DeVita, dan masih banyak lagi, gengs... Kata Han Yo-ra, menurut situs Naver, pertumbuhan boygroup/ girlgroup di Korea ini cepeett banget. Belum kedip, uda ada grup rookie yang baru lagi... 😅


Sasaeng

Sasaeng adalah sebutan untuk penggemar yang super fanatik hingga meresahkan idol yang bersangkutan. Sasaeng rela melakukan apapun demi mendapatkan perhatian idolanya. Dan yang paling parahnya lagi, mereka ini bukan ecek-ecek loo... Kadang sering berbekal kamera lensa super tajam hanya untuk memata-matai idolnya.

Salah satu yang pernah jadi korban sasaeng terparah adalah Yunho TVXQ. Ia hampir saja mati karena minumannya diberi lem oleh salah satu fans sasaeng. Hiih, serem yaah..

Dan adalagi, DO EXO pernah dipermalukan dengan munculnya celana dalam dirinya yang berhasil dicuri oleh sasaeng dan dijual di e-commerce. Hadjuuh~


Anti-fan (Antis)

Anti fans adalah kebalikan dari fans. Jadi ia melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti menyebarkan komentar buruk dan jahat kepada seorang idol, hingga banyak idol yang merasa sakit hati dan bisa berakhir dengan bunuh diri. Seperti kejadian pada Jonghyun Shinee, Sulli f(x), Goo Hara dan masih banyak lagi.


Aegyo

Tingkah cute para idol yang membuat fans histeris. Kabarnya, karena kehidupan asli para pria di Korea ini gak romantis seperti yang ada di dalam drama, maka seorang gadis akan senang sekali bila pacarnya sudah mulai ber-aegyo ria. Memang jadi cute banget kaan...?!?

Hwang Minhyun Aegyo : Istilah Kpop


Abs

Ini yang sering bikin fans histeris juga niih... ABS yaitu otot six-pack para idol yang sering diperlihatkan sekilas saat MV atau sedang manggung. Dijamin, fans bakalan teriak kenceeeng.

Kaya pas kejadian Jeno NCT mendadak buka baju kancing depannya dan kyaaaa~ sukses bikin para NCTzen gempar! Karena Jeno ini aslinya pernah bilang kalau gak akan menunjukkan abs yang dimiliki. Malu-malu masihan... Hehhee...


Trainee

Trainee adalah sebutan untuk para idol sebelum memasuki jenjang debut. Jadi kalau di Korea, sebelum mereka beneran melemparkan artisnya ke publik, maka para idol ini harus melewati masa trainee. Dan masa trainee masing-masing idol ini berbeda-beda. Ketika mereka sudah siap, maka pihak management akan mengorbitkan mereka menjadi seorang idol. 

Salah satu trainee terlama di SM Management adalah Suho. Iya, Uri lider-nim yang bersahaja ini menjalani masa trainee selama 6 tahun. Bayangin... dari mulai SMP kalik yaah..??

Dan terbukti doonk, EXO keluar, semuanya gak main-main, Vokalitas mereka keren banget, dance serta attitude anak-anak SM memang terkenal yang terbaik. Sangat sopan dan menghargai fans.


Debut

Debut adalah istilah pertama kali para boygroup/ girlgroup tampil di publik dan mempersembahkan sebuah karya. Aku jadi inget, debut NCT Dream pertama kali adalah lagu yang berjudul "Chewing Gum". Di sini, mereka masih polos dan manis sekali.

Debut NCT Dream : Istilah Kpop

Rela gak siih...mereka sekarang sudah semakin dewasa. Dan wajah cute para member NCT Dream sudah semakin mature. Yang paling keliatan beda adalah Jaemin, Jisung, Renjun dan Chenle. Ampyuun...cutenyaa!

**Debut Stage

Adalah istilah pertama kali boygroup/ girlgroup melakukan perform di panggung.


Comeback

Adalah istilah ketika boyband/ boygroup mu sedang mengeluarkan album atau single terbaru. Comeback ini menyebabkan idolmu sibuk banget. Biasanya mereka akan sering tampil di acara musik, tour dan fansign.

Comeback boygroup mana yang paling sahabat lendyagasshi nantikan?


All Kill

Adalah istilah ketika lagu dari boyband/ girlgroup yang berhasil masuk ke tangga lagu musik di Korea dengan peringkat nomer satu. Siapa yang pernah begini?

EXO, Super Junior, BTS, dan masih banyak lagi.
Kpop memang sudah menghiasi tangga lagu, tidak hanya di Korea aja, tapi juga di tangga lagu mancanegara.


Fan chant

Pernah nonton boygroup/ girlgroup sedang konser? Pernah doonk... Nah, kata-kata yang diucapkan saat mereka manggung inilah yang disebut dengan Fan chant. Bisa jadi yang disebut adalah nama member yang disuka atau yel-yel kebanggaan para fandom.

Misalnya kaya EXO, suka bilang "EXO, We Are One" atau "EXO saranghajaaa..."


Lightstick

Adalah semacam tongkat yang ada lampu berwarna-warni. Lampu dan lambang lightstick ini tergantung boygroup/ girlgroup yang kamu sukai.

**Black Ocean

Adalah sesuatu yang harus dihindari oleh para boygroup/ girlgroup, karena ini bermakna bahwa fans sedang mengutarakan ketidaksetujuan atau aksi protes fans terhadap para idol mereka.


Damage

Adalah istilah yang sering disebutkan oleh para fans ketika idol mereka tampak sangat memukau. Kalimatnya biasanya gini niih.."Uwaah...Jeno damage abis yaa, Bun... Gantengnya meresahkan."

Hehhee...lebbaii kaan?!?

Daesang

Adalah penghargaan bergengsi dalam musik. Penghargaan musik di Korea yang beken ada 5 dan ini dilaksanakan setiap setahun sekali. Seperti  Asia Artist Awards (AAA), Seoul Music Awards, Golden Disc Awards, Mnet Asian Music Awards (MAMA), Melon Music Awards (MMA).


Line

Kalau diperhatikan, dalam sebuah boygroup/ girlgroup yang membernya banyak, suka ada yang sering perform di barisan depan terus, atau ada yang dapet porsi nyanyi atau nge-rap paling banyak. Kenapa? Karena memang sudah ditentukan.

*dance line

Artinya member boygroup/ girlgroup yang jago dance. Biasanya sring ditempatkan di barisan depan. Dancing machine adalah sebutan member yang nge-dancenya luar biasa. Kalau di SM seperti Eunhyuk, Shindong, KAI, Taemin, Taeil.

*vocal lice

Adalah jajaran member yang sering mengisi part sebuah lagu. Seperti Yesung, Kyuhyun, Ryeowok, Baekhyun, Chen, D.O, Jaehyun, Do Young, Heechan, Mark.

*visual line

Adalah sebutan untuk member yang gantengnya damage banget. Mau dari mana aja anglenya, ia selalu terlihat ganteng maksimal. Plus, digilai banyak ciwi-ciwi. Hehhee... Siapa kalau di SM hayooo...

Semuaaa!
Kalau di Suju, tentu Bapak parlemen kita yang terhormat, uri Siwon-sshi, Kyuhyun dan Donghae. Sedangkan di EXO, ada Sehun, Suho, Baekhyun, KAI, D.O ((lhoo..kok hampir semua disebut?? hehhee..)) sedangkan di NCT ada Jaehyun, Jeno, Jaemin, Mark, dan cowo gantengs lainnya. 
*eh 😆

Shipper

Adalah ketika sahabat lendyagasshi merasa idol yang satu sangat akrab dengan member yang lainnya. Sehingga mereka shipperin atau bisa dibilang juga semacam friendship goals gitu..


MV (Movie Video)

Adalah istilah untuk sebuah video clip ketika lagu atau single mereka dikenalkan kepada publik. Music Video untuk anak-anak SM udah terkenal banget siih... Selalu kasih teaser di awal dan seperti menghitung hari. Begitu MV aslinya keluar, para fans dibuat heboh.


CF (Commercial Films)

Adalah istilah saat boygroup/ girlgroup menjadi model iklan sebuah produk tertentu. CF ini bisa menjadi kebangaan para fans juga. Seperti Siwon yang mengiklankan Mie Sedap, sebuah produk mie dari Indonesia.

Jeon-dae Mal

Adalah cara berbicara yang sopan. Jeon-dae mal digunakan saat berbicara dengan seonbae atau orang yang baru ditemui.

Ban-mal

Banmal kebalikan dari jeon-dae mal, yaitu cara berbicara yang santai. Gaya bicara santai ini digunakan bila kita cukup yakin orang yang kita ajak bicara lebih mudah dari kita dan akrab. Meski lebih muda tapi belum begitu akrab, biasanya tetap memakai bahasa jeon-dae mal.


OT (Official Team)

Istilah OT atau Official Team digunakan karena anggota dari sebuah boygroup/ girlgroup ini banyak sekali, sehingga mereka perlu memberitahukan kepada para fans bahwa yang tampil hari itu OT6, misalnya.

Dan yang paling epic adalah NCT U. Ketika mereka menyanyikan lagu Resonance, otomatis yang tampil OT23 doonk....
Cakep banget gak?

NCT 2020 : Istilah Anak Kpopers

**Sub-unit

Adalah pembagian member besar ke dalam grup kecil-kecil. Seperti EXO CBX (Chen - Baekhyun - Xiumin), EXO SC (Sehun - Chaenyol), Super Junior KRY (Kyuhyun, Ryeowok, Yesung), Super Junior D&E (Donghae & Eunhyuk), NCT 127, NCT Dream, WayV.

Tujuannya apa dibuat Sub-Unit?
Agar para member ini lebih berkembang lagi kemampuan bernyanyi dan dancingnya tapi disesuaikan dengan style-nya masing-masing.

Kalau dilihat, sub-unit memang terlihat agak berbeda dengan unit utamanya. Jadi semakin kaya dan unik dalam bermusik.

OTP (One-True Pairing)

Adalah istilah dari para fans yang menyukai pasangan idol tertentu ketika sang idol deket banget sama member yang lain.
Uniknya, ketika para fans nge-shipperin idolnya, mereka terbiasa memadukan dua nama idol tersebut. Misalnya aja, Chaenyol dan Baekhyun (ChanBaek).

Selca (Selfie)

Adalah sebutan orang Korea saat melakukan selfie. Selca sendiri artinya adalah Self-Camera.


Stan

Adalah sebutan untuk fans yang berada di fandom tertentu. Misalnya kaya aku, masuknya ke SM Stan. Karena sukanya sama idol-idol SM dan tergolong multi-fandom. Alias masuk ke banyak fandom tapi masih dalam satu management yang sama.


Wah, panjang juga yaa... istilah dalam Kpop yang wajib sahabat lendyagasshi tau. Tapi tenang aja, istilah ini bisa dipahami sendiri kalau sudah nyemplung di sebuah fandom kok. Dan untuk lebih mengenal para idol lebih dekat, aku saranin instal VLive. Karena melalui apps ini, sahabat lendyagasshi akan semakin cepat mendapat info ketika mereka melakukan Live.

Oke,
Jadi gimana...semakin mencintai dunia Kpop kah? Banyak lika-liku yang akan dilewati ketika memasuki dunia fandom ini. Semoga kita saling memahami selalu yaa..

화이팅 
hwaiting!


With love,


31 comments for "Istilah-Istilah Anak Kpopers"

  1. Asiikk asiikk, pagi² dapat asupan bergizi soal serba/i KPop!
    Super duper FUN

    Karena selama ini aku juga sering gagal paham siik kalo baca/denger istilah2 dunka KPop.

    Sekarang mulai mudeng dan paham nihhh

    ReplyDelete
  2. wah ada calon bintang yang menjalani masa trainee sampai 6 tahun. Ini kalau nggak punya keinginan kuat, bisa nyerah ditengah jalan ya, 6 tahun ini dari lulus SD sampai lulus SMA lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. membayangkannya saja saya sudah lelah ya, Mba 6th. Tapi biasanya mereka saat jadi bintang bisa tahan banting, Mba

      Delete
  3. aku yang gak banget ngerti sama Kpopers, lagu-lagunya aja taunya yang viral hahaah dan dari tulisan teteh ini sedikit banyaknya menambah perbendaharan istillah kpopers

    ReplyDelete
  4. Banyak juga istilahnya, ya. Seringkali saya memang suka bingung kalau menyimak KPopers lagi ngobrol di medsos. Suka gak paham istilahnya. Jadi lain kali saya bisa nih buka artikel ini lagi. Biar gak ngeblang banget kalau ada yang lagi ngobrolin KPopers ^_^

    ReplyDelete
  5. Saya perlu baca baik-baik nih supaya bisa ngikutin anak Kpopers ngobrol ....

    ReplyDelete
  6. ya ampuun ini kamusnya si kaka banget daah...ibuknya suka dimarahin krn setiap kali dia ngajak ngobrolin kpop nanya mulu istilah2 ini deh...bias ibu siapa di NCT lhaaa...aku aja gak hapal orangnya segambrengan gitu. hahaha....si kakak ngeklik banget kayaknya klo dikenalin sm teh lendy :D

    ReplyDelete
  7. Buat aku yang amat susah mengingat wajah dan nama cowo2 koreya, gak kebayang kalo pas nonton OT23-keluar semuaaaaaa. Akkkk. Brasa lagi lihat makhluk2 hasil kloning. Ya Tuhan, ampuni hambaaaaaa

    ReplyDelete
  8. Habis baca istilah anak Kpop-ers jadi berasa muda kembali hahahhhaaa
    aku ga tau mo komen apaan lagi coba!

    ReplyDelete
  9. Ini kayaknya kalau ngobrol sama anak saya bakalan nyambung, deh! Anak saya juga seneng sama NCT, dan beberapa nama yang disebutkan tadi sepertinya sering denger. Kalau emaknya nyerah kalau harus ngapalin anggota NCT yang segambreng itu wkwkwk...anak saya apal, loh!

    ReplyDelete
  10. Hahahaa, aku suka musik Kpop, cuma sebatas enakeun lagu2nya dan fashionn2nya lucu, kalo lihat mukanya hampir sama semuayaa, hahahhahaa. Suka unyu2nyaaa..
    Bhuaa banyak banget istilah2nya yaa..
    Kan..Kan.. jadi tahu banyak eh, taunya Bias yang familiar ..

    ReplyDelete
  11. Aih aku baru tahu banyak juga ya istilah istilah yang aku kira dari kalangan kita tapi dari Kpop ya. Hehhee mantap nih jadi nambah pembendaharaan kata

    ReplyDelete
  12. Dari semua istilah diatas, 3 terbawah nih yg baru saya denger. Ok deh.. jadi biaa makin lihai ngobrol ama anak kpopers.. xixixi

    ReplyDelete
  13. Lengkap banget Maak kamus Kpopersnya hihi aku juga baru-baru ini suka NCT, setelah jadi EXO-L...paling suka di NCT tuh Jaemin...hahaha...

    ReplyDelete
  14. Wah kamus lengkap ini, istilah anak kpopers ada semuwaaaa. Bacanya jadi jelas karena beberapa aku memang sering baca istilahnya tapi ga ngeh bener maksudnya. Dan buat mudahnya instal aplikasi VLive juga ya. Noted!

    ReplyDelete
  15. Aku gak tau istilah-istilah anak Kpopers nih, jadi postinhan Lendy yang ini bisa akju jadiin kamus ya

    ReplyDelete
  16. Pas baca mpe pertengahan aku bisa nebak, Teh Lendy tuh SM Stan. Taunya bener...Aku pun suka suju dan EXO. Biasku di EXO itu Baekhyun.. gemes banget ama dia sih. Tapi aku YG Stan kakak. Hehehe. Walaupun kemaren sempat ngalami banyak cobaan tapi aku bertahan. Sekarang masih suka sedih kalau ingat BI ama Seung Ri.

    ReplyDelete
  17. aku baca ini sambil hafalin nanti kalau ketemu ponakan yang ABG mau sok-sokan pakai istilah bias, debut, dkk tadi ah biar dia melongo. Eh kok tanteku gaul?
    hehehe

    ReplyDelete
  18. Aku kenal beberapa kata kalau lagi ngepoin ttg kpop yang lagi trending di twitter hehe.
    Anak kpopers emang ya kalau berkicau hampir tiap hari selalu TT :D
    Btw aku jd keinget tayanga di KBS dulu yg kyk reality show ttg org2 yang mau jd artis tp lupa nama acaranya apaan. Bener2 emang ya kerja keras banget utk mencapai posisi yg mungkin skrng udah seterkenal itu.

    ReplyDelete
  19. sedih banget aku ga satupun aku familiar wkwkwk tapi berkat baca ini jadi ohhhh pantesan ada teman anakku kalau di WA sebut salah satu istilah itu ya ya baru tahu hahaha

    ReplyDelete
  20. wah lengkap banget nih istilah istilahnya, bisa dirangkum jadi kamus mini nih mak lendy.. hihihiii. Aku juga suka kpop tapi ga terlalu apal istilahnya nih, bermanfaat sekali postingan ini untuk acuuu.. maaci yaaaaw

    ReplyDelete
  21. Wkwkwkwk iki...iki... penting banget buat edukasi yang gak suka kpop pun jadinya tetep harus tau..soale anak e bahas yang gini2 mulu..

    ReplyDelete
  22. Makasih lo teh diulas disini... Jujur, aku baru tau bias dll wkwkwk.. Termasuk istilah idol. Ya ampunnn... Idol ini berarti istimewa sekali ya, multitalenta sekali, bisa apa aja..

    ReplyDelete
  23. Aku sama kayak mbak HM Zwan baru ngerti sekarang istilahnya. Ternyata banyak ya istilah dan sebutannya. Untung ga keluar di ujian kuliah hahaha

    ReplyDelete
  24. Setelah sering bahas drakor, sekarang teh Lendy bahas Kpop lagi.
    Cinta banget kayaknya sama kesenian Korsel ya teh..
    Asal jangan sampai pindah negara aja, hahahahah..

    ReplyDelete
  25. dah lengkap banget istilahnya, kayak kamus..
    Ak juga tahunya sedikit-sedikit aja karena nggak terlalu ngikutin
    korean culture ini udah masuk ke indonesia kira2 tahun 2009- an lalu, setelah japanese culture masuk, tapi booming-boomingnya baru-baru aja... kenapa ya?

    ReplyDelete
  26. wah ternyata banyak banget ya, beberaapa sempat tahu istilah ini cuma pengertian utuhnya dapat informasi di postingan ini nih

    ReplyDelete
  27. Istilahnya banyak banget ya mbak. Saya harus bersemedi dulu ini agar bisa hapal semua istilah kpop ini, hihihi.

    ReplyDelete
  28. OMG. Aku begitu buta akan perKoreaan. Yg aku paham adalah cemilan Korea, skincare, merk spatu gemes disana dan juga diskon2an barang Korea yg emesh2 hahahahhaa.

    Aku blm paham kenapa aku blm bs masuk unt dengerin musik2nya. Kadang aku merasa penyanyinya terlalu banyak hd bngung mau ngefans ma siapa hahaha.

    ReplyDelete
  29. hihi ternyata cuma 3 doang istilah yang aku tau teh, makasi loh bocorannya sekarang lebih familiar.

    ReplyDelete
  30. Istilah anak kpopers ini merajai banget yah, hampir anak2 kpop tahu ini yah

    ReplyDelete